|

IKLAN BANNER

IKLAN BANNER
PEMILU 2024

Jaga Akses Gizi Anak Indonesia dari Pengaruh Pandemi dan Isu Politik Global

 

Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Lenny Rosalin menyatakan menjaga Gizi anak dari pengaruh Pandemi serta isu politik global untuk menambah tantangan dalam upaya percepatan penanganan malnutrisi di Indonesia. 


TAJUKNEWS.COM, Jakarta. - Anak anak seringkali yang terbesar merasakan dampak dari sebuah peristiwa besar. Di tengah pandemi COVID-19 yang belum usai, isu-isu sensitif seperti isu politik global menambah tantangan dalam upaya percepatan penanganan malnutrisi di Indonesia. 


Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Lenny Rosalin menjelaskan, seluruh kondisi yang dihadapi anak Indonesia saat ini bisa menghambat upaya pengentasan stunting di Indonesia. “Pandemi menyebabkan anggaran negara dan nilai mata uang turun, pendapatkan masyarakat berkurang, hingga daya beli menurun. Berdasarkan data Susenas oleh BPS pada Maret 2020 oleh BPS, angka pengeluaran keluarga setelah beras adalah rokok (lebih dari 12%), Sementara sumber protein seperti telur, ayam dan susu masih sangat minim.”


“Pengeluaran keluarga untuk membeli telur hanya 4%, membeli ayam juga 4%, susu bahkan di bawah itu. Bagaimana stunting mau di atasi jika pola pengeluaran keluarga seperti itu? Padahal untuk pengentasan stunting protein hewani menjadi utama dan disarankan,” lanjut Lenny.


Dalam situasi yang tidak pasti dan penuh dengan tantangan bagi anak Indonesia, prioritas harus tetap diberikan pada kesehatan jangka panjang anak yang akan menjadi pemimpin masa depan, tambah Lenny


Anak Indonesia yang menjadi korban virus COVID-19 merupakan yang tertinggi se-Asia, dengan 3.928 anak terinfeksi dan 59 anak meninggal dunia. Hal ini dapat disebabkan oleh banyak hal, beberapa diantaranya rendahnya implementasi protokol kesehatan, keterlambatan penanganan, hingga kurangnya imunitas akibat kekurangan gizi dan malnutrisi.


Selain dampak langsung pandemi pada anak, kondisi sosiopolitik yang terjadi di Indonesia juga belakangan menjadi perhatian. Beberapa orang tua mengeluhkan sulitnya mendapatkan produk susu anak mereka karena isu boikot dan sweeping di beberapa tempat yang sejatinya tidak relevan dengan anak Indonesia. Ajakan untuk memboikot produk makanan dan minuman misalnya, juga membuat masyarakat sulit menemukan produk tertentu di toko eceran. 


“Menyelamatkan anak bangsa usia 1-18 tahun yang jumlahnya 80 juta sekarang ini, jauh lebih utama dan penting. Masalah kesehatan jangan dicampur dan dikaitakan dengan isu politik dan ras, agar gangguan gizi bisa terselesaikan dengan baik dan cepat,” ujar Lenny.


Makanan dan minuman yang bergizi merupakan salah satu kunci utama dalam pencegahan dan penanganan malnutrisi.


“Jumlah kasus stunting dan gizi buruk pda balita sudah tinggi di Indonesia dan saat ini sedang dalam proses penanganan. Namun semenjak pandemi, upaya tersebut hampir tidak ada. Imunisasi hanya terjadi 37,2%. Posyandu hanya 19,2% yang beroperasi. Dikhawatirkan, dengan kurangnya pemantauan tumbuh kembang anak dan pemberian nutrisi, penurunan angka stunting bisa terganggu,” ujar Dr. dr. Rachmat Sentika, Sp.A., MARS, dokter anak yang juga mantan Deputi Kemenko PMK.

 

Tokoh pemerhati anak Seto Mulyadi memiliki pandangan yang sama. “Sekarang anak banyak di rumah, sehingga peluang berinteraksi dengan informasi melalui gadget semakin deras. Seringkali informasi yang kurang baik beredar demi keuntungan pribadi. Mereka bisa mengangkat masalah gizi dikaitkan dengan hal yang tidak relevan, apalagi jika membawa isu sensitif. Jadi, orang tua harus waspada dan sebaiknya mengedepankan yang terbaik bagi anak.”


Bank Dunia memperkirakan biaya yang harus ditanggung akibat masalah gizi pada anak ini bisa sebesar 2-3 persen dari Produk Domestik Bruto suatu negara. Biaya ini tidak melulu biaya untuk pengobatan rumah sakit,  namun lebih dari itu adalah anak-anak bisa kehilangan potensi untuk berkembang. Oleh karena itu penting bagi semua pihak untuk tetap memenuhi akses makanan bergizi.

©Sonny/Tajuknews.com/tjk/11/2020.


Komentar

Berita Terkini