|

IKLAN BANNER

IKLAN BANNER
PEMILU 2024

OCS Plan Di Pahami, KOGASGABRATMIN Siap Daratkan Pasukan KOGASRATGAB

Panglima Laksda TNI Heru Kusmanto,S.E., M.M. beserta seluruh Staf Kogasgabratmin, Para Perwira dan Komandan Unsur yang tergabung  di Gedung Mako Satlinlamil Surabaya 10/7/19. Dalam rangka paparan OCS Plan,  dalam Komando Tugas Gabungan Pendaratan Administrasi (Kogasgabratmin) . Sonny/tajuknews.com 

Tajuknews.com, Jakarta. Panglima Laksda TNI Heru Kusmanto,S.E., M.M. beserta seluruh Staf Kogasgabratmin, Para Perwira dan Komandan Unsur yang tergabung dalam Komando Tugas Gabungan Pendaratan Administrasi (Kogasgabratmin) berkumpul di Gedung Mako Satlinlamil Surabaya dalam rangka paparan OCS Plan, Rabu (10/7).

OCS (Officer Conducting Serial) adalah Perwira yang ditunjuk untuk mendesain sebuah serial latihan. Keberadaan OCS mutlak diperlukan dalam suatu latihan untuk meyakinkan seluruh serial yang akan dilatihkan dapat dipahami dan disiapkan dengan baik, sehingga pada tahap pelaksanaan di lapangan/laut dapat diimplentasikan dengan baik dan benar. Dalam mendesain suatu latihan, OCS akan menuangkannya dalam bentuk lembar perencanaan yang disebut OCS Plan.

Berbagai serial latihan akan dimainkan selama babak pelaksanaan Operasi pendaratan Administrasi, diantaranya _Leaving harbour_ (peran meninggalkan pelabuhan); _Mine Field Transit_ (Melewati Medan Ranjau); _Damage Control Exercise_ (Penyelamatan/ Penanggulangan Kebakaran/Kebocoran); _Tactical Manuvering_ (Manuver Taktis); _Flaghoist_; _Flashex_; dan lain-lain. Tiap-tiap OCS Plan dipaparkan kepada seluruh unsur Kogasgabratmin agar dapat dipahami oleh setiap Komandan Unsur beserta perwiranya, sehingga serial latihan dapat terlaksana sesuai rencana.

Panglima Kogasgabratmin Laksda TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M. memberikan beberapa penekanan agar pada tahap Manlap (manuvra lapangan), berbagai serial latihan yang telah disusun, dilaksanakan sesuai prosedur, respon yang cepat dan tepat waktu, dengan tetap mengutamakan keselamatan personel dan keamanan material. “Laksanakan setiap serial latihan dengan serius, disiplin tinggi dan berpedoman pada standar operasional prosedur yang berlaku, sehingga kerugian personel dan material dapat dihindari”.

“Ingat motto kita, *SEDEKAH*, _Serius, Efektif, Detail, Efisien, Komprehensif, Akurat & Holistik._ Perintah sang Panglima dengan tegas penuh semangat. Lebih lanjut Panglima menyampaikan simpulan, bahwa pemahaman terhadap OCS Plan yang dipaparkan akan menjamin kesiapan tempur dan keberhasilan pencapaian tugas pokok Kogasgabratmin dalam mendaratkan Pasukan Kogasratgab di pantai yang telah dikuasai Kogasgabfib Armada Jaya ke-37 Tahun 2019. Selamat Berlatih dan jadilah prajurit profesional.

(Sonny/tajuknews.com)
Komentar

Berita Terkini