|

IKLAN BANNER

IKLAN BANNER
PEMILU 2024

Menteri Perhubungan Sambangi Pelabuhan Di Sekitar Danau Toba

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau langsung rencana pengembangan infrastruktur transportasi yang ada di Pelabuhan Danau Toba, 29/7/19.Menhub akan meninjau beberapa dermaga pelabuhan seperti di Pelabuhan Muara, Pelabuhan Ajibata, dan Pelabuhan Ambarita. Sonny/tajuknews com- Foto BKIP Kementerian Perhubungan.



Tajuknews.com, Medan. - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan sambangi rencana pengembangan infrastruktur transportasi di Danau Toba, Sumatera Utara. Danau Toba merupakan salah satu destinasi wisata prioritas Indonesia.

"Dijadwalkan Menhub siang ini akan bertolak ke Danau Toba untuk meninjau langsung rencana pengembangan infrastruktur transportasi yang ada di sana,” ujar Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Hengki Angkasawan dalam keterangan tertulisnya, Minggu (29/7/2019).

Di Danau Toba, Menhub akan meninjau beberapa dermaga pelabuhan seperti di Pelabuhan Muara, Pelabuhan Ajibata, dan Pelabuhan Ambarita.

Kementerian Perhubungan terus melakukan perbaikan baik dalam aspek keselamatan maupun pelayanan pada transportasi penyebrangan yang ada di Danau Toba Seperti Pelabuhan Muara, Ajibata, Ambarita dan pelabuhan lainnya yang menjadi pelabuhan untuk masyarakat dan wisatawan dari dan menuju ke Pulau Samosir dan sekitarnya.
"Di sana Menhub juga akan meninjau kapal-kapal di pelabuhan penyebrangan untuk mengecek apakah sudah melakukan SOP keselamatan dengan baik dan benar, sudah ada life jacket dan pendataan manifest yang jelas. Keselamatan merupakan hal utama yang harus diperhatikan," kata Hengki.

Saat ini, pemerintah telah melakukan pembangunan pelabuhan penyebrangan di delapan lokasi di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara, yaitu pelabuhan Ajibata, Ambarita, Simanindo, Tigaras, Muara, Balige, Tongging, dan Marbun Toruan.
Kemudian, membangun kapal penyeberangan sebanyak 3 unit kapal Ro-Ro dan 1 Unit Bus Air, termasuk K.P Ihan Batak yang telah diresmikan.

Pemerintah juga melakukan peningkatan kualitas SDM bagi para pengelola pelabuhan di KSNP Danau Toba. Sosialisasi keselamatan juga telah dilakukan melalui penerapan Bulan Keselamatan Pelayaran di Danau Toba, ramp check kapal, pembagian life jacket dan life 
buoy.

Komentar

Berita Terkini