|

Ikbal Piliang , "Hobi Ayam Kate Punya Nilai Bisnis"

 

Ikbal J Piliang, Penghobi yang juga sekaligus Peternak Ayam Kate dari sisi bisnis ayam Kate sangat menguntungkan , Ketua Komunitas KAKI Bekasi berikan edukasi daring di Bekasi, 29/12/2020. Menurutnya Ayam Kate saat ini tidak dipandang remeh oke sebagaian masyarakat dan mulai munculnya berbagai Komunitas Ayam Kate di daerah-daerah bahwa Ayam Kate asli Indonesia ini memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri. Foto: Ikbal Piliang, naskah ©Sonny/Tajuknews.com/tjk/19/2020.

TAJUKNEWS.COM, Bekasi. - Dimasa pandemi Varian hobi semakin marak berdatangan salah satunya hobi berternak Ayam Kate yang memiliki tubuh kecil dan lincah, saat ini penghobi ayam Kate semakin bermunculan apalagi di masa pandemi Covid-19.

Menurut," Ikbal Piliang Ketua Komunitas KAKI Bekasi yang domisili di Bintara, Bekasi Barat, saya bergabung komunitas ayam Kate pada tahun 2017, Alhamdulillah dengan ikutnya Komunitas Ayam Kate Indonesia atau KAKI banyak ilmu yang saya dapatkan dari KAKI tersebut.


"Saya mulai tertarik Ayam Kate pada tahun 2017 , karena kenapa saya suka ayam Kate saya lihat ayam Kate itu lucu dan menarik dan ingin membudidayakan," Ujarnya di Bintara Bekasi, 29/12/2020.

"Ayam Kate terkenal asli ayam Kate Indonesia  yang adapun harganya pada saat itu harganya sangat murah pada saat itu, ayam yang di anggap pengganggu dan sebagai ayam hama oleh masyarakat banyak ," cetus Ikbal.

Foto : ©Sonny/Tajuknews.com/tjk/12/2020.


"Alhamdulillah sejak saya masuk organisasi ke anggotaan Komunitas KAKI saya dapat melihat keindahan Ayam Kate dari berbagai sudut bentuk tubuhnya".


Sejak pada Zaman saat itu tahun 90-an Ayam Kate kaki tinggi nampak tidak menarik ,dengan banyak nya penggemar ayam Kate dan komunitas, serta saya  masuk secara langsung ke Komunitas di KAKI ternyata ayam Kate itu memiliki keunikan tersendiri yakni kaki nya pendek dengan mencapai 3 CM, " Tuturnya.


"Ayam Kate yang membuat menarik dari segi keindahan dan perilaku Ayam sangat jinak dan sangat mudah diperternakan.


Saat ini di Komunitas Bekasi sendiri sudah ada anggota-anggota KAKI yang ayam Kate dulunya memiliki ayam Kate Wareng , Ayam Kate Tema dan menurutnya tidak pantas untuk diikuti dalam kontes.


Setelah melihat anggota Komunitas KAKI baru menyadari adanya perbedaan dari bentuk tubuh yang lebih mungil atau pendek atau yang di sebut Ceper dan mengganti nya dengan Ayam Kate Bagus.


Untuk ke anggotaan Komunitas KAKI Bekasi ini sudah 25 orang anggota yang masuk dalam komunitas, di grup WhatsApp dan mulai di adakan Kopi darat sesama anggota sudah mulai aktip dari tahun 2018 sebagai anggota KAKI Bekasi yang dimotori Bang Odenk, Sigit, Habian, Aziz dan Sofyan, " tukas Ikbal.

Pada saat ini tahun 2020 Alhamdulillah ke anggotaan sudah bisa mencapai 25 orang anggota.


Mengapa saya menyukai ayam Kate ini dari gaya ayam yang mungil pendek serta dari segi warna memiliki varian yang berbeda-beda serta harga nya pun saat ini sudah melonjak naik dari tahun-tahun berikutnya semenjak berdirinya Hippaki menjadi Ayam Hias Nasional Indonesia dan ini akan dilegalitaskan oleh Hippaki sendiri sebagai ayam khas Indonesia.


Saya senang dengan adanya ikut berkomunitas mendapatkan ilmu-ilmu Ayam Kate tersebut, saya berharap bagi kawan-kawan di medsos khususnya ingin masuk di komunitas silakan bergabung di komunitas yang terdekat di daerah anda, " 


"Saya menyarankan berkomunitas karna busa melihat perbedaan ayam Kate yang kita lihat dengan ayam Kate yang biasa ikut kontes ayam Kate nasional.


"Ikbal menyarankan untuk kawan-kawan untuk membeli Ayam Kate mahal , karena ayam mahal itu dapat menghasilkan uang anda sendiri, dari sisi bisnis sangat menguntungkan, salam KAKI Kate Indonesia, Bekasi Ikbal Piliang Kandang Kate Bintara," Pungkasnya.


©Sonny/Tajuknews.com/tjk/12/2020.


Komentar

Berita Terkini