|

IKLAN BANNER

IKLAN BANNER
PEMILU 2024

Danone Indonesia Terima PROPER Emas Untuk Pabrik AQUA di Bali Dan PROPER Hijau Untuk Pabrik Lain

Danone-AQUA kembali menerima Anugerah Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan (PROPER) Kategori Emas dari Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan (KLHK), di istana Wakil Presiden, 28/12/2021. Anugerah PROPER Emas tersebut diserahkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Ma’ruf Amin kepada Vice President General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto di Istana Wakil Presiden RI Jakarta, didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar M.Sc. @Sonny/Tajuknews.com/tjk/2021.

TAJUKNEWS.COM, Jakarta-Desember 2021 Danone-AQUA kembali menerima Anugerah Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan (PROPER) Kategori Emas dari Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan (KLHK). Untuk periode 2020-2021 ini, Anugerah PROPER Emas diraih oleh Pabrik AQUA Mambal, Bali. Anugerah PROPER Emas tersebut diserahkan pada 28 Desember 2021 oleh Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Ma’ruf Amin kepada Vice President General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto di Istana Wakil Presiden RI Jakarta, didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar M.Sc.

PROPER merupakan upaya pemerintah mendorong perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk memiliki ketaatan dalam pengelolaan lingkungan hidup. Penghargaan ini diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dengan mengukur kinerja keberlanjutan Perusahaan melalui berbagai inisiatif yang telah dilakukan.  Peringkat kinerja PROPER dibedakan menjadi lima warna yaitu Emas, Hijau, Biru, Merah dan Hitam.  Untuk aspek ketaatan minimal adalah Biru, Merah dan Hitam.  Sedangkan kriteria penilaian aspek yang masuk kategori lebih dari yang dipersyaratkan (beyond compliance) adalah Hijau dan Emas.

Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Ma’ruf Amin menyatakan apresiasinya kepada dunia usaha yang telah turut berpartisipasi dalam pembangunan yang berkelanjutan. “PROPER menjadi indikasi hal tersebut, Perjalanan PROPER dari kriteria sederhana penilaian pengendalian pencemaran air,  kemudian berkembang pada mengusung perbaikan yang berkelanjutan, hingga sekarang mencakup kriteria daya tanggap terhadap kebencanaan”, jelas Ma’ruf Amin.

“Saya menyambut baik kriteria baru Daya Tanggap Kebencanaan khususnya selama pandemi, dimana dunia usaha memberikan perlindungan karyawannya dengan tidak melakukan pemutusan hubungan kerja, dan meningkatkan program pemberdayaan masyarakat guna mendukung pemulihan dampak pandemi”, tambah Wapres.

Selain kategori Emas, pada kesempatan yang sama, tujuh Pabrik AQUA lainnya juga menerima Anugerah PROPER Hijau yang diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar M.Sc. kepada perwakilan Pabrik AQUA Mekarsari, Pabrik AQUA Babakanpari, Pabrik AQUA Subang, Pabrik AQUA Cianjur, Pabrik AQUA Citeureup, Pabrik AQUA Ciherang, dan Pabrik AQUA Klaten.


Danone-AQUA kembali menerima Anugerah Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan (PROPER) Kategori Emas dari Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan (KLHK), di istana Wakil Presiden, 28/12/2021. Anugerah PROPER Emas tersebut diserahkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Ma’ruf Amin kepada Vice President General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto di Istana Wakil Presiden RI Jakarta, didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar M.Sc. @Sonny/Tajuknews.com/tjk/2021.



Untuk periode 2020-2021 tercatat sebanyak 2583 perusahaan dari berbagai dan sektor industri mengikuti proses penilaian. Penerima Anugerah PROPER Emas hanya sejumlah 47 perusahaan, salah satunya Pabrik AQUA Mambal. Sedangkan penerima Anugerah PROPER Hijau untuk periode ini tercatat sebanyak 186 perusahaan dari seluruh Indonesia.  

Vice President General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto menjelaskan ,“ Kami memiliki Visi Danone yaitu One Planet One Health, dimana kami percaya bahwa kesehatan planet kita memiliki keterkaitan erat dengan kesehatan masyarakat. Hal tersebut tercermin pada proses penilaian PROPER yang mengukur penerapan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan dalam proses produksi, manajemen lingkungan, efisiensi energi, konservasi sumber daya dan pelaksanaan bisnis yang bertanggung jawab terhadap sekitar melalui program pengembangan masyarakat.”, kata Vera.

“Pabrik AQUA Mambal menjadi Industri Air Minum Kemasan pertama di Indonesia yang menerima 4 kali Anugerah PROPER Emas, dan 3 tahun terakhir ini kami menerimanya berturut-turut. Terima kasih kami sampaikan kepada semua pemangku kepentingan yang telah menjaga komunikasi dan kolaborasi selama ini”, tambah Vera.

Di Bali, Pabrik AQUA Mambal mendorong Desa Bongkasa Pertiwi menjadi Desa Mandiri Air dengan pendekatan adat dan kearifan lokal. Beberapa upayanya adalah penyediaan infrastruktur air bersih yang melayani 2.455 jiwa yang. Akses air bersih tersebut kemudian mendorong perubahan Perilaku Pola Hidup Bersih dan Sehat yang dilakukan oleh 647 Kepala Keluarga.  Mengembangkan pertanian ramah lingkungan di lahan 12 ha dan mendorong Pengembalian Jasa Lingkungan untuk konservasi. Aktifitas lanjutannya juga memicu tumbuhnya UMKM dan menambah pendapatan masyarakat selama pandemi.

Selain itu, di Bali, pada September 2021 lalu Danone AQUA juga meresmikan TPST Samtaku (Sampahku Tanggung Jawabku) Jimbaran yang terletak di Kuta Selatan. TPST Samtaku Jimbaran ini menjadi yang terbesar di Bali. Kapasitas totalnya 120 ton perhari dan saat ini tercatat 40% sampah dari Kabupaten Badung terkelola di TPST ini.

@Sonny/tajuknews.com/tjk/12/2021.

Komentar

Berita Terkini