|

Gelar Edukasi dan Shaering , " 5 Komunitas Ayam Kate Tumplek Blek di Depok "

Komunitas Ayam Kate Indonesia (KAKI) dan Pencinta Ayam Kate Depok (PAKDE) gelar Kongkow bareng edukasi, shareing ilmu perkatean di Situ Pengasinan, Depok, jawa barat, 04/04/2021. Acara yang cukup meriah hadir dari berbagai Komunitas Ayam kate sekitaran Jabodetabek untuk menambah ilmu dan Silaturahmi jelang Ramadhan tahun 2021 yang masih Pandemi ini. Foto: @Sonny/tajuknews.com/tjk/April/2021.


TAJUKNEWS.COM, Jakarta. -  Hari ini dselenggarakan Kopi Darat Edukasi bersama (Komunitas Ayam Kate Indonesia) KAKI dengan (Pencinta Ayam Kate Depok) PAKDE dan yang hadir juga dari (Pencinta Ayam Kate Jonggol ) PAKJO dan PAKBOS (Pencinta Ayam Kate Bogor),dan PAKTA (Pencinta  Ayam Kate Jakarta Utara. Acara yang menggelar kegiatan Hobby Ayam Kate ini menampilkan edukasi, Shareing Ilmu dan tentunya Silaturahmi sesama Komunitas-komunitas di berbagai daerah khususnya Jabodetabek.

Sebenarnya kita cuman shareing- shareing biasa, edukasi juga untuk menambah ilmunya ayam kate, "untuk dari Pakde sendiri hampir 1 bulan sekali kita mengadakan edukasi dengan program MKP jadi minggu kunjungan itu untuk kawasan Depok saja gunanya untuk silaturahim, memperbaiki kandang-kandang, jadi caranya me mpunyai kandang yang bagus, jadi kita yang senior tahu hal itu kita bina , menshareing ilmu kepada yang baru-baru biar kate tinggi untuk kualitas, "Ujar Arrohman Batang , saat dihubungi Tajuknews.com di Situ Pengasinan, Depok, 04/04/2021.

"Untuk anggota kita hampir 2000 di Media Facebook, keanggotaan dari Sabang sampai Merauke, dan untuk yang online Whatsapp kita khusus untuk yang di wilayah Depok saja, ada 35 anggota yang ada saat ini aktip, " Ungkap Rohman. 


Arrohman Batang Ketua PAKDE gelar Kongkow bareng edukasi, shareing ilmu perkatean di Situ Pengasinan, Depok, jawa barat, 04/04/2021. Acara yang cukup meriah hadir dari berbagai Komunitas Ayam kate sekitaran Jabodetabek untuk menambah ilmu dan Silaturahmi jelang Ramadhan tahun 2021 yang masih Pandemi ini. Foto: @Sonny/tajuknews.com/tjk/April/2021.

        

Anggota yang ada hanya sebagai simpatisan di grup Pakde, dengan postinga-postingan ayam Kate, dan di grup itu kita intens dalam membeikan informasi, edukasi , ada informasi terkait dengan komunitas yang ada di Ayam Kate, " Cetus Soehandi Bendahara dari Pakde.  

Pencinta Ayam Kate Depok atau Pakde ini baru 2 tahun berdiri pada tanggal 19 Januari 2019, Tujuan kita dsini untuk mempererat komunikasi, mempererat Silaturahmi,untuk semua komunitas di lingkungan pakde sendiri.    

Untuk harapan dari Pakde biar tetap solid di dunia Ayam Perkatean, Untuk memperkenalkan Ayam Kate kepada masyarkat khususnya Depok.  " karena tidak semua warga Depok tahu tentang Ayam Kate seperti apa yang baik kualitas nya, karena mereka tahunya Ayam Kate , Ayam yang kecil juga dikatakan sebagai musuh atau hama , dikarenakan kecil serta memang tidak bermanfaat tidak bisa di makan, karena memang Aym Kate bukan Ayam dikomsumsi, " Imbuh Andi. 


Soehandi Bendahara PAKDE saat berikan Keterangan pers dalam Kongkow bareng edukasi, shareing ilmu perkatean di Situ Pengasinan, Depok, jawa barat, 04/04/2021. Acara yang cukup meriah hadir dari berbagai Komunitas Ayam kate sekitaran Jabodetabek untuk menambah ilmu dan Silaturahmi jelang Ramadhan tahun 2021 yang masih Pandemi ini. Foto: @Sonny/tajuknews.com/tjk/April/2021.


      

"Ayam Kate merupakan Ayam Hias yang ada saat ini  kebetulan Ayam Kate itu ada di toko-toko pakan Ayam  dan itu tidak murni Ayam Kate , Ayam silangan juga , silangan dengan Ayam Kampung, Silangan dengan Ayam Serama sehingga nilai Ayam kate sendiri bisa menjadi berkurang dari silangan tersebut, tetapi kembali lagi ke selera masing-masing.  kadang ada yang menyukai yang hasil silangan,  dan akhirnya kita tetap menampung aspirasi mengenai Ayam Kate itu sendiri, di Komunitas kita sendiri ada yang Suka Ayam Kate, ada yang suka silangan , atau silangan Tema (Kate Serama), dan ada juga silangan Ayam Kate dengan Ayam Kampung yang menjadi Kate Wareng atau dengan Ayam Kapas, " Tukas Andi.

Akan tetapi dengan silangan yang baik yang pastinya harus Ayam Kate yang murni, Kate dengan kualitas  bagus dan kawan-kawan KAKI dan Pakde sampaikan bahwa kriteria kontes itu ada standar dari penilaian.      

"Itu yang akan kita naikan lagi yang ada di Depok  yaitu kita ingin kualitas nya seperti kualitas kontes ada peningkaan walaupun peningkatan dari sisi harga".        

"Kalau lihat kawan-kawan lihat dipasaran Ayam Kate itu jatuh harganya bahkan ada yang di pasarin dari harga Ayam kampung karena tidak bisa di komsumsi, Kita akan menambah untuk memperkenalkan kualitas Ayam Kate bagaimana kedepannya Ayam Kate sebagai Hobby sekaligus pendapatan tambahan, " Kata Andi.


 Arrohman Batang Ketua PAKDE dan Soehandi Bendahara dalam Keterangan Pers gelar Kongkow bareng edukasi, shareing ilmu perkatean di Situ Pengasinan, Depok, jawa barat, 04/04/2021. Acara yang cukup meriah hadir dari berbagai Komunitas Ayam kate sekitaran Jabodetabek untuk menambah ilmu dan Silaturahmi jelang Ramadhan tahun 2021 yang masih Pandemi ini. Foto: @Sonny/tajuknews.com/tjk/April/2021.


     

Seperti saya terus terang mencoba untuk memperkenalkan Ayam KAte serta juga melihat sisi bisnis nya, dan kedepan dengan situasi pandemi seperti ini bisa memberikan pemasukan tambahan buat pencinta AYm KAte pada umumnya seperti itu terutam di Depok.          

"Pada prinsipnya  Ayam Kate sam dengan Ayam yang lain  dan jenia pakan nya juga sama , cuman dia tubuhnya yang kecil otomatis dia lebih irit makan, dengan irit makan itu dimbangi dengan menjaga kualitas dari Ayam tersebut, yang otomatis dikasih Vitamin tambahan, untuk yang rajin juga di Vaksin juga  sehingga kualitas Ayamnya bisa lebih baik, seperti Ayam Kampung atau seperti Ayam Boliler yang suntik Vaksin rutin , " kilas Andi.

Untuk anggota kita hampi 2000 di Media Facebook, keanggotaan dari Sabang sampai Merauke, dan untuk yang online Whatsapp kita khusus untuk yang di wilayah Depok saja, ada 35 anggota yang ada saat ini aktip, " Ujar Rohman.         

 Anggota yang ada hanya sebagai simpatisan di grup Pakde, dengan postinga-postingan ayam Kate, dan di grup itu kita intens dalam membeikan informasi, edukasi , ada informasi terkait dengan komunitas yang ada di Ayam Kate, " Cetus Soehandi Bendahara dari Pakde. 


Komunitas Ayam Kate Indonesia (KAKI) dan Pencinta Ayam Kate Depok (PAKDE) gelar Kongkow bareng edukasi, shareing ilmu perkatean di Situ Pengasinan, Depok, jawa barat, 04/04/2021. Acara yang cukup meriah hadir dari berbagai Komunitas Ayam kate sekitaran Jabodetabek untuk menambah ilmu dan Silaturahmi jelang Ramadhan tahun 2021 yang masih Pandemi ini. Foto: @Sonny/tajuknews.com/tjk/April/2021.



Pencinta Ayam Kate Depok atau Pakde ini baru 2 tahun berdiri pada tanggal 19 Januari 2019, Tujuan kita dsini untuk mempererat komunikasi, mempererat Silaturahmi,untuk semua komunitas di lingkungan pakde sendiri. Untuk harapan dari Pakde biar tetap solid di dunia Ayam Perkatean, Untuk memperkenalkan Ayam Kate kepada masyarkat khususnya Depok.

"karena tidak semua warga Depok tahu tentang Ayam Kate seperti apa yang baik kualitas nya, karena mereka tahunya Ayam Kate , Ayam yang kecil juga dikatakan sebagai musuh atau hama , dikarenakan kecil serta memang tidak bermanfaat tidak bisa di makan, karena memang Aym AKte bukan Ayam dikomsumsi, " Imbuh Andi.


Komunitas Ayam Kate Indonesia (KAKI) dan Pencinta Ayam Kate Depok (PAKDE) gelar Kongkow bareng edukasi, shareing ilmu perkatean di Situ Pengasinan, Depok, jawa barat, 04/04/2021. Acara yang cukup meriah hadir dari berbagai Komunitas Ayam kate sekitaran Jabodetabek untuk menambah ilmu dan Silaturahmi jelang Ramadhan tahun 2021 yang masih Pandemi ini. Foto: @Sonny/tajuknews.com/tjk/April/2021.


       

Menurutnya Andi ada perawatan secara spesifik dalam menangani perawatan Ayam Kate dalam mentratment menjadikan sebagai Ayam Hias, jadi agar menjadikan Ayam masuk dalam Kontes , Pada intinya ini Komunitas  terus terang Komunita sdengan organisasi provit ataupun non provit agak berbeda, kalau Komunitas lebih ke arah Siklaturahmi dan Sukarela denga kesamaan hobby, kesamaan dalam menyalurkan kesenangan , " Jadi prinsip kami ialah  tetap menjalin silaturahmi  sesama Pencinta Ayam Kate tidak ada terpaksaan juga, jika ada teman-teman ada ketersedian waktu bisa join kalaupun tidakapa-apa , kami kadang yang mengunjungi kawan-kawan yang tidak bisa hadir, jadi intinya Silaturami nya lebih utama, sehingga dengan Silaturahmi itu Insya Allah  ada peluang -peluang yang lain tidak hanya dari Katenya sendiri namun twman-teman ada usaha yang lain, ada usaha pakan, ada usaha kandang, ataupun usaha cetak sablon yang akan kita sinergikan.     

"Ini tidak hanya hobby dari satu sisi namun bisa dari sisi lain dan perindividu juga kita bisa rangkul, yah tadi intinya saling menjaga keuntungan dan Silaturahmi bukan tentang masalah Ayam saja, " Cetusnya.      

Kalau untuk lomba-lomba Pakde belum pernah mengadakan karena baru 2 tahun kan, yang pertama terkait pandemik Covid-19 juga kalau dulu kita sering edukasi hampie 1 bulan sekali , jadi kalau edukasi kita sering ditempat keramain untuk mengenalkan kepada masyarakat.      Kalau tentang harga pasaran Ayam tergantung indivdu masing-masing ada yang 1 juta/ekor, untuk harga Ayam Kontes kisaran harga 800 sampai dengan 5 juta dan yang lebih juga ada dengan menambah kualitas dan usia Ayam kontes  di sekitar 6 bulan, dan juga tergantung yang dikonteskan, kalau kontes yang ada umur 6 bulan , 7, bulan dan 8 bulan sudah bisa mengikuti Ayam Kontes, serta umur yang anakan (Doc) itu juga bisa dikonteskan, tergantung panitia acara kontes, " Pungkasnya.

@Sonny/Tajuknews.com/tjk/April/2021.

Komentar

Berita Terkini