|

IKLAN BANNER

IKLAN BANNER
PEMILU 2024

Barantan Indonesia di Surabaya, Tinjau Project Stranas PK di Pelabuhan Tanjung Wangi

 

Unit Pelaksanan Teknis Badan Karantina Indonesia di Surabaya sebagai salah satu elemen CIQP (Custom, Immigration, Quarantine, Port Authority), hadir dalam koordinasi dan peninjauan Tim Strategi Nasional Pemberantasan Korupsi (Stranas PK) di Pelabuhan Tanjung Wangi, Jawa Timur 02-03/10/2023.  Sebagai piloting project, Pelabuhan Tanjung Wangi mulai menerapkan SSmQC gen 2 yang merupakan pengembangan dari SSmQC gen satu. Sistem ini berlaku untuk komoditas impor. @Sonny/Tajuknews.com/tjk/10/2023.


TAJUKNEWS.COM/ Banyuwangi. – Unit Pelaksanan Teknis Badan Karantina Indonesia di Surabaya sebagai salah satu elemen CIQP (Custom, Immigration, Quarantine, Port Authority), hadir dalam koordinasi dan peninjauan Tim Strategi Nasional Pemberantasan Korupsi (Stranas PK) di Pelabuhan Tanjung Wangi, Jawa Timur (2-3/10).  


Sebagai piloting project, Pelabuhan Tanjung Wangi mulai menerapkan SSmQC gen 2 yang merupakan pengembangan dari SSmQC gen satu. Sistem ini berlaku untuk komoditas impor. 


Ketua Tim Stranas PK, Febriantoro atau lebih dikenal dengan panggilan Pak Toro, dalam arahannya menyampaikan bahwa target stranas PK yaitu merubah perilaku (SDM). Mengelola sistem dengan pelayanan yang bagus serta menjaga performa pelabuhan. Komitmen pimpinan serta kekompakan CIQP juga ditekankan.


"Kami hendak melihat utilitynya sejauh mana? Terutama terkait SSm Pengangkut. Sudah ada SOP, Pakta Integritas dan lainnya. Kami tidak hanya melihat seremonial, namun prosesnya, before dan afternya, prosesnya apakah sudah berjalan dan sudah ada evaluasinya", ungkap Toro. 


Lebih lanjut, Toro mengatakan juga akan melihat proses implementasi dari National Logistic Ecosystem atau NLE, terapkan yang efektif dan efisien, kalau nambah biaya, no.


"Untuk komoditas impor yang ditekankan pada proses digitalisasi, joint inspection, pemangkasan waktu dan biaya dengan diterapkannya SSmQC, sebagai bentuk implementasi stranas PK," tutupnya


Kepala UPT Barantin Surabaya, Cicik Sri Sukarsih mengatakan Karantina Surabaya yang tergabung dalam komponen CIQP siap menindaklanjuti saran perbaikan dari Tim Stranas PK dalam penerapan SSmQC.


"Saya hadir disini untuk memastikan penerapan SSmQC di Pelabuhan Tanjung Wangi dan wujud komitmen pimpinan dalam penerapan NLE di Tanjung Wangi," ujar Cicik.


Peninjauan lapangan aksi Stranas PK di Banyuwangi dilakukan di Badan Usaha Pelabuhan (BUP) Pelindo, terminal untuk kepentingan sendiri ( TUKS) dan tiga lokasi terminal khusus (Tersus). Yaitu, PT. BSI, PT. Bosowa dan PT. Pusri.


Turut hadir perwakilan dari Kemenko Marves, Kemenhub, Inspektorat, Perhubungan Laut, Perhubungan Udara, KSOP Gresik, Kemenkeu, Dirjen BC, KPPBC Madya Banyuwangi, KKP Probolinggo, Imigrasi kelas I Jember, Karantina Surabaya, Karantina Ikan, Kemendag, Dinas Perdagangan Kabupaten Banyuwangi, serta stake holder.


@Sonny/Tajuknews.com/tjk/10/2023.

#BadanKarantinaIndonesia #PemberantasanKorupsi #TanjungWangi

Komentar

Berita Terkini