|

Forum Insinyur Muda Indonesia, " Bangkitkan Kaum Muda Milenial Tuk Membangun Negeri "

 

Forum Insinyur Muda Pesatuan Insinyur Indonesia (FIM PII) Selenggarakan Pelantikan Pengurus Forum Insinyur Muda PII Banten Periode 2020-2023 dengan tema “Kesiapan Insinyur Milenial Banten Untuk Membangun Negeri, di Tangsel, 15/11/2020. FIM PII bertugas untuk yang menghimpun sarjana Teknik, sains dan terapan yang berusia kurang dari 35 tahun dan berperan strategis dalam memacu kemajuan, serta pengembangan kualitas insinyur muda yang ada di Indonesia. ©Sonny/Tajuknews.com/tjk/11/2020.


TAJUKNEWS.COM, Banten. - Dalam rangka memperkuat eksistensi dan memperluas kaderisasi organisasi Forum Insinyur Muda Persatuan Insinyur Indonesia ( FIM PII), FIM PII Pusat menyelenggarakan Pelantikan Pengurus Forum Insinyur Muda PII Banten Periode 2020-2023 dengan tema “Kesiapan Insinyur Milenial Banten Untuk Membangun Negeri.

Forum Insinyur Muda PII (FIM PII) merupakan bagian dari Persatuan Insinyur Indonesia (PII). PII merupakan wadah berhimpun insinyur yang bertugas melaksanakan penyelenggaraan keinsinyuran di Indonesia berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2014 tentang Keinsinyuran. 

Acara pelantikan dihadiri oleh Ketua Umum PII Dr. Ir. Heru Dewanto, S.T., M.SC. (ENG).,IPU ASEAN-ENG. via aplikasi zoom, Ketua Umum PII Banten DR. Ir. H. Eden Gunawan, MM., IPM, ASEAN-ENG., Walikota Tangerang Selatan Ibu Airin Rachmi Diany S.H., M.H., M.KN. yang diwakilkan oleh Pak Dadan selaku Staff Ahli Hukum dan Politik Pemkot Tangerang Selatan, Wakil Gubernur Provinsi Banten H. Andika Hazrumy, S.SOS., M.A.P. yang diwakilkan oleh Asisten Daerah 1 Pemprov Banten Pak Septo, Rektor Institut Teknologi Indonesia Ir. Marzan Aziz Iskandar, IPU., Direktur Produksi Krakatau Steel (Persero) Ir. Djoko Muljono M.E.(HONS), M.M., Ir. Ignesjz Kemalawarta, MBA. via aplikasi zoom sebagai Head of Corporate Governance & Sustainability Sinar Mas Land, Ketua FIM PII Haudhi Ramdayuza, S.T., Sekretaris FIM PII Isditya P. P. Jayanegara, S.T., dan Insinyur Muda Pilar Saga Ichsan S.T. sebagai calon ketua FIM PII Banten terpilih, yang telah berlangsung pada hari Minggu 15 November 2020 di Gedung Galery Institut Teknologi Indonesia, Tangerang Selatan. 

FIM PII bertugas untuk yang menghimpun sarjana Teknik, sains dan terapan yang berusia kurang dari 35 tahun dan berperan strategis dalam memacu kemajuan, serta pengembangan kualitas insinyur muda yang ada di Indonesia.

"Dalam pelantikan tersebut, Acara dibuka dengan laporan dari Sekretaris FIM PII Isditya P. P. Jayanegara, S.T. bahwa ini pertama kalinya FIM PII Pusat melantik FIM PII Wilayah karena dulu sebelumnya FIM PII bernama FAM PII. Pada saat dulu bernama FAM PII, FAM PII Wilayah ataupun cabang tidak berada dibawah FAM PII Pusat tetapi dibawah PII Wilayah atau cabangnya masing-masing dan saat ini setelah adanya perubahan nama serta perombakan peraturan organisasi maka FIM PII Wilayah dan cabang berada dibawah FIM PII Pusat dan yang melantik langsung adalah FIM PII Pusat. 

Harapan FIM PII Pusat kepada FIM PII Banten yaitu dapat menjadi role model dapat dijadikan contoh di tiap-tiap wilayah di Indonesia. Karena  FIM Banten memiliki stakeholder yang sangat mendukung, stakeholder pertama dari akademisi kampus sebagai contoh yaitu Institut Teknologi Indonesia yang didirikan oleh PII sejak tahun 1984. 

"Stakeholder kedua dari pemerintahan, saat acara berlangsung hadir perwakilan Ibu Airin Walikota Tangerang Selatan yaitu Pak Dadan sebagai Staff Ahli Hukum & Politik Pemkot Tangerang Selatan dan dengan kehadiran perwakilan dari Pemkot Tangerang Selatan merupakan suatu bukti bahwa Pemkot Tangerang Selatan siap mendukung kegiatan FIM PII Banten, Pak Wagub pun sudah konfirmasi siap untuk mendukung kegiatan FIM PII Banten, serta didukung oleh PII Banten. 

"Hal ini merupakan keuntungan bagi FIM PII Banten untuk mengemas program kerja FIM PII Banten dengan baik.


Forum Insinyur Muda Pesatuan Insinyur Indonesia (FIM PII) Selenggarakan Pelantikan Pengurus Forum Insinyur Muda PII Banten Periode 2020-2023 dengan tema “Kesiapan Insinyur Milenial Banten Untuk Membangun Negeri, di Tangsel, 15/11/2020. FIM PII bertugas untuk yang menghimpun sarjana Teknik, sains dan terapan yang berusia kurang dari 35 tahun dan berperan strategis dalam memacu kemajuan, serta pengembangan kualitas insinyur muda yang ada di Indonesia. ©Sonny/Tajuknews.com/tjk/11/2020.


Sambutan Pertama dari Ketua FIM PII Pusat Haudhi Ramdayuza, S.T. Haudhi mengatakan bahwa setelah FIM PII sukses menjadi tuan rumah dari Konferensi Youung Engineers of ASEAN Federation of Engineering Oranizations (YEAFEO) yang merupakan konferensi Insinyur Muda terbesar se-ASEAN sebagai bagian dari CAFEO 37 yang diselenggarakan di Jakarta pada tahun 2019. 

Di Tahun 2020 saat ini tidak disangka pandemi menghantam dunia, FIM PII Pusat tidak menyerah dan melakukan inovasi untuk tetap melakukan kegiatan dengan membuat puluhan kegiatan webinar skala nasional hingga internasional sejak 6 bulan terakhir untuk mengembangkan potensi dan profesionalisme insinyur muda di Indonesia.

Ketua FIM PII Pusat Haudhi Ramdayuza memberikan pemaparan mengenai persiapan insinyur muda untuk membangun negeri. FIM PII mempunyai tugas utama menghimpun seluruh lulusan teknik untuk bisa mengejar kompetensi keinsinyuran yang maksimal. Para Insinyur muda diharapkan bisa menjadi agent of Innovator. 

Tugas utama FIM PII yaitu menjaring seluruh sarjana teknik, sains dan terapan untuk menjadi anggota PII dan bergabung kedalam FIM PII, mengajak seluruh insinyur muda dapat berperan aktif di organisasi PII melalui FIM PII, mensosialisasikan program kerja keprofesian insinyur yang ada di PII, dan menjadi wadah untuk memaksimalkan potensi seluruh insinyur muda yang ada di Indonesia. Pembangunan Indonesia sangat membutuhkan insinyur, karena sesuai data 5 tahun kebelakang, Indonesia masih kekurangan insinyur. Total dari tahun 2015 - 2019, Indonesia kekurangan 120,000 Insinyur. Untuk menghadapi bonus demografi Indonesia butuh SDM yang unggul," Ucapnya.

FIM PII Banten yang berada dibawah kepemimpinan Pilar Saga Ichsan harus bisa membantu pemerintah dalam memenuhi kebutuhan insinyur terutama insinyur muda. 

"Program kerja yang dilakukan FIM PII untuk menyiapkan Inovator dari generesi Milenial dan Centenial yaitu mengkolaborasikan seluruh stakeholder dari unsur pemerintah, kampus, industri dan organisasi profesi. 

Salah satu programnya yaitu membuat Inkubator dan kurikulum untuk para innovator muda, dengan pendampingan Research and Development bekerja sama PII dengan Universitas, Kemendikbud, Kemenristek, BPPT dan LIPI serta pendampingan bisnis dan mentoring dengan Organisasi pengusaha seperti Kadin dan Hipmi kemudian dilanjutkan dengan menjaring investor.

Ketua PII Banten Bapak Dr. Ir. H. Eden Gunawan, MM., IPM, ASEAN-ENG., menyampaikan sambutannya dalam pelantikan FIM PII Banten. PII Banten atas izin ketua Umum PII sudah melantik 8 cabang kabupaten dan kota se-Banten, yang terakhir adalah di Kabupaten Lebak di bulan september. 

Ketua PII Banten mengamati bahwa pergerakan FIM PII yang sekarang sangat progressive dan berpikir bukan lagi one step ahead tetapi sudah beyong that all dan Pak Eden mengapresiasi kemajuan FIM PII Pusat dibawah pimpinan Mas Haudhi dan Mas Didit. Pak Eden optimis jika Mas Haudhi dan Mas Didit yang mengawaki organisasi ini, maka tema tentang Kesiapan Insinyur Milenial Banten untuk Membangun Negeri akan dapat terlaksana.

Rektor Institut Teknologi Indonesia Ir. Marzan Aziz Iskandar, IPU. yang merupakan tuan rumah penyelenggaraan kegiatan pelantikan FIM PII Banten dalam sambutannya terkait tema pelantikan FIM PII Banten menyampaikan bahwa Indonesia baru saja beranjak dari lower middle income country naik kelas menjadi higher middle income country (4000-12.000 USD). 

Indonesia saat ini pendapatannya disekitar 4000 USD, sehingga untuk meningkatkan pendapatan Negara harus mengubah dari Sistem Efisiensi Driven Economy menjadi Inovasi Driven Economy dimana pembangunannya bukan lagi didasarkan pada kekayaan sumber daya alam melainkan didasarkan pada actor intellectual kemampuan mengembangkan produk baru dan disinilah peran insinyur dalam membangun negara. 

Dahulu FAM PII hanya sebagai side event dalam kegiatan-kegiatannya PII. Rektor ITI mengapresiasi FIM PII atas pergerakannya yang cukup signifikan dalam mengadakan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan keilmuan dalam profesi keinsinyuran, terlebih atas kehadiran FIM PII Wilayah di Provinsi Banten. Rektor ITI terbuka jika FIM PII Banten melakukan aktivitas kegiatan-kegiatan keinsinyuran di ITI.

"Banten memiliki keunggulan yaitu adanya National Science Techno Park atau PUSPIPTEK di daerah Tangerang Selatan, ada banyak ribuan insinyur di National Science Techno Park tersebut. PUSPIPTEK ini adalah pusat keunggulan iptek nasional yang hanya ada di Provinsi Banten, ini potensi yang luar biasa untuk menjadikan Banten sebagai provinsi paling inovatif di Indonesia. Di Banten ada 14,000 Industri dari Industri Besar, Menengah, Kecil, dan UMKM, inilah peran insinyur agar Banten dapat lebih baik daripada saat ini. 

Rektor ITI menyarankan FIM PII Banten untuk membuat program kerja yang menggabungkan 5 unsur pentahelix yaitu unsur pemerintahan yang mempunyai concern besar dalam keinsinyuran, unsur industry, unsur komunitas, dan unsur pers. ITI siap memberikan dukungan yang penuh pada program-program kerja FIM PII Banten, dalam meningkatkan jumlah insinyur, menambah jenjang D3 menjadi D4, serta melakukan continuous program kompetensi keinsinyuran.


Ibu Walikota Tangerang Selatan Hj. Airin Rachmi Diany yang diwakilkan oleh Bapak Dadang Raharja selaku Staff Ahli Hukum & Politik Pemkot Tangerang Selatan, menyampaikan sambutan dari Ibu Walikota Tangerang Selatan. 

"Pemerintah Kota Tangerang Selatan menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Ketua Umum FIM PII Provinsi Banten yang terpilih untuk periode 2020-2023 beserta jajarannya. Atas terbentuknya FIM PII Banten ini, Pemerintah Kota Tangerang Selatan menyambut baik serta menunggu program-program kerja FIM PII Banten khususnya untuk Kota Tangerang Selatan.

Acara dilanjutkan dengan pelantikan Jajaran Pengurus FIM PII Banten oleh FIM PII Pusat. Kemudian Ketua FIM PII Banten Pilar Saga Ichsan S.T. menyampaikan sambutan dan ucapan terima kasih atas kepercayaan FIM PII Pusat untuk melanjutkan perjuangan dalam mendirikan FIM PII di provinsi Banten. 

Pilar Saga Ichsan," mengatakan agar FIM PII Banten ini menjadi role model untuk dijadikan contoh pengurus FIM PII di Provinsi lainnya, dan dapat menjadi barometer serta dapat memberikan dampak besar dunia keinsinyuran di Indonesia.

Banten merupakan sebuah provinsi baru yang belum genap 20 tahun dengan luas sekitar 9,6 juta KM2 dengan penduduk hamper 13 juta jiwa, memiliki berbagai macam potensi terbentang dari Kota Tangerang Selatan hingga Kabupaten Lebak dari sektor industry, pariwisata, pertambangan, pelayaran, pertanian dan sektor-sektor ekonomi lainnya. Kami sebagai Insinyur Muda melihat Banten berfokus pada pembangunan khususnya pada wilayah-wilayah tertinggal, saat ini Banten mengutamakan investasi dan pembangunan khususnya di wilayah Pandeglang Lebak dan sekitarnya untuk peningkatan kualitas infrastruktur dan kualitas ekonomi masyarakatnya. 

"Ada banyak Industri-industri besar kecil dan menengah di daerah bojonegara, cikande, cilegon, balaraja, pulo ampel yang jumlahnya belasan ribu merupakan potensi luar biasa yang bisa diambil oleh para Insinyur Muda. 

Ketua FIM PII Banten mengapresiasi FIM PII Pusat untuk tetap aktif melakukan kegiatan keinsinyuran secara daring meskipun dalam keadaan pandemic wabah covid-19 saat ini. 

Pilar Saga Ichsan S.T. selaku Ketua FIM PII Banten terpilih menyampaikan harapannya agar FIM PII Banten dapat menjadi mitra strategis Pemerintah Kota Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Provinsi Banten ataupu Kampus-kampus di Provinsi Banten khususnya ITI sebagai rumah besar FIM PII Banten. Kedepannya FIM PII Banten akan menjalani program-program kerja yang sudah dicanangkan oleh FIM PII Pusat, yaitu dapat menjadi jembatan dalam memberikan sertifikasi keinsinyuran kepada para insinyur muda di Provinsi Banten," Tuturnya.

Pentingnya FIM PII Banten melakukan pendataan para tenaga keteknikan dan Insinyur Muda di Provinsi Banten dalam kekuatan pembangunan di daerah Banten. FIM PII Banten siap untuk melakukan event-event nasional di Banten. 


FIM PII Banten mendengarkan kebutuhan dari para Insinyur Muda agar dapat bersinergi dengan baik. Ketua FIM PII Banten juga berterima kasih dan mengapresiasi kehadiran dari perwakilan pemerintah kota Tangerang Selatan dan perwakilan pemerintah provinsi Banten di kegiatan Pelantikan Pengurus FIM PII Banten ini," Ujar Pilar.

Forum Insinyur Muda Pesatuan Insinyur Indonesia (FIM PII) Selenggarakan Pelantikan Pengurus Forum Insinyur Muda PII Banten Periode 2020-2023 dengan tema “Kesiapan Insinyur Milenial Banten Untuk Membangun Negeri, di Tangsel, 15/11/2020. Nampak Pilar Saga Ichsan S.T, Ketua Banten , FIM PII bertugas untuk yang menghimpun sarjana Teknik, sains dan terapan yang berusia kurang dari 35 tahun dan berperan strategis dalam memacu kemajuan, serta pengembangan kualitas insinyur muda yang ada di Indonesia. ©Sonny/Tajuknews.com/tjk/11/2020.



Diharapkan kedepannya akan terus dapat terjalin silahturahmi dan sinergitas pembangunan yang baik antara FIM PII Banten dengan Pemerintah Kota Tangerang Selatan dan Pemerintah Provinsi Banten, khususnya masalah ketenagakerjaan.

Dalam sambutannya Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Dr. Ir. Heru Dewanto, S.T., M.SC. (ENG).,IPU ASEAN-ENG. ingin menjadikan Propinsi Banten sebagai model bagi program transformasi keinsinyuran sesuai amanat UU Keinsinyuran. 

Di Propinsi Banten ada ITI yang merupakan bagian dari PII, ada banyak industri yang kuat, Pemerintah Daerah yang mendukung, ada PII Wilayah Banten yang aktif dan kini kita punya FIM PII Banten yang dapat menjadi ujung tombak program ini. Kita Insinyurkan semua Sarja Teknik (S.T.) yg berpraktek keinsinyuran di Banten, lalu kita sertifikasikan semua Insinyur hingga menjadi Insinyur Profesional (IP), dan akan kita registrasikan juga untuk mendapatkan Surat Tanda Registrasi Insinyur (STRI)," Cetusnya

ITI dapat kita maksimalkan fungsinya untuk pelaksanaan Program Studi Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI) agar para lulusan Sarjana Teknik bisa mendapat gelar Insinyur (Ir.). Bahkan ITI dapat dijadikan pusat matrikulasi sarjana terapan D4, sarjana sains dan pendidikan teknik yang bergelut didunia keinsinyuran hingga dapat gelar Insinyur. Kita bawa IPM Banten ke tingkat ASEAN melalui ACPE. Lebih jauh, PII siap bekerjasama dengan Pemda dan industri di Banten untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Banten.

"Pemerintah Provinsi Banten berharap FIM PII Banten dapat menjadikan semakin banyak jumlah Insinyur Muda dan yang lebih utama peningkatan jumlah Insinyur Profesional Madya (IPM) di wilayah Banten. 

Pesan dari Wakil Gubernur Banten kepada FIM PII Banten yaitu agar dapat menjadikan keinsinyuran Indonesia Berjaya, mandiri, berdaya saing global, dan khusus Insinyur di Banten dapat menjadi former dalam membangun daerah dengan kompetensi handal memegang prinsip think locally act globally serta tetap mengusung prinsip  kearifan local, oleh karena itu sinergitas FIM PII Banten dengan Pemerintah Daerah, Pelaku Industri, Akademisi, dan Asosiasi diluar PII perlu terus ditingkatkan dalam rangka membangun program-program kerja keinsinyuran yang dibutuhkan masyarakat Provinsi Banten," Imbuhnya.

Pemerintah Provinsi Banten senantiasa mendukung program-program PII dalam program pengembangan keprofesian, sertifikasi insinyur, serta pemanfaatan hasil kerja keinsinyuran bagi masyarakat," Pungkasnya.

©Sonny/Tajuknews.com/tjk/11/2020.

Komentar

Berita Terkini