|

IKLAN BANNER

IKLAN BANNER
PEMILU 2024

Arus Mudik Makin Deras, Usai Gerbang Cikampek Lakukan One Way

Pihak Jasa Marga juga memprediksi terjadi kenaikan jumlah kendaraan pada puncak arus mudik tahun ini. Jakarta, 21/04/2023/ Mereka memprediksi, pada puncaknya, akan terdapat 178 ribu kendaraan yang melewati Tol Cikampek Angka itu naik sekitar 5 persen ketimbang tahun lalu. @Sonny/Tajuknews.com/tjk/04/2023.


TAJUKNEWS.COM/ Cikampek. - Polisi menyampaikan rekayasa lalu lintas satu arah atau one way Tol Cipali Jawa Barat hingga Jawa Tengah dalam rangka memperlancar arus mudik Lebaran 2023, berlanjut hingga tengah malam nanti. Seperti diketahui, semula one way dijadwalkan berakhir siang hari ini.

"Rekayasa lalu lintas one way di hari ketiga mudik, yang dijadwalkan selesai pada pukul 12.00 WIB hari ini, Kamis (20/4/2023), masih akan terus dilanjutkan," kata Kabag Ops Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Kombes Eddy Djunaedi dalam keterangan tertulis, (20/4).

Eddy menjelaskan, one way direncanakan berakhir pukul 24.00 WIB. Namun, sambungnya, polisi akan memantau lagi perkembangan situasi lalu lintas. Bila 3 jam menjelang pukul 24.00 WIB arus kendaraan masih deras, one way ada kemungkinan dilanjutkan kembali.

"Perpanjangan rekayasa lalu lintas one way diperkirakan akan berakhir pada Kamis, 20 April 2023, pukul 24.00 WIB. Namun, apabila pada periode waktu tiga jam sebelum jadwal pengakhiran one way masih terdapat peningkatan volume lalu lintas yang signifikan dari Jakarta ke arah timur, maka dapat dimungkinkan terjadi penyesuaian kembali jadwal pengakhiran rekayasa lalulintas one way," papar Eddy.

"Dapat dilanjutkan atau diakhiri dan lalu lintas kembali normal dua arah," imbuh dia.

Seperti diketahui, one way dimulai sejak Selasa, 18 April 2023. Polisi terus memperbarui informasi secara berkala terkait kebijakan one way ini.

Sebelumnya Korlantas Polri memprediksi arus mudik Idul Fitri 1444 H akan terbagi dua. Gelombang pertama akan mulai pada 14 April 2023 lalu. Gelombang kedua diprediksi mulai terjadi pada Selasa, 18 April 2022 dan mencapai puncaknya pada 19 April 2023. Hal itu tak lepas dari kemungkinan perbedaan penetapan Hari Raya Idul Fitri 2024. 

Untuk jumlah orang, pemerintah pun memprediksi akan terjadi kenaikan jika dibandingkan tahun lalu. Kementerian Perhubungan memprediksi terdapat 123,8 juta orang yang akan melakukan mudik. 

Pihak Jasa Marga juga memprediksi terjadi kenaikan jumlah kendaraan pada puncak arus mudik tahun ini. Mereka memprediksi, pada puncaknya, akan terdapat 178 ribu kendaraan yang melewati Tol Cikampek Angka itu naik sekitar 5 persen ketimbang tahun lalu.

@Sonny/Tajuknews.com/tjk/04/2023.

Komentar

Berita Terkini