|

Wow!!! Mobil Sedan Bakal Bebas Pajak

(Ilustrasi)
Trionenews.com, Jakarta – Pemerintah melalui Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto terus mendorong draf pembebasan Pajak bagi Mobil sedan di Indonesia. Artinya, sebentar lagi, Mobil sedan berubah status menjadi terlepas dari beban pajak barang mewah.

Menurut Airlangga, draf usulan terkait penghapusan pajak barang mewah telah berada di Kementerian Keuangan (Kemenkeu), dan tengah dibahas Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu. Dia menyebut diprediksi revisi tersebut rampung bulan depan, Maret 2018.

"Kami ingin revisi struktur perpajakan industri otomotif, termasuk Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM). Kami berharap untuk sedan tidak lagi jadi barang mewah," ucap Airlangga, seperti dikutip dari situs resmi Kemenperin, Prfmnews, Senin (12/2/2018).

Selain bertujuan untuk pasar dalam negeri, lanjutnya, upaya ini dimaksudkan agar para produsen otomotif di Tanah Air makin giat memproduksi sedan.

Apalagi, kebutuhan dan permintaan sedan di luar negeri cukup besar. Tentu saja, hal ini dianggap sebagai peluang yang menjanjikan agar dapat menggenjot pasar ekspor otomotif nasional.

"Salah satu sasarannya adalah Australia, karena pabrik mobilnya di sana sudah banyak tutup. Nah, ini kesempatan yang bagus bagi Indonesia untuk masuk di pasar Australia," tutupnya.

Sayangnya penghapusan beban pajak itu hanya diberlakukan khusus mobil Sedan, sementara untuk motor dan lain-lain, entah kapan pajaknya dihapus pemerintah. (prfmnews/read)
Komentar

Berita Terkini