|

Presiden Jokowi Kunjungi Kaimana Papua Barat

Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana sesaat berfoto bersama penari pemuda pemudi diKabupaten Kaimana, Papua Barat, 28/10/19.Kunjungan kerja  setelah pelantikannya merupakan keseriusan dan komitmen memajukan Papua melalui SDM. Sonny/tajuknews.com/tjk@10/2019.


Tajuknews.com, jakarta. - Kedatangan Jokowi disambut Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan bersama unsur Muspida yang ada di Provinsi Papua Barat. Menurut Dominggus, Jokowi  dan rombongan bermalam di Sorong dan akan melanjutkan perjalanan ke Manokwari ibu kota Provinsi Papua Barat pada hari ini. 


Janji Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Papua juga ditujukan kepada pejabat kepolisian. Dia mengaku mendengar usulan agar pangkat Kapolda Papua ditingkatkan dari bintang 2 menjadi bintang 3.

"Berkaitan usulan penempatan eselon I dan II, di kabinet sudah, tadi ada (usulan) bintang 3, tadi saya melirik ke sana. Tapi Pak Paulus Waterpauw, Pak Kapolda (Papua), nunggu di sini aman. Laporan yang masuk ke saya beres, aman semuanya, sudah langsung," Ucap Jokowi saat bertemu tokoh Papua di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Senin (28/10/2019).
Presiden Joko Widodo  bergoyang seka bersama penari pemuda pemudi diKabupaten Kaimana, Papua Barat, 28/10/19.Kunjungan kerja  setelah pelantikannya merupakan keseriusan dan komitmen memajukan Papua melalui SDM. Sonny/tajuknews.com/tjk@10/2019.



Jokowi ingin Papua aman. Setelah itu, barulah Irjen Paulus Waterpauw akan naik pangkat menjadi Komisaris Jenderal (Komjen).


"Tapi kalau masih belum aman, jangan minta. Karena saya tahu, beliau ini saya ikuti sejak awal," ujar Jokowi.Irjen Paulus turut hadir dalam pertemuan ini. Ia duduk di samping Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab, yang juga berasal dari Papua.

Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana beserta para  Menteri Indonesia Maju sesaat berfoto bersama senja di Kabupaten Kaimana, Papua Barat, 28/10/19.Kunjungan kerja  setelah pelantikannya merupakan keseriusan dan komitmen memajukan Papua melalui SDM. Sonny/tajuknews.com/tjk@10/2019.


"Saya tahu dua-duanya, saya ikuti terus Pak Paulus dan Pak Herman. Dipikir saya nggak ikuti," imbuh Jokowi.

Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja pertama periode kedua pemerintahannya ke Papua dan Papua Barat. Ia tiba di Sorong tadi malam dan dijadwalkan mulai melakukan sejumlah aktivitas di wilayah tersebut hari ini, usai pelantikan  Presiden pada 20 Oktober 2019.

Dalam kunjungan tersebut, Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto, Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, dan Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi Fadjroel Rahman.

Dikutip dari siarat pers Sekretariat Kabinet, kunjungan ini merupakan bagian dari keseriusan pemerintah untuk terus berkomitmen memajukan Papua baik di bidang fisik maupun sumber daya manusia (SDM). Seperti diketahui, Papua dan Papua Barat beberapa waktu lalu sempat dilanda kerusuhan yang mengakibatkan banyak korban jiwa. Jokowi pun sebelumnya menekankan akan menggunakan  cara yang disebutunya  "Pendekatan Jokowi" guna menyelesaikan permasalahan yang dapat memicu kerusuhan kembali terjadi di wilayah itu. 


Sonny/Tajuknews.com/tjk@10/2019.

Komentar

Berita Terkini