|

IKLAN BANNER

IKLAN BANNER
PEMILU 2024

Aturan Terbaru PT KAI, Naik Kereta Api Harus Booster

PT. KAI ( Kereta Api Indonesia) menginformasikan aturan terbaru pengguna Kereta Api (KA) jarak jauh yang mengharuskan vaksinasi booster ke tiga berdampak pada pembatalan tiket oleh sejumlah pelanggan KA. Jakarta, 30/08/2022. Tampak calon penumpang melakukan registrasi ticketing cetak di mesin printer Stasiun Pasar Senen, Jakarta Sebagaimana diberitakan, syarat vaksinasi Covid-19 ke tiga bagi pengguna KA jarak jauh tertuang dalam Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan Nomor 84 Tahun 2022. ©Foto; Sonny/Tajuknews.com/tjk/08/2022.


TAJUKNEWS.COM, Jakarta. – Aturan terbaru pengguna Kereta Api (KA) jarak jauh yang mengharuskan vaksinasi booster ke tiga berdampak pada pembatalan tiket oleh sejumlah pelanggan KA.


Sebelumnya, pengguna KA boleh mengganti syarat tersebut dengan menunjukan tes negatif PCR.


Sebagaimana diberitakan, syarat vaksinasi Covid-19 ke tiga bagi pengguna KA jarak jauh tertuang dalam Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan Nomor 84 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian pada Masa Pandemi Covid-19.


Namun, per tanggal 30 Agustus 2022 syarat mutlak pelaku perjalanan KA jarak jauh harus sudah vaksin ke tiga.


"Menurut Eka Putra, Executive VP KAI Daop 6, kemarin pembatalan tiket (Daop 6) itu ada 50 tiket yang dibatalkan. Untuk hari ini sampai pagi tadi ada 20 tiket yang dibatalkan,Rabu (31/8/2022).


Eka Putra mengatakan, "bahwa pembatalan tiket dikarenakan pengguna KA tidak sesuai dengan aturan SE dari Kemenhub.


Salah satunya mereka belum mendapat vaksinasi ke tiga atau booster vaksin Covid-19.


"Refund 100 persen. Jadi akibat ketidaksesuaian dengan SE yang ada, KAI mengembalikan refund 100 persen biaya tiket," ucapnya.

Eka mengatakan, di Daop 6 khususnya di Stasiun Besar Yogyakarta (Stasiun Tugu) telah disediakan klinik untuk masyarakat yang hendak mengakses vaksin booster ke tiga.

PT. KAI mengembalikan uang pembelian para pelanggan yang membatalkan pemesanan tiket tanpa potongan administrasi.


"Debenarnya kami itu sebelum ketentuan baru pun sudah ada penyelenggaraan vaksinasi, setiap hari kami ada di klinik Mediska. Jadi rekan-rekan para pengguna KA dan masyarakat umum bisa setiap hari mendatangi klinik Nediska untuk vaksinasi," pungkasnya.


©Sonny/Tajuknews.com/tjk/08/2022.



Komentar

Berita Terkini