|

TMMD ke-112, Sinergisitas Kodim 0910/Malinau Aktifkan Pengobatan Masyarakat Desa.

 

TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) wilayah Perbatasan ke 112 satuan Kodim 0910/Malinau berkoordinasi dengan tenaga medis puskesmas Tanjung Lapang untuk aktif dalam melayani pengobatan masyarakat di Desa Kuala Lapang, 20/09/2021. Jadi dengan adanya Puskesmas di setiap desa diharapkan seluruh warga mendapat akses kesehatan yang merata. @Sonny/Tajuknews.com/tjk/09/2021.


TAJUKNEWS.COM, Malinau - Salah satu layanan kesehatan yang paling mudah diakses masyarakat adalah Puskesmas. Puskesmas kini sudah memiliki banyak layanan untuk masyarakat di sekitarnya.


Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) adalah unit pelaksana teknis dinas kabupaten/kota yang bertanggungjawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan di suatu wilayah kerja.


Jadi dengan adanya Puskesmas di setiap desa diharapkan seluruh warga mendapat akses kesehatan yang merata.


Puskesmas ini adalah unit pelaksana fungsional yang berfungsi sebagai pusat pembangunan kesehatan, pusat pembinaan peran serta masyarakat dalam bidang kesehatan serta pusat pelayanan kesehatan tingkat pertama yang menyelenggarakan kegiatannya secara menyeluruh, terpadu yang berkesinambungan pada suatu masyarakat yang bertempat tinggal dalarn suatu wilayah tertentu.


Tetapi tidak demikian di desa Kuala Lapang tidak memiliki puskesmas sehingga warga apabila berobat akan menuju puskesmas terdekat yakni di Desa Tanjung Lapang. Namun puskesmas Desa Tanjung Lapang tidak bisa rawat inap hanya melayani rawat jalan, apabila tidak bisa ditangani oleh tenaga medis maka akan di rujuk ke RSUD Malinau.


Kurangnya fasilitas kesehatan di Desa Kuala Lapang membuat warga menggunakan puskesmas di Desa Tanjung Lapang.


"Karena tidak ada puskesmas di Desa Kuala Lapang, maka kami siap melayani 2 desa sekaligus yakni desa Tanjung Lapang dan Desa Kuala Lapang" kata salah seorang sopir ambulance.


Dokter Riska Panjaitan menyampaikan "fungsi Puskesmas adalah sebagai pusat pembangunan kesehatan masyarakat di wilayah kerjanya, Membina peran serta masyarakat atau mengedukasi masyarakat di wilayah kerjanya dalam rangka kemampuan untuk hidup sehat, Memberikan pelayanan kesehatan secara menyeluruh dan masyarakat di wilayah kerjanya serta memberi rujukan jika pasien ingin dirawat dengan BPJS di rumah sakit. Maka Puskesmas akan melakukan pemeriksaan dasar kemudian mengeluarkan surat rujukan agar pasien diterima di RS untuk dirawat".


Dalam upaya menjaga kesehatan masyarakat melalui kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) wilayah Perbatasan ke 112 satuan Kodim 0910/Malinau berkoordinasi dengan tenaga medis puskesmas Tanjung Lapang untuk aktif dalam melayani pengobatan masyarakat di Desa Kuala Lapang.


Pihak Kodim 0910/Malinau pun turut serta menghimbau masyarakat untuk melaksanakan Prokes terlebih sekarang adalah masa pandem Covid 19, himbauan yakni Menggunakan Masker. Cara pencegahan COVID-19 yang paling efektif untuk dilakukan adalah dengan menggunakan masker, Mencuci Tangan secara Rutin, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan dan Mengurangi Mobilitas.


Semoga dengan upaya ini masyarakat kabupaten Malinau menjadi sehat, terhindar dari penyakit seperti covid 19.

@Sonny/Tajuknews.com/tjk/09/2021.

Komentar

Berita Terkini