|

IKLAN BANNER

IKLAN BANNER
Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Shiyamana Wa Shiyamakum, Mohon Maaf Lahir dan Bathin, Selamat idul Fitri 1443H

Anggaran Gorden Rumah Dinas DPR Terus Menjadi Sorotan

Pemenang tender gorden DPR mendapat sorotan lantaran yang terpilih justru penawar dengan harga tertinggi, yakni sebesar Rp 43,5 miliar.    , Jakarta ( 13/05/22)  Pengadaan gorden mewah di perumahan DPR RI, Kalibata, Jakarta Selatan ini berlanjut tanpa mengindahkan masukan dan kritik dari masyarakat". @Sonny/Tajuknews.com/tjk/05/2022.


TAJUKNEWS.COM, Jakarta - Tahap baru seputar Polemik pengadaan gorden rumah dinas (rumdin) anggota DPR RI Kali ini.

Pemenang tender gorden DPR mendapat sorotan lantaran yang terpilih justru penawar dengan harga tertinggi, yakni sebesar Rp 43,5 miliar.

Dilihat dalam situs Layanan Pengadaan Secara Elektronik atau LPSE DPR, harga penawaran tertinggi yang bisa dilihat hanya dari tiga peserta lelang. Salah satunya PT Bertiga Mitra Solusi selaku pemenang tender.

Kritikan terhadap Kesetjenan DPR terkait proyek pengadaan gorden atau tirai rumah dinas ini juga datang dari kalangan partai politik (Parpol).


Juru bicara DPP PSI, Furqan AMC dalam keterangan tertulisnya, Jakarta ( 13/05/22) mengungkapkan," pengadaan gorden mewah di perumahan DPR RI, Kalibata, Jakarta Selatan ini berlanjut tanpa mengindahkan masukan dan kritik dari masyarakat".

"Benar-benar tidak mempan dikritik, padahal akhir Maret lalu masyarakat sudah heboh mengkritik perihal gorden mewah ini, DPR tetap saja bergeming," ujar Furqan.

"Sejumlah kejanggalan pada pengadaan gorden mewah rumah dinas DPR ini. Pertama, harganya sangat fantastis, jauh lebih tinggi dari harga pasar. PSI mengklaim telah melakukan survei ke pasar, dan mendapat gorden seharga belasan juta rupiah dengan spesifikasi yang bagus," terangnya.

Kedua, penggantian gorden itu bisa dilakukan masing-masing anggota dewan, apalagi tidak semua rumah dinas digunakan oleh dewan. Projek penggantian gorden ini terkesan seperti dipaksakan, nilai Furqan.

Ketiga, dilihat dari situs LPSE DPR RI, pemenang tendernya malah yang memberikan penawaran tertinggi yaitu 43,5 M dan tak ada keterangan spesifikasinya.

" Logikanya kan tender itu mencari yang termurah untuk spek yang sama.”cetusnya


Keempat, profil PT. Bertiga Mitra Solusi sebagai pemenang tender adalah perusahaan IT. “Tapi kok bisa menang tender pengadaan perlengkapan rumah tangga (gorden),” ungkapnya.

Kelima, ketika ditelusuri website PT Bertiga Mitra Solusi domainnya baru teregistrasi 25 Maret 2022, itu pun cuma untuk satu tahun. Sehingga PSI memberi kesan sangat dadakan menjelang tender.

“PSI mengingatkan DPR RI agar lebih mempertimbangkan skala prioritas, lebih selektif dan lebih sensitif terhadap kepentingan masyarakat dalam mengalokasikan anggaran,” pungkasnya.

Diketahui dari keterangan yang tertera dalam situs LPSE DPR RI tender 'Penggantian Gordyn dan Blind DPR RI Kalibata' dengan kode tender 732087 tersebut dimenangkan oleh PT Bertiga Mitra Solusi dengan penawaran 43,5 miliar, " Pungkasnya.


@Sonny/Tajuknews.com/tjk/05/2022.

Komentar

Berita Terkini