|

IKLAN BANNER

IKLAN BANNER
PEMILU 2024

Pewarta Online Nusantara (PON) Kutuk Keras Tentara Israel Tembak Mati Wartawan di Pengusian Jenin

Warga Palestina memegang poster yang menampilkan Jurnalis veteran Al Jazeera, Shireen Al Aqleh yang menurut jaringan itu di tembak mati oleh tentara Israel saat dia meliput serangan Kamp pengungsi Jenin, di Kota Tepi Barat, 11/05/2022. poster yang bertuliskan bahasa arab, "Shireen Abu Aqleh " suara yang tak terdengar. Photo AFP: Hazem Bader. @Sonny/tajuknews.com/tjk/05/2022.



TAJUKNEWS.COMJakarta. - Pewarta Online Nusantara (PON) mengutuk keras tindakan tentara Israel yang menembak wartawati Shireen Abu Aqleh, kemarin, di Tepi Barat Palestina. 

Wartawan yang sedang menjalankan tugasnya tidak semestinya mendapat perlakuan demikian.


“Di Israel, atau di mana pun berada, wartawan atau pewarta harus dilindungi hak-haknya. Sebab dia sedang bekerja, menjalankan profesinya,” ujar Ketua Umum PON Iwan Hartawan, dalam keterangannya di Jakarta Kamis (12/5/2022).


Israel, menurut Hartawan, mestinya mengetahui hal itu. Jangan justru wartawan dijadikan target. 


"Jurnalis sebagai garda terdepan melakukan tugas yang mulia mengambil peliputan dan merekam gambar untuk diinformasikan kepada khalayak yang ingin mengetahui situasi dan keadaan perang sudah berlangsung bertahun-tahun," tukas Hartawan.


“Apalagi Shireen Abu Aqleh kan sudah menunjukkan identitasnya. Itu terlihat pada dadanya (rompi bertuliskan ‘PRESS’),” katanya.


PON pun meminta kepada segenap wartawan atau awak media untuk ikut berempati atas kejadian yang menimpa Shireen Abu Aqleh ini. Agar ke depannya, tidak ada lagi wartawan yang menjadi korban, hanya karena ia menjalankan tugasnya.


Hal yang sama dikatakan Sekjen PON Sonny Eko Kussetyawan, S.Sos bahwa tugas jurnalis di medan perang sangat berisiko tinggi. Apalagi kejadian yang menimpa jurnalis senior Shireen berada di wilayah antara Israel dan Palestina yang merupakan rawan terjadi tembak menembak antarkedua negara itu.


"Dengan kejadian ini, kami Pewarta Online Nusantara mengutuk tentara Israel yang telah menembak jurnalis Shireen Abu Aqleh. Ini merupakan perbuatan yang keji dan tidak berperikemanuasian dan meminta dunia Internasional untuk mengecam keras tindakan Israel," tandas Sonny.

@Sonny/Tajuknews.com/tjk/05/2022.


Komentar

Berita Terkini