|

TNI Wujudkan Harapan Warga Desa Perbatasan Bangun Gorong-Grorong di Lahan Persawahan

TNI wujudkan harapan warga desa perbatasan melalui dengan membangun gorong-gorong di lahan persawahan, di Malinau, 17/09/2021. Tentunya berkaitan dengan sistem drainase ( pengairan ) terpadu yang dapat membantu mengoptimalkan kegiatan pertanian di desa tujuan pelaksanaan TMMD Wiltas 112 Kodim 0910/Malinau. @Sonny/Tajuknews.com/tjk/09/2021.

 

Tajuknews.com, Malinau. - Setelah resmi dibuka, TMMD Wiltas 112 Kodim 0910/Malinau hari ini mulai melaksanakan berbagai program yang sudah direncakan untuk membangun berbagai infrastruktur di desa sasaran TMMD yaitu Desa Kuala Lapang yang terletak di Kecamatan Malinau Barat.


Sebelum dilaksanakannya program ini, TNI banyak mendapatkan aspirasi masyarakat yang berharap saluran drainase di wilayahnya dapat diperbaiki sehingga mereka tak lagi kesulitan mengalirkan air untuk persawahan.


Pertanian adalah salah satu mata pencaharian utama yang dilakukan oleh warga Desa Kuala Lapang Kecamaran Malinau Barat. Mayoritas warga disini menggantungkan hidupnya pada kegiatan persawahan. Oleh karenanya hal ini tentunya berkaitan dengan sistem drainase ( pengairan ) terpadu yang dapat membantu mengoptimalkan kegiatan pertanian di desa tujuan pelaksanaan TMMD Wiltas 112 Kodim 0910/Malinau.


Pembuatan 3 unit plat Duiker ukuran 1,5 m x 6 m. Ini bukanlah hal yang mudah tetapi pelaksana TMMD tidak menyerah, terlihat dari semngat yang dikobarkan, demi memudahkan masyarakat dalam proses hasil panen kebun atau sawah.


Pembuatan Plat Duiker ini tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar khususnya di Desa Kuala Lapang Kec. Malinau Barat untuk mengalirkan air ke kebun atau sawah.


Seperti yang sudah ditekankan oleh Dandim 0910/Malinau Letkol Inf Sofwan Nizar, S. Sos., M. Han bahwa tidak ingin pelaksanaan TMMD ini berjalan asal-asalan atau tidak sungguh-sungguh, harus menunjukkan keseriusan dalam pembuatan Plat Duiker sehingga dapat digunakan sebagaimana fungsinya yakni mengalirkan air ke perkebunan atau persawahan maupun ke sungai. Sehingga masyarakat tidak kesulitan mengalirkan air.


Semoga nantinya plat Duiker ini dapat dimanfaatkan dengan maksimal untuk kebutuhan masyarakat dalam mengalirkan air ke kebun atau sawah dan masyarakat juga harus saling menjaga agar tidak dirusak oleh oknum yang tidak bertanggung jawab agar dapat dipakai secara berkelanjutan.


"Terimakasih bapak TNI atas kegiatan TMMD di Desa Kuala Lapang, karena sudah memberikan solusi kepada masyarakat khususnya yang berprofesi sebagai petani.. mantap bapak Tentara" ucap salah satu warga.

Komentar

Berita Terkini