|

Kolinlamil Konsisten Bina Generasi Muda Dalam Wawasan Kebangsaan


Komando Lintas Laut Militer melakukan kegiatan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan yang terdiri Pancasila sebagai Dasar Negara dan Idiologi Negara, UUD RI Tahun 1945, kepada ratusan pelajar SMAN 83 dan 75 Cakung, Jakarta Utara, Selasa (22/1/2019).Sosialisasi 4 pilar bangsa tersebut sangatlah penting sebagai pengetahuan bagi para pelajar yang merupakan generasi penerus bangsa. Trionenews.com/Guf/tri1©2019.


Trionenews.com, Jakarta - Komando Lintas Laut Militer melakukan kegiatan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan yang terdiri Pancasila sebagai Dasar Negara dan Idiologi Negara, UUD RI Tahun 1945, sebagai Konstitusi Negara serta Ketetapan MPR, Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai Bentuk Negara dan Bhineka Tunggal Ika sebagai Semboyan Negara, kepada ratusan pelajar SMAN 83 dan 75 Cakung, Jakarta Utara, Selasa (22/1/2019).

Sosialisasi 4 pilar bangsa tersebut sangatlah penting sebagai pengetahuan bagi para pelajar yang merupakan generasi penerus bangsa. Apalagi sebagai bagian Pendidikan karakter sangatlah penting ditanamkan sejak dini. Sebab, hal itu akan bepengaruh terhadap pola pikir dan tindak-tanduk setiap insan dalam merespon berbagai hal salah satunya dari 4 pilar tersebut adalah pemahaman tentang Pancasila.

Tim sosialisasi Kolinlamil yang diwakili Mayor Laut (KH) Umbarno, S.Pd, M.Pd. , Mayor Laut (S) Nuradityaningsih, SE. dan Mayor Laut (P) Betu Harnoto melaksanakan pemaparan tentang Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika yang harus diimplementasikan dalam kehidupan setiap warga negara Indonesia sehari-hari. Dimana Pancasila merupakan dasar negara dan Ideologi Negara Indonesia.

Dalam sosialisasi tersebut, para perwira Staf Potensi Maritim (Spotmar) Kolinlamil tersebut mengajak agar kita tak sekadar memahaminya semata, namun lebih dari itu dapat mengaplikasikan diri dari setiap butir-butir Pancasila mulai dari sila pertama “ Ketuhanan Yang Maha Esa”  hingga sila kelima “Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia” dalam kehidupan sehari-hari bermasyarakat, berbangsa maupun bernegara.

“Dengan sosialisasi empat pilar kebangsaan ini, kepada adik-adik pelajar sebegai generasi penerus harus dapat memahami dan mengerti tentang nasionalisme, rasa kebangsaan dan kewajiban bela Negara. Jangan pernah terpengaruh dengan ideologi diluar pancasila. Kita harus bisa menjaga persatuan dan kesatuan khususnya sesama pelajar. Jangan tawuran dan narkoba. Itu salah satu bentuk memecah belah dan menghancurkan mental kita  ,” ujar Mayor Laut (KH) Umbarno, S.Pd. M.Pd. kepada para pelajar.

Trionenews.com/Guf/tri1©2019.
Komentar

Berita Terkini