|

Potensial Jadi Lumbung Pangan, " TNI Bantu Warga di Desa Perbatasan Dengan Pembukaan Akses Jalan "

Pembangunan Infrastruktur di perbatasan desa melalui TMMD Wiltas 112 Kodim 0910/Malinau hari ini resmi dibuka. Setelah sebelumnya persiapan pembangunan infrastruktur di Desa Kuala Lapang, Kecamatan Malinau Barat , Kalimantan utara, 15/09/2021. Kepala Desa Kuala Lapang merasa bangga bahwa Kodim 0910/Malinau melaksanakan tugas yang berat yakni TMMD di Desa Kuala Lapang.@Sonny/Tajuknews.com/09/2021.

 

TAJUKNEWS.COM, Malinau. - TMMD Wiltas 112 Kodim 0910/Malinau hari ini resmi dibuka. Setelah sebelumnya persiapan pembangunan infrastruktur di Desa Kuala Lapang, Kecamatan Malinau Barat , Kalimantan utara dilakukan pada pra TMMD  1 minggu sebelumnya. 


Desa Kuala Lapang merupakan desa yang dihuni oleh sekitar 750 KK yang mayoritas bekerja sebagai petani dan berkebun. Potensi lahan serta aneka ragam tanaman pangan yang terdapat di area tersebut sebenanya cukup potensial untuk meningkatkan kemakmuran warga desa disana. Hanya saja selama ini hal tersebut sedikit terkendala karena keterbatasan akses jalan serta akses mobilitas yang seringkali membuat masyarakat kesulitan untuk menjual hasil panen ke kota karena minimnya akses jalan.


Kepala Desa Kuala Lapang merasa bangga bahwa Kodim 0910/Malinau melaksanakan tugas yang berat yakni TMMD di Desa Kuala Lapang. Terimakasih atas pengabdian kepada masyarakat tanpa henti oleh prajurit. Ini bukanlah hal yang mudah mengemban kepercayaan dan tugas dalam meningkatkan pembangunan di Kabupaten Malinau. Terus semangat dan panutan bagi masyarakat, semoga kegiatan ini berjalan dengan lancar tidak ada hambatan, kami akan terus mendukung guna mewujudkan kesuksesan TMMD... BRAVO TNI .... JAYA KODIM 0910/Malinau" tuturnya.


Adapun kegiatan yang dilaksanakan dalam TNI Manunggal Membangun Desa ( TMMD) ke- 112 Tahun 2021 meliputi sasaran fisik dan non fisik.


Untuk Sasaran Fisik atau sasaran utama yaitu Pembukaan Badan Jalan dengan ukuran 6M X 1100M, Pembuatan 1 Unit Jembatan Kayu Ulin ukuran 4 MX 10 M, Pembuatan 3 Unit Plat Duiker Ukuran 1,5 M X 6 M dan Pembuatan 1 Unit Rumah Singgah dengan Ukuran 4 M X 6 M Terangnya.


Sementara untuk sasaran Non fisik di antaranya Penyuluhan dan sosialisasi Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan, Penyuluhan dan sosialisasi Bahaya Narkoba dan Hukum, Penyuluhan dan sosialisasi Pertanian ,Peternakan dan Perikanan, Penyuluhan dan sosialisasi Covid-19, Penyuluhan dan sosialisasi Stunting, Posyandu dan Posbindu PTM serta Penyuluhan dan sosialisasi Rekrutmen TNI.


Dalam kesempatan terpisah, Dandim 0910/ Malinau Letkol Inf Sofwan Nizar, S.Sos.M.Han. berharap agar kegiatan TMMD ini bisa memudahkan transportasi warga sehingga tidak ada daerah yang terisolir. Selain itu, TMMD membuktikan bahwa, keberadaan TNI di tengah masyarakat mempunyai peran yang sangat penting kususnya menjaga persatuan dan kesatuan.


Pemilihan lokasi TMMD di Desa Kuala Lapang untuk membuka akses jalan yang akan digunakan dalam memudahkan masyarakat.

@Sonny/Tajuknews.com/tjk/09/2021.

Komentar

Berita Terkini