|

Covid-19 Hambat Ekonomi Indonesia

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia ikut dampaknya imbas dari Covid-19 Foto: Sonny/Tajuknews.com/tjk@Mar/2020.


TAJUKNEWS.COM, Jakarta - Wabah Virus Corona atau COVID-19 ternyata berdampak sangat luas. Tidak hanya di bidang kesehatan saja, perekonomian Indonesia ikut kena dampaknya.
Dalam beberapa minggu terakhir, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS melemah dan saham pun anjlok sangat dalam. Terus, tingkat keterisian hotel dan pesawat komersial juga sepi. PHK pun mengancam para pekerja.
 
Dilihat dari awal munculnya virus ini, jelas akan sangat berdampak pada sektor ekonomi dunia. Cina merupakan pusat gravitasi perdagangan dunia. Semenjak munculnya virus ini China sudah membekukan semua aktivitas yang ada di negara tersebut. Tentu ini akan sangat mempengaruhi perekonomian dunia. Dampak nyatanya sudah jelas terlihat dari menurunnya harga minyak dunia. Memang ini merupakan keuntungan bagi negara Indonesia yang merupakan pengimpor minyak. Namun ini akan mengganggu kestabilan perekonomian dunia.
 
Tidak hanya itu di Indonesia sendiri saat ini sudah banyak kota yang melakukan lockdown untuk menghindari penyebaran virus corona. Dengan begitu aktivitas warga akan beku dan akan menghambat perekonomian masyarakat Indonesia. Bayangkan saja banyak pusat perkantoran yang harus menghentikan pelayanannya. Lalu bagaimana meraka akan menlanjutkan perekonomian mereka? Nah untungnya presiden jokowi sudah memberi solusi WFH (Work From Home) Artinya semua aktifitas perekonomian kali ini harus di kerjakan di rumah dan hanya mengandalkan dunia online.

Dampak Virus Corona di Sektor Digital
Dengan adanya himbauan WFH ini duni digital mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Bagaimana tidak semua kegiatan masyarakat saat ini sudah banyak dilakukan secara online. Semua bisnis yang biasanya dilakukan di kantor atau di pusat perbelanjaan saat ini sudah banyak beralih ke dunia online.
Penggunaan internet di Dunia maupun Indonesia mengalami peningkatan yang sangat signifikan dengan adanya virus corona ini. Namun yang menjadi masalah adalah pelayanan dari setiap perusahaan telekomunikasi mengalami penurunan kinerja. Karna banyak perusahaan telekomunikasi yang meliburkan pekerja teknis lapangan di sana. Sehingga jika terjadi masalah jaringan di suatu daerah pekerja teknis lapangan dari perusahaan telekomukasi terkait tidak bisa dengan cepat menanganinya.
Namun hikmahnya dengan adanya WFH ini banyak orang yang akhirnya sadar teknologi. Dan mereka mau belajar tentang pentingnya dunia digital dalam perkembangan bisnis. Banyak orang yang menyadari jika saat ini sudah jadi trend-nya industri kreatif 4.0.
 
Sonny/Tajuknews.com/Tjk/@Mar/2020.
Komentar

Berita Terkini