|

IKLAN BANNER

IKLAN BANNER
PEMILU 2024

Kominfo Tebar Diskusi Cakap Digital Perlunya Perlindungan Data Pribadi Pada Transaksi Online

Perlunya Perlindungan Data Pribadi Pada Transaksi Online disampaikan oleh para pemateri yang mempunyai kompetensi di bidangnya masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session, di Tasikmalaya, 11/07/2022. Kita diharapkan mampu menyeleksi dan memverifikasi informasi yang didapatkan serta menggunakannya untuk kebaikan diri dan sesama. @Sonny/Tajuknews.com/tjk/07/2022.

TAJUKNEWS.COM, Tasikmalaya. - Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Terkait hal itu Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Kegiatan Webinar Makin Cakap Digital Untuk Segmen Kelompok Masyarakat / Komunitas  di Wilayah Jawa Barat  di Kabupaten Tasikmalaya  pada hari Senin tanggal 11 Juli 2022. 

Ada 4 kerangka digital yang diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital Dan Budaya Digital.

"Tema besar webinar PERLUNYA PERLINDUNGAN DATA PRIBADI PADA TRANSAKSI ONLINE disampaikan oleh para pemateri yang mempunyai kompetensi di bidangnya masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session, di Tasikmalaya, 11/07/2022.

Diantara pemateri Komang Aryasa,Dosen / Wakil Rektor 1 Universitas Dipa Makassar yang memaparkan materi CAKAP BERMEDIA DIGITALCAKAP BERMEDIA DIGITAL “Jaga Data Pribadi Agar Diri Aman Diruang Digital”. 

"Komang mengatakan Kita dapat mencapai kecakapan digital jika kita tahu dan paham ragam dan perangkat lunak yang menyusun lanskap digital. “Setiap kita diharapkan bisa mengoptimalkan penggunaan perangkat digital utamanya perangkat lunak sebagai fitur proteksi dari serangan siber. 


Data Pribadi Bersifat Private, Jangan Menampilkan Informasi Data Probadi Diberbagai Media Sosial,” kata Komang. Selain itu menurut Komang, Kita diharapkan mampu menyeleksi dan memverifikasi informasi yang didapatkan serta menggunakannya untuk kebaikan diri dan sesama.

 

Pemateri lainnya adalah Dr. Hendi Pratama, SP.d, M.A yang menyampaikan materi HATI HATI DALAM JUAL BELI ONLINE Dosen, Content Creator, Coach Transformasi Pendidikan. Hendi menyampaikan kita harus berhati-hati dalam melakukan belanja online dan scam marketing. 


Gunakan marketplace yang bonafide, Bandingkan harga. Curiga jika terlalu mahal atau terlalu murah, Tanyakan pada pembeli secara detil. Tidak perlu malu jika dianggap “rewel”, Jangan lakukan pembayaran jika masih ragu, Jika membeli menggunakan sosmed, cari referensi atau testimoni dari orang yang terpercaya, Jika terlanjur menjadi korban, minta bantuan hukum.

Sementara di webinar ini juga hadir pemateri Dr. Nur’annafi Farni Syam Maella, M.I.Kom, Dosen Universitas Dr. Soetomo yang menyamaikan materi berjudul REKAM JEJAK DIGITAL. Menurutnya tidak ada yang aman 100% di dunia digital, yang bisa kita lakukan adalah mengurangi risikonya sedapat mungkin. 

Keamanan berbanding terbalik dengan kemudahan, sedikit ribet dan waspada akan membuat kita lebih aman di dunia digital. “Selalu berpikir kritis, tidak mudah percaya dengan semua yang kita dapat di internet,”Pungkas Dr. Nur’annafi.*

Komentar

Berita Terkini