|

IKLAN BANNER

IKLAN BANNER
PEMILU 2024

Sistem Pemilu Proporsional Tertutup adalah Kemunduran Demokrasi, Tegas Anies Baswedan

 

Calon Presiden dari Koalisi  Perubahan Untuk Persatuan Anies Baswedan sesaat bersama Mantan Presiden Ke-6 Prof.Dr.Susilo Bambang Yudhoyono dalam wejangan makan malam drumahnya. Jakarta.  Anies menjelaskan,"sistem demokrasi di Tanah Air saat ini sudah terbilang maju karena partai menawarkan nama-nama calon kepada rakyat untuk dipilih. Selain itu, masyarakat pun dapat mengetahui siapa sosok yang akan dipilihnya. @Ran/Tajuknews.com/tjk/05/2023.

TAJUKNEWS.COM/ Jakarta. - Pemilu adalah salah satu pesta demokrasi rakyat Indonesia, Dimana dalam  Pemilu rakyat dapat memilih sesuai pilihan masing. Polemik isu yang berkembang saat ini tentang dugaan Putusan MK seputar Sistem pemilu banyak mendapat tanggaan dari berbagai pihak. 


"Calon presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan, mengatakan apabila sistem pemilu di Indonesia akan digelar secara tertutup maka akan mengalami kemunduran dalam demokrasi.


Isu seputar keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) soal sistem pemilu menjadi proporsional tertutup atau coblos gambar partai politik, mendapat respon dari Anies. 


"Kalau ini menjadi tertutup kita kembali ke era prademokrasi, di mana calon legislatif ditentukan oleh partai. Rakyat tidak bisa ikut menentukan orangnya, sebuah kemunduran bagi demokrasi kita," ujarnya. di Jakarta, 30/05/2023.


Lebih lanjut Anies menjelaskan,"sistem demokrasi di Tanah Air saat ini sudah terbilang maju karena partai menawarkan nama-nama calon kepada rakyat untuk dipilih. Selain itu, masyarakat pun dapat mengetahui siapa sosok yang akan dipilihnya".


"Sehingga rakyat punya kesempatan menentukan siapa orang yang menjadi pilihannya. Itulah sebabnya proporsional terbuka ini menggambarkan kemajuan demokrasi kita," ungkap Anies.


Mantan gubernur DKI Jakarta itu juga menekankan agar sistem pemilu sebaiknya tidak diubah, tetap digelar secara terbuka agar masyarakat mendapatkan hak penuh dalam pemilu 2024.


"Jadi sistem proporsional terbuka harus dipertahankan. Kesempatan kepada rakyat untuk menentukan calonnya jangan sampai dihapus. Karena itulah indikator bahwa kekuasaan ada di tangan, gitu ya," pungkas Anies.


@Ran/Tajuknews.com/tjk/05/2023.

Komentar

Berita Terkini