|

IKLAN BANNER

IKLAN BANNER
PEMILU 2024

Dirut Perum Bulog Budi Waseso Blak-Blakan Terkait Beras Impor

Dirut Perum Bulog Budi Waseso blak=blakan awal mula terjadinya krisis stok beras cadangan beras pemerintah (CBP) di 2022 lalu yang akhirnya menjadi dasar pemerintah menugaskan Bulog impor beras 500 ribu ton. Jakarta, 20/0-2/2023. Ia menegaskan Bulog sejak awal tak mau ada impor, kondisi sejak Juli 2022 menjadi rentetan yang memicu kebijakan impor beras oleh pemerintah. @Sonny/Tajuknews.com/tjk/02/2023.

TAJUKNEWS.COM, Jakarta. - Sebelumnya Dirut Perum Bulog Budi Waseso blak-blakan awal mula terjadinya krisis stok beras cadangan beras pemerintah (CBP) di 2022 lalu yang akhirnya menjadi dasar pemerintah menugaskan Bulog impor beras 500 ribu ton. Pria yang biasa disapa Buwas ini mengaku kesulitan dapat beras impor dari Thailand hingga Vietnam.

"Itu (surat persetujuan impor) Desember tanggal 18-19 kalau ga salah. Pas keluar SPI nya kita kelabakan tuh nyari beras impor, karena waktu itu sudah mendekati Nataru, di kita sendiri juga sudah mulai ada libur Nataru, di negara asalnya juga. Kalau stok kita, stok CBP saat ini di bawah 600 ribu ton," kata Buwas dalam konpers di Jakarta, Kamis 20/02/23.

Ia menegaskan Bulog sejak awal tak mau ada impor, kondisi sejak Juli 2022 menjadi rentetan yang memicu kebijakan impor beras oleh pemerintah.


Sehingga waktu itu dilakukan rapat terbatas dengan Presiden Jokowi, solusinya pada akhirnya impor karena stok CBP kurang dan akhirnya didatangkan sebagian dari impor.

"Jadi bukan Bulog tidak tanggap, Bulog sudah ada instruksi tahunan. Persoalannya itu tadi tiba-tiba pada bulan Juli-Agustus itu terjadi lonjakan, kita keluar terus (operasi) sementara produksinya sudah bukan masa panen, kita menyerap sudah tidak ada, tapi kita keluarkan terus, dari yang rata-rata per bulan 30 ribu ton, mendadak rata-rata per bulan jadi 180 ribu ton," katanya.

"Yang diputus pada saat itu 500 ribu ton, dari dalam negeri kita hanya dapat 85 ribu ton. Nah sekarang ditopang dengan beras impor," Tukas Buwas.


@Sonny/Tajuknews.com/tjk/02/2023.


Komentar

Berita Terkini