|

IKLAN BANNER

IKLAN BANNER
PEMILU 2024

HUT 58 Tahun Kolinlamil "Prajurit Sebagai Patriot Kesetiaan Mengabdikan Diri Kepada Negara dan Bangsa"

   Panglima Kolinlamil Laksda TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M.  memberikan penghargaan kepada prajurit sebagai tanda jasa dalam HUT 58 tahun Kolinlamil, di Jakarta, 1/7/19.Peringatan hari ulang tahun ke-58 Kolinlamil ini merupakan ungkapan rasa syukur, serta momentum yang tepat untuk introspeksi dan evaluasi diri guna meningkatkan kinerja dalam pengabdian kepada TNI AL. Sonny/Tajuknews.com


Tajuknews.com, Jakarta, Tepat tanggal 1 Juli 2019 Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) genap berusia 58 tahun. Acara puncak hari ulang tahun ke-58 Kolinlamil tahun ini, diperingati dengan Upacara Parade Militer di Lapangan M. Silam, Dermaga Kolinlamil, Jakarta Utara dengan sederhana namun dengan penuh khidmad. Bertindak selaku inspektur upacara Panglima Komando Lintas Laut Militer, Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M. sedangkan Komandan Upacara dipercayakan kepada Komandan KRI Banda Aceh Letkol Laut (P) Ali Setiandi, MTr. Hanla.(01/07/19)

Pada upacara tersebut, selain dihadiri para pejabat teras TNI AL, juga dihadiri oleh para Panglima Kolinlamil dari masa ke masa. Dan usai Parade, Prajurit Kolinlamil berkolaborasi dengan masyarakat menampilkan atraksi perpaduan berbagai kemampuan profesi prajurit Kolinlamil dan seni nusantara. 

Ketrampilan prajurit yang diperagakan adalah semaphore dan bela diri taekwondo, sedangkan seni Nusantara yang disajikan meliputi tari dari Aceh, Jawa Barat dan Papua serta rampak beduk dikemas secara kolosal dalam satu kesatuan tanpa meninggalkan kekhasan masing-masing. Hal tersebut menambah semaraknya perayaan acara HUT ke-58 Kolinlamil.

Rangkaian upacara ditutup dengan defile pasukan dari berbagai elemen TNI, Polri, Instansi kemaritiman dan ASN yang dengan langkah tegap melintasi mimbar memberi penghormatan kepada Inspektur Upacara didampingi Para Panglima Kolinlamil dari masa ke masa, sebagai bentuk terimakasih dan penghargaan generasi saat ini kepada para pimpinan terdahulu atas jasa dan dharma bakti mereka dalam meletakkan kerangka dan pembangunan berkesinambungan demi kemajuan Kolinlamil.

Panglima Kolinlamil Laksda TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M. mengatakan bahwa berbagai kegiatan yang dilaksanakan sebagai rangkaian HUT ke 58 Kolinlamil, sudah dimulai pada bulan April lalu, yang bertepatan dengan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri dengan menyelenggarakan Bazzar murah dan Mudik gratis, baik melalui laut dengan KRI Banda Aceh ke berbagai tempat di Sumatera dan melalui darat dengan Bus ke berbagai kota di Jawa tengah dan Jawa Timur. Selain itu juga telah dilaksanakan bhakti sosial kesehatan, berupa pemeriksaan kesehatan dan papsmear serta donor darah yang cukup prestisius, dengan diikuti hampir 1.000 pendonor, ke depan akan dilaksanakan bhakti sosial di daerah pesisir Jakarta dan Olahraga bersama dengan instansi maritim yang berada di wilayah Jakarta Utara.

“Peringatan hari ulang tahun ke-58 Kolinlamil ini merupakan ungkapan rasa syukur, serta momentum yang tepat untuk introspeksi dan evaluasi diri guna meningkatkan kinerja dalam pengabdian kepada TNI AL, TNI, Bangsa dan Negara. Oleh karena itu sangat tepat tema yang diangkat kali ini, yaitu “Dilandasi jiwa Satya Wira Jala Dharma, Kolinlamil siap mendukung tugas Pokok TNI” Jika kita jabarkan, Satya berarti Setia; Wira berarti Prajurit, Pejuang atau Patriot; Jala berarti Laut atau Samudera; dan Dharma berarti Pengabdian. 

Sehingga Prajurit Kolinlamil harus menjadi Prajurit/Pejuang dan Patriot yang memiliki kesetiaan dalam mengabdikan diri kepada Negara dan Bangsa.” Ungkap sang Panglima menjabarkan makna tema HUT-58 Kolinlamil kali ini.
Kemajuan Kolinlamil juga tidak luput dari kiprah dan dukungan organisasi para istri prajurit dibawah pimpinan Ketua Gabungan Jalasenastri Kolinlamil yang saat ini dijabat oleh Ny Yayuk Heru Kusmanto, yang berperan aktif dalam berbagai kegiatan dalam memberdayakan ibu-ibu Jalasenastri Kolinlamil untuk memberikan manfaat positif bagi keluarga besar Kolinlamil.
Kolinlamil yang merupakan Kotama Operasi TNI bertugas menyelenggarakan operasi angkutan laut TNI, baik pada Operasi Militer untuk Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dan bantuan Angkutan Laut sesuai dengan kebijakan Panglima TNI. Disamping sebagai Kotama Operasi, Kolinlamil juga merupakan Kotama Pembinaan yang berarti sebagai pembina tunggal angkutan laut TNI, membina kemampuan sistem angkutan laut militer, membina potensi angkutan laut nasional guna kepentingan pertahanan dan keamanan negara di laut dan membina kesiapan operasional untuk melaksanakan angkutan laut TNI yang meliputi personel, alat peralatan dan pembekalan, baik yang bersifat taktis, strategis maupun administratif sesuai dengan kebijakan Panglima TNI dan berkedudukan di bawah serta bertanggung jawab kepada Kasal.
Dalam melaksanakan tugas, Kolinlamil menyelenggarakan fungsi diantaranya pembinaan kemampuan penyelenggaraan angkutan laut militer melalui latihan, penelitian, pengujian serta pengembangan taktik dan prosedur angkutan laut militer sesuai rencana dan program TNI AL; mengkoordinasikan dan menyusun rencana dan program angkutan laut untuk seluruh jajaran TNI berdasarkan rencana dan program TNI; dan membantu angkutan laut nasional dalam rangka bhakti TNI sesuai dengan kebijakan Panglima TNI.
Sonny/tajuknews.com
Komentar

Berita Terkini