|

IKLAN BANNER

IKLAN BANNER
PEMILU 2024

Jokowi Tinjau Proyek Normalisasi Ciliwung di Hari Peduli Sampah Nasional

 Presiden Joko Widodo meninjau proyek normalisasi Ciliwung di Jalan Inspeksi Ciliwung, Jakarta Timur, 21/02/2023. Tampak terlihat mendampingi Presiden Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono fokus menyelesaikan normalisasi Ciliwung sepanjang 17 kilometer. @Sonny/Tajuknews.com/tjk/02/2023.

TAJUKNEWS.COM, Jakarta. - Hujan sedang turun di Jakarta ketika Presiden Joko Widodo atau Jokowi tiba di Jalan Inspeksi Ciliwung di Kecamatan Pancoran, Pekerjaan ini penting untuk mengurangi banjir di wilayah DKI Jakarta. Dan bukan hanya Kali Ciliwung, normalisasi juga akan dilaksanakan di 12 sungai lainnya di Jakarta.

"Ini normalisasi Kali Ciliwung kira-kira tinggal 17 kilometer kira-kira, 17 kilometer. Setelah berhenti agak lama, ini akan segera kita mulai," ujar Jokowi, usai meninjau di Inspeksi Ciliwung, Kecamatan Pancoran, 21/02/2023. 

Pekerjaan normalisasi Kali Ciliwung ini tinggal 17 kilometer lagi, di beberapa titik yang sudah dibebaskan, misalnya di Rawajati, segera bisa dimulai konstruksinya. Begitu juga di kawasan Pengadegan yang pembayaran untuk pembebasan lahannya dimulai besok.

Saya menargetkan proyek normalisasi Kali Ciliwung selesai pada akhir tahun 2024. 

Menurut Jokowi, proses normalisasi di 12 sungai itu sudah dimulai. Tetapi, Jokowi meminta agar Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono fokus menyelesaikan normalisasi Ciliwung sepanjang 17 kilometer. 

Hari ini, Jokowi meninjau proyek normalisasi Ciliwung di Jalan Inspeksi Ciliwung, Jakarta Timur. Setelah Januari lalu, ia meninjau proyek Sodetan Ciliwung.



Presiden Joko Widodo meninjau proyek normalisasi Ciliwung di Jalan Inspeksi Ciliwung, Jakarta Timur, 21/02/2023. Tampak terlihat mendampingi Presiden Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono fokus menyelesaikan normalisasi Ciliwung sepanjang 17 kilometer. @Sonny/Tajuknews.com/tjk/02/2023.




Kepada Heru dan Basuki, Jokowi memberikan target agar 17 kilometer bagian Ciliwung yang alami normalisasi bisa selesai pada 2024. Jokowi berharap normalisasi ini dapat secara signifikan mengurangi banjir Jakarta. 

"Karena air yang dari atas juga ditahan oleh Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi. Ini baru Ciliwung, masih ada 12 sungai yang ada di DKI Jakarta yang juga itu memerlukan normalisasi," kata Jokowi. 

Seperti ketika mengunjungi sodetan Ciliwung, kali ini Jokowi juga ditemani Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.


Kondisi hujan lebat di lokasi tak menyurutkan langkah Jokowi melihat pembangunan beton di bantaran kali tersebut. Ia nampak mengenakan payung hitam dan menyusuri pinggiran sungai yang telah tertata rapi dari pemukiman penduduk itu. 

Jokowi menyebut berhentinya proses normalisasi itu karena terkendala masalah pembebasan lahan. Kini, masalah tersebut sudah tertangani dan normalisasi Ciliwung di beberapa titik siap kembali dilanjutkan. 

"Misalnya di Rawajati segera bisa dimulai konstruksinya, sheet pile-nya oleh Kementerian PU dan di sini juga, Pengadegan ini mulai besok akan mulai pembayaran untuk pembebasan lahan. Sehingga nanti titik-titik yang sudah dibebaskan langsung konstruksinya jalan," kata Jokowi. 

Kepada Heru dan Basuki, Jokowi memberikan target agar 17 kilometer bagian yang belum dikerjakan dapat selesai pada 2024. Jokowi berharap normalisasi ini dapat secara signifikan mengurangi banjir Jakarta. 

"Karena air yang dari atas juga ditahan oleh Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi. Ini baru Ciliwung, masih ada 12 sungai yang ada di DKI Jakarta yang juga itu memerlukan normalisasi," Tukas Jokowi. 


@Sonny/Tajuknews.com/tjk/02/2023.


Komentar

Berita Terkini