|

IKLAN BANNER

IKLAN BANNER
AYO INDONESIA BANGKIT, " PULIH LEBIH CEPAT BANGKIT LEBIH KUAT"

Tinjau Venue dan Fasilitas Olahraga POMNas di UNP, Menpora Amali Harap Jadi Penunjang Suksesnya DBON

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali meninjau secara langsung venue dan fasilitas olahraga yang dimiliki Universitas Negeri Padang (UNP), Kamis (25/8) siang. Venue dan fasilitas olahraga tersebut, nantinya juga akan digunakan dalam event Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) XVII yang digelar 17-26 November 2022.(foto:egan/kemenpora.go.id). @Sonny/Tajuknews.com/tjk/08/2022.

TAJUKNEWS.COMPadang - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali meninjau secara langsung venue dan fasilitas olahraga yang dimiliki Universitas Negeri Padang (UNP), Kamis (25/8) siang. Venue dan fasilitas olahraga tersebut, nantinya juga akan digunakan dalam event Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) XVII yang digelar 17-26 November 2022. 

Peninjauan ini dilakukan usai melaunching secara resmi Logo, Maskot dan Sistem IT POMNas) XVII, Menpora Amali yang didampingi Rektor UNP, Prof. Ganefri. Ph. D, Anggota DPR RI Dapil Sumbar John Kenedy Azis, Ketua BAPOMI, Drs. Hendra Syarifuddin dan sejumlah civitas akademika UNP lainnya. Adapun sejumlah venue dan fasilitas olahraga yang ditinjau diantaranya asrama mahasiswa putra dan putri, sport science center, kolam renang dan GOR. 

Disela-sela acara ini, Menpora Amali menyampaikan apresiasi, pujian dan ucapan terimakasih kepada UNP karena telah mempersiapkan venue dan fasilitas olahraga untuk POMNas XVII dengan baik dan lengkap. 

"Saya tentu berterimakasih karena UNP luar biasa. UNP di luar bayangan saya, saya tidak pernah membayangkan bahwa kelengkapan fasilitas olahraga di UNP itu begitu luar biasa," kata Menpora Amali. 

Menpora Amali menilai kelengkapan fasilitas yang dimiliki oleh UNP sejalan dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2021 Tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) dimana pembinaaan atlet berprestasi diintegrasikan dengan sport science dan sport science adanya di perguruan tinggi. 

"Ini menjadi penunjang untuk suksesnya DBON, apalagi terintegrasi dengan sekolah. Karena yang akan kita pabrik adalah prestasi, prestasi itu pasti tidak mungkin yang dulu-dulu lagi kita asal ada bakat. Sekarang prestasi harus didampingi sport science. Dan sport science adanya di perguruan tinggi, sentra-sentra saya putuskan ditempatkan di perguruan tinggi," tukasnya. 

Menpora Amali mendukung UNP menjadi salah satu sentra olahraga dalam DBON selain dari 10 sentra olahraga di seluruh Indonesia yang telah ditetapkan sebelumnya. Namun, hal itu akan didiskusikan secara internal di Kemenpora 

"Ya kita diskusikan dulu, karena 10 sentra kita sudah ditentukan. Kita akan evaluasi yang lainnya, mudah-mudahan ada yang belum bisa jalan atau apakah kita tambah dengan UNP atau kita keluarkan yang belum siap kita ganti dengan UNP," ujarnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Negeri Padang (UNP), Prof. Ganefri. Ph,D mengatakan pihaknya siap mendukung implementasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Bahkan, siap menjadi salah satu sentra pembinaan olahraga karena memiliki fasilitas olahraga yang lengkap dan berstandar nasional dan internasional. 

"Universitas Negeri Padang siap mendukung Kemenpora dalam mengimplementasikan DBON, khususnya Provinsi Sumatera Barat atau Sumatera pada umumnya dengan adanya fasilitas sarana dan prasarana serta Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki Universitas Negeri Padang," katanya.


@Sonny/Tajuknews.com/tjk/08/2022.

Komentar

Berita Terkini