|

IKLAN BANNER

IKLAN BANNER
PEMILU 2024

Terungkap Makna Kopiah Yang Dipakaikan Megawati ke Ganjar Pranowo

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri memakaikan Kopiah kepada Ganjar Pranowo usai resmi menjadi capres. Jakarta 28/04/2023. Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto dalam keterangannya di Jakarta ( 25/04/23) merespons anggapan pemberian kopiah dari Ketua Umum PDIP Megawati kepada calon presiden dari partainya, Ganjar Pranowo. Menurut Hasto," hal itu menjadi penanda yang akan menjalin kerja sama dengan kalangan religius. @RAN/Tajuknews.com/tjk/04.2023.

 

TAJUKNEWS.COM/ Jakarta. -  Paska Idul Fitri Akan banyak terungkap calon- calon yang maju dalam putaran pemilu tahun 2024, dan dari mana pendukungnya.


PDI sebagai Salah satu partai terbesar dan memiliki akar pendukung yang sangat masif dari berbagai elemen usia, pendidikan, gender , suku  dan lainnya.


Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri memakaikan Kopiah kepada Ganjar Pranowo usai resmi menjadi capres. 


Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto dalam keterangannya di Jakarta ( 25/04/23) merespons anggapan pemberian kopiah dari Ketua Umum PDIP Megawati kepada calon presiden dari partainya, Ganjar Pranowo. Menurut Hasto," hal itu menjadi penanda yang akan menjalin kerja sama dengan kalangan religius".


“Membangun kerja sama partai politik dalam sistem presidensial tentu saja didasarkan pada aspek ideologi, kesamaan platform, dan juga aspek-aspek historis,” ujar Hasto 


Lebih lanjut Hasto menjelaskan,"  partainya tidak menutup kemungkinan dan bisa membuka keran kerjasama dengan kelompok religus. Sebab sebagai kader dan petugas partai, partai punya desain, platform, dan komitmen di dalam melanjutkan kepemimpinan bapak Presiden Jokowi".


Hasto menambahkan," dalam membangun kerja sama politik perlu dimaksimalkan soal membangun kedaulatan pangan, mengedepankan politik pro lingkungan serta tata ruang berdasarkan aspek-aspek geo politik".


“Ini semua didasarkan pada konsepsi (Indonesia) sebagai negara maritim. Dengan demikian, ketika membangun kerja sama, selain bondingnya itu adalah aspek-aspek gotong royong, kesamaan agenda ini sangat penting, termasuk kedekatan," ucap Hasto.


Terkait partai religius yang sempat disinggung, Hasto memberi contoh bagaimana Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan PDIP memiliki kesamaan sebagai sesama partai yang termarjinalkan saat masa Orde Baru. 


Apalagi, sambung politisi asal Yogya ini, ada kedekatan Megawati dengan tokoh-tokoh dari PPP seperti Hamzah Haz, Alm. Maimun dan sebagainya, tentu hal itu sebagai contoh kedekatan antar tokoh. 


"Tentu saja komunikasi dilakukan secara intens. Prinsipnya ruang kerja sama itu akan dilakukan dalam kerangka sistem presidensial,"  pungkas Hasto.


Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri resmi mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) yang akan diusung partainya di Pemilu 2024. Usai resmi dinyatakan capres, Megawati secara simbolis memakaikan kopiah kepada Ganjar. 


melalui siaran digital PDIP, tampak Ganjar Pranowo dipanggil oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto maju ke depan untuk duduk bersama Megawati dan Presiden Jokowi di depan. 


Setelah itu, Megawati secara simbolis memakaikan kopiah dengan disaksikan para kader secara langsung maupun virtual. Prosesi pemakaian kopiah ini pin mendapat sambutan dari para elite PDIP yang hadir.  


Ganjar langsung menyalami Megawati usai mengenakan kopiah yang baru saja dipakaikan. 


Usai memakaikan kopiah, Megawati mengatakan kopiah merupakan simbol dari identitas budaya Indonesia.


"Kita melihat budaya orang indonesai itu berkopiah, dan bung karno mengatakan itu identitas dari nasionalisme  kita, yang disebut nasionalis religius,” ungkap Megawati.  


“Semoga ini bisa menjadi simbol semua rakyat, siapapun, tidak melihat agamanya,” pungkasnya. 


@RAN/Tajuknews.com/tjk/04/2023.

Komentar

Berita Terkini