|

IKLAN BANNER

IKLAN BANNER
AYO INDONESIA BANGKIT, " PULIH LEBIH CEPAT BANGKIT LEBIH KUAT"

Sosialisasi Aplikasi JMO Bagi Peserta BPJS Ketenagakerjaan BPU di PKBM Paja Mandiri Tangerang

 

Peserta sosialisasi aplikasi JMO melalui Tim Pengabdian Masyarakat dari FTI Unversitas Bina Sarana Informatika mengadakan sosialisasi tentang program aplikasi JMO Jamsostek BPU  kepada masyarakat di PKBM PAJA MANDIRI, Tangerang. 09/10/2022. Tim Pengabdian Masyarakat yang terdiri dari Bpk. Nur Ali Farabi sebagai Ketua, Bpk. Arief Fadholi sebagai Tutor, Bpk. Hardani dan Bpk. Aspari sebagai Anggota Tim Tutor ini juga melibatkan beberapa mahasiswa agar mengetahui berbagai permasalahan yang ada dimasyarakat. ©Sonny/Tajuknews.com/tjk/01/2023.


TAJUKNEWS.COM, Tangerang. - Semakin meningkatnya ketidakpastian masa depan, khususnya masyarakat di Negara berkembang terkait dengan turbulensi ekonomi global akibat pandemii covid 19 yang dilanjutkan dengan konflik geopolitik global antaraRusia vs Ukraina yang merupakan proxy dari Negara Barat (USA/NATO) membuat kita semua berfikir bagaimana mengantisipasi risiko yang akan terjadi kepada kita khususnya kita sebagai tulang punggung keluarga, sehinggabaikkita dan keluarga akan aman jika terjadi risiko , baikrisikofisik / kesehatan maupun risiko financial akibat kehilangan pekerjaan.

 

Untuk karyawan yang bekerja di perusahaan besar atau menengah mungkin tidak terlalu bermasalah, karena sudah dilindungi oleh jaminansosial yang wajibdiikuti oleh perusahaan pemberikerja. Tetapi bagaimana dengan masyarakat yang mendapatkan penghasilandarisektor informal, misalnya ;sopir freelance, ojek online, pedagangkecil, karyawan UMKM, pengajar sektor informal, pedagang pasar dan profesilainnya yang sulit  memiliki jaminan social selama ini.

 

Namun banyak yang belum mengetahui bahwa saat ini sudah ada program jaminans osial untuk mereka yang disiapkan oleh BPJS Ketenagakerjaan yaitu Jaminan Sosial BPU (BukanPenerimaUpah) yang pendaftarannya dibuat mudah dengan mengunakan aplikasi JMO Mobile. Namun yang menjadi masalah adalah kurangnya sosialisi sehingga banyak masyarakat yang belum mengetahuinya, sehingga tingkat kepesertaannya sampai saatini belum memuaskan.


"Kegiatan dibuka oleh Sambutan Ketua PM, Bpk Nur Ali Farabi dan sambutan dari Ketua PKBM PAJA MANDIRI, Bpk. Eko Anjar Riyanto,SE itu dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Bpk. Arief Fadholi sebagai tim Tutor dibantu dengan Tim Tutor lainnya, di Tangerang, 09/10/2022.

 

"Mengingat pentingnya jaminan sosial buat kalangan yang bergerak di sektor informal tersebut, Tim Pengabdian Masyarakat dari FTI Unversitas Bina Sarana Informatika mengadakan sosialisasi tentang program aplikasi JMO Jamsostek BPU  kepada masyarakat di PKBM PAJA MANDIRI, Tangerang. 


Tim Pengabdian Masyarakat yang terdiri dari Bpk. Nur Ali Farabi sebagai Ketua, Bpk. Arief Fadholi sebagai Tutor, Bpk. Hardani dan Bpk. Aspari sebagai Anggota Tim Tutor ini juga melibatkan beberapa mahasiswa agar mengetahui berbagai permasalahan yang ada dimasyarakat dan berusaha membantu mereka dengan kapasitas yang kita miliki.


Kegiatan dengan tema :Sosialisasi Program Jaminan Sosial BPU Pada PKBM PAJA MANDIRI ini ditujukan untuk peserta didilk dan karyawan pada PKBM PAJA MANDIRI Tangerang ini diadakan Gedung PKBM PAJA MANDIRI yang berlokasi di Kutabumi, Tangerang, tepatnya di Taman Kutabumi, Blok D 10 N0.34, Kelurahan Kutabumi, Kecamatan Pasar Kemis, Kab. Tangerang , pada hari Minggu, Tgl 9 Oktober 2022 dari jam 08.00-13.00 WIB ini berlangsung dengan lancar dan semarak , yang di tandai dengan banyaknya pertanyaan dari peserta yang menujukkan keingintahuan dan ketertarikan mereka tentang program tersebut.

 

 "Secara  umum beberapa pertanyaan yang ada adalah terkait besarnya iuran dan manfaat yang didapatkan jika mengikuti program tersebut. Banyak juga yang bertanya tentang prosedur pendaftaran melalui JMO (Jamsostek Mobile).


Ada juga pertanyaan tentang berbagai resiko yang dilindungi dan bagaimanacaramelakukanklaimjikaresikoituterjadi. Dengan uang iuran Rp. 16.800 (JKK,JKM) dan Rp. 36.800 (JKK,JKM,JHT), para peserta merasa bahwa meraka juga mampu untuk membayar nya, yang penting jelas prosedurnya, jelas perlindungannya dan mudah klaimnya. Setelah berbagai pertanyaan tersebut dijawab dengan memuaskan, acara ditutup dengan doa bersama, agar kegiatan ini memberikan manfaat  yang besar untuk peserta dan panitia serta untuk masyarakat luas. 


@Sonny/Tajuknews.com/tjk/01/2023.

 

 

 

 

Komentar

Berita Terkini