|

Presiden Jokowi Optimis Pertumbuhan Ekonomi di Kwartal 3 Tumbuh 4 Persen

Presiden Joko Widodo, memberikan keterangan pertumbuhan ekonomi Indonesia naik 4 persen di Kwartal 3 di tahun 2021


TAJUKNEWS.COM, Jakarta. - Presiden memproyeksikan angka pertumbuhan ekonomi berada di level sekitar 4 persen.  “Mengingat ada PPKM darurat, perkiraan saya angkanya sedikit di atas 4 persen atau sedikit di bawah 4 persen. 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) optimistis pertumbuhan ekonomi nasional pada kuartal III/2021 masih bergerak di level positif.  

Dengan sejumlah indikator perekonomian sejauh ini, Tapi tidak minus,” ujar Jokowi dalam pertemuan dengan sejumlah pemimpin redaksi media massa di Istana Negara, Rabu (15/9/2021) sore.



Pada Agustus 2021, misalnya, Badan Pusat Statistik mencatat surplus neraca perdagangan mencapai US$4,74 miliar, atau tertinggi sepanjang masa sejak 2006 sebesar US$4,64 miliar. 

Optimisme Kepala Negara tersebut sejalan dengan sejumlah data perekonomian yang masih positif, mulai dari konsumsi rumah tangga, kinerja ekspor dan impor, serta data investasi.


" Dari sisi eksternal terdapat peningkatan investasi, surplus neraca perdagangan sepanjang Q2 2021, pulihnya permintaan, dan meningkatnya harga komoditas global telah membuat neraca perdagangan mengalami surplus selama beberapa bulan berturut-turut. 


Seperti halnya neraca dagang, cadangan devisa Indonesia juga tercatat meningkat dan menyentuh rekor tertinggi. Posisi terakhir pada Agustus 2021 mencapai US$144,8 miliar yang setara dengan pembiayaan 9,1 bulan impor atau 8,7 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah.  Selanjutnya,  nilai tukar rupiah dan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) turut membaik dibandingkan dengan awal pandemi Covid-19 pada 2020.

Dalam catatan Bisnis, tren pemulihan ekonomi tercermin mulai tampak dari kinerja ekonomi pada kuartal II/2021 yang tumbuh 7 persen year-on-year. Pergerakan ekonomi yang mulai mengarah positif itu ditopang oleh kinerja neraca dagang yang berlangsung hingga 16 bulan.

@Sonny/Tajuknews.com/tjk/09/2021.


Komentar

Berita Terkini