|

IKLAN BANNER

IKLAN BANNER
PEMILU 2024

Gayung Bersambut Koperasi Bersama UMKM Bagikan APD Ke-Para Pekerja

Direktur Utama PT EKI , Satrio Wibowo dan Ketua K-PINS Koperasi Pekerja Indonesia Sejahtera (K-PINS) Muhamad Hakim guna mendata para anggotanya yang membutuhkan APD sebagai alat proteksi diri dari Covid-19, saat dihubungi Jumat (12/6/2020).
kami berupaya menyelamatkan para pekerja di lapangan. Menyalurkan APD bagi yang membutuhkan. Kami telah bekerjasama dengan PT EKI sebagai produsen, lalu menyalurkan ke anggota koperasi kami, @ Sonny/Tajuknews.com/tjk/06/2020.


TAJUKNEWS.COM, Jakarta. - Para pekerja menjadi salah satu pihak yang cukup rentan tertular Covid-19. Rutinitas mereka di tempat kerja, terkadang tak selalu mendapat perhatian serius dari pemilik perusahaan. Oleh karenanya pekerja sebagai garda terdepan sepatutnya sangat diperhatikan oleh perusahaan dan juga mematuhi protokol kesehatan dari pemerintah.

Situasi itu menempatkan para pekerja dalam keadaan terjepit. Satu sisi mereka harus terus bekerja guna menopang finansial perusahaan agar tak melakukan PHK. Namun sisi lain, teror penularan Covid-19 selalu membayangi saat mereka menjalankan kewajibannya.


ASPEK sendiri kini memiliki total anggota lebih dari 100 ribu pekerja di berbagai bidang. Mereka tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Untuk Tangerang Raya, tercatat ada sekira 15 ribu pekerja yang tergabung dalam ASPEK Indonesia.

"Jadi melalui koperasi dan UMKM ini, kami berupaya menyelamatkan para pekerja di lapangan. Menyalurkan APD bagi yang membutuhkan. Kami telah bekerjasama dengan PT EKI sebagai produsen, lalu menyalurkan ke anggota koperasi kami, dengan berbagai sistem pembayaran, bisa dicicil juga," kata Ketua K-PINS, Muhamad Hakim, dihubungi Jumat (12/6/2020).

Distribusi alat APD terus dikejar guna mendata para anggotanya yang membutuhkan APD sebagai alat proteksi diri dari Covid-19, saat dihubungi Jumat (12/6/2020).
kami berupaya menyelamatkan para pekerja di lapangan. Menyalurkan APD bagi yang membutuhkan. Kami telah bekerjasama dengan PT EKI sebagai produsen, lalu menyalurkan ke anggota koperasi kami, @ Sonny/Tajuknews.com/tjk/06/2020.
Menurut Hakim, sejumlah APD standar WHO telah diterimanya dari PT EKI. Baginya, kerjasama itu bak gayung bersambut lantaran sejak jauh hari pihaknya menantikan kerjasama dari berbagai pihak guna menekan angka penyebaran Covid-19 di kalangan pekerja.


Menjawab itu, Asosiasi Serikat Pekerja (ASPEK) Indonesia memberdayakan sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang mereka miliki, yakni Koperasi Pekerja Indonesia Sejahtera (K-PINS) guna mendata para anggotanya yang membutuhkan APD sebagai alat proteksi diri dari Covid-19.


"Bagi kami ini seperti gayung bersambut, jika di awal kami sudah woro-woro pentingnya APD, masker, dan lain-lain, lalu datanglah PT EKI membantu menawarkan kerjasama itu. Jadi ini bukan semata soal bisnis, tapi ada misi sosial yang sedang terjalin," tutur Hakim, yang juga menjabat Direktur Lembaga Penelitian dan Pengembangan Organisasi ASPEK Indonesia.


Para pekerja dalam bidang tertentu harus pula melengkapi tugasnya dengan Alat Pelindung Diri (APD). Atau minimal, tersedia sarana pendukung agar menjaga sterilisasi aktivitas di ruang kerja, seperti hand sanitizer, tempat cuci tangan disertai sabun, serta pengecekan suhu tubuh.

Dilanjutkan dia, misi sosial PT EKI patut diapresiasi. Sebab, tak banyak perusahaan yang menjalani bisnisnya disertai bentuk kepedulian sosial. Apalagi di tengah pandemi Covid-19, hampir semua sektor bisnis terimbas sehingga sulit bagi perusahaan mengambil kebijakan di luar penyelamatan finansial dan produksi.

Sementara itu, Direktur Utama PT EKI, Satrio Wibowo, menerangkan, perusahaannya siap mensupport keberadaan koperasi dan UMKM para pekerja. Selain nilai sosial, ada upaya untuk menopang keberlangsungan usaha tersebut agar tak kolaps di masa pandemi saat ini.

"Kita full support membantu koperasi dan UMKM untuk menambah program berdagang APD dengan bagi hasil (mudharabah) dengan anggota koperasi, sehingga menjadi alternatif pemasukan dana bagi koperasi," pungkas Satrio.

@Sonny/Tahuknews.com/tjk/06/2020.
Komentar

Berita Terkini