|

SMA Hangtuah Mengarungi Laut Jakarta Dengan KRI Banda Aceh 593


Pelajar Sekolah Menengah Atas yayasan Hang Tuah Seskoal, Cipulir, Kamis (17/1/2019) tiba di Dermaga Kolinlamil usai melaksanakan pelayaran selama 2 Hari dengan KRI Banda Aceh 593 di perairan Kepulauan Seribu.Trionenews com/Guf/tri1©2019.

Trionenews.com, Jakarta - Pelajar Sekolah Menengah Atas yayasan Hang Tuah Seskoal, Cipulir, Kamis (17/1/2019) tiba di Dermaga Kolinlamil usai melaksanakan pelayaran selama 2 Hari dengan KRI Banda Aceh 593 di perairan Kepulauan Seribu.

Kegiatan dikemas dalam Joy Sailing yang diadakan selama 2 hari mulai 16 – 17 Januari ini  mengarungi laut Jakarta dan menyempatkan diri untuk singgah di Pulau Tidung untuk melakukan bersih-bersih pantai.

Rombongan SMA Hang Tuah sekitar 532 orang yang terdiri dari Pengurus, Guru dan siswa yang dipimpin Kepala Sekolah Ainul Yakin ini diterima langsung oleh komandan KRI Banda Aceh 593 Letkol Laut (P) Ali Setiandy. Sebelum memulai pelayaran, rombongan  berkumpul di Geladak Heli untuk menerima safety briefing dilanjutkan pengenalan Kapal dari komandan dan perwira KRI tentang KRI Banda Aceh 593, yang meliputi negara asal pembuat, jenis, fungsi dan tugas pokoknya di jajaran TNI Angkatan Laut.


Pelajar Sekolah Menengah Atas yayasan Hang Tuah Seskoal, Cipulir, Kamis (17/1/2019) tiba di Dermaga Kolinlamil usai melaksanakan pelayaran selama 2 Hari dengan KRI Banda Aceh 593 di perairan Kepulauan Seribu. Trionenews.com/Guf/tri1©2019.

Menurut Ainul Yakin, yang sehari-harinya juga mengajar di SMA Hang Tuah Seskoal, Cipulir, tujuan diadakan joy sailing ini adalah untuk memberikan pengenalan tentang dunia kebaharian kepada seluruh peserta, utamanya kepada para siswa sebagai sarana penanaman jiwa kebaharian sejak dini dan sebagai aplikasi atas teori yang selama ini mereka terima di sekolah. Selain itu juga untuk mengenal lebih dekat salah satu kapal perang yang dimiliki oleh TNI AL sebagai benteng penjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia di Laut.

Selama pelayaran seluruh rombongan diajak tourship ke seluruh bagian kompartemen kapal sambil menerima penjelasan dari ABK  tentang bagian kapal perang dan peralatan yang ada di dalamnya,    seperti anjungan, pesawat navigasi dan komunikasi, peralatan keselamatan serta persenjataan yang ada di kapal perang.

Mereka pun dihibur dengan penampilan para prajurit KRI Banda Aceh 593 yang berlenggak lenggok bak peragawan/peragawati di cat walk memperagakan pakaian dinas TNI AL.

Para pelajar pun tampak terhibur dan gembira dengan suguhan para awak KRI yang juga dimeriahkan performance band yang menyajikan lagu-lagu populer yang sedang hits.

Usai joy sailing, kebanyakan  para peserta sangat menikmati dan merasa senang bisa joy sailing dengan KRI Banda Aceh 593 yang merupakan salah satu kapal perang andalan TNI AL. Hal ini merupakan pengalaman pertama kali bisa merasakan berlayar dengan kapal perang dan berharap di lain kesempatan dapat berlayar dengan kapal perang kembali.

Trionenews.com/Guf/tri1©2019.
Komentar

Berita Terkini