|

IKLAN BANNER

IKLAN BANNER
PEMILU 2024

Danone Indonesia Perluas Jangkauan Cegah Stunting, Luncurkan Program Rumah Bunda Sehat 2022 di Kabupaten Bogor

Danone Indonesia berinisiasi untuk memperluas kebermanfaatan program Rumah Bunda Sehat yang bermitra dengan Human Initiative melalui pengadaan “Seminar Kesehatan, Gizi dan Pola asuh dalam Rangka Peluncuran Rumah Bunda Sehat tahun 2022”. Berlokasi di Posyandu RW 012 Perumahan Sasak Panjang Permai, Kabupaten Bogor, 04/06/2022. Permasalahan akan stunting di Indonesia menjadi hal yang sangat krusial untuk ditangani, khususnya di wilayah dengan prevalensi yang cukup tinggi seperti di Kabupaten Bogor dimana berdasarkan data SSGI tahun 2021, angka stunting di Kabupaten Bogor adalah sebesar 28,6%. @Sonny/Tajuknews.com/tjk/06/2022.


TAJUKNEWS,COM, Jakarta, - Permasalahan akan stunting di Indonesia menjadi hal yang sangat krusial untuk ditangani, khususnya di wilayah dengan prevalensi yang cukup tinggi seperti di Kabupaten Bogor dimana berdasarkan data SSGI tahun 2021, angka stunting di Kabupaten Bogor adalah sebesar 28,6%. 

Sebagai bentuk dukungan untuk Pemerintah dalam percepatan penanganan stunting di area Kabupaten Bogor, Danone Indonesia berinisiasi untuk memperluas kebermanfaatan program Rumah Bunda Sehat yang bermitra dengan Human Initiative melalui pengadaan “Seminar Kesehatan, Gizi dan Pola asuh dalam Rangka Peluncuran Rumah Bunda Sehat tahun 2022”. Berlokasi di Posyandu RW 012 Perumahan Sasak Panjang Permai, Kabupaten Bogor.


H. Iwan Setiawan S.E - Plt Bupati Kabupaten Bogor, diwakili oleh Ibu Dra. H. Nurhayati, M.Si, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Bogor (DP3AP2KB) yang turut hadir dalam acara menjelaskan “Saya sangat mengapresiasi program Rumah Bunda Sehat, saya harap program ini dapat berkembang dan berkelanjutan dan langkah nyata ini dapat diikuti oleh lebih banyak masyarakat maupun perusahaan lain agar turut serta berperan aktif dalam penanganan masalah stunting agar mewujudkan Bogor bebas stunting ,sehat, serta terwujudnya kabupaten maju, nyaman, sehat, dan berperadaban”.


Disisi lain dalam hal penanganan stunting, Pemerintah Kabupaten Bogor telah mengeluarkan Instruksi Bupati Bogor No: 440/884 tentang Intervensi Stunting terintegrasi serta Keputusan Bupati Bogor Tentang Pembentukan Tim Koordinasi Pelaksanaan Aksi Integrasi Stunting di Kabupaten Bogor sebagai landasan hukum dalam rangka upaya pencegahan dan penurunan angka stunting (anak kerdil) terintegrasi di wilayah Kabupaten Bogor.


dr.Ika Najmayani - Dokter Umum memaparkan bahwa faktor anak mengalami stunting diantaranya pengetahuan ibu yang kurang memadai, penerapan perilaku hidup bersih dan sehat yang masih minim. Sulitnya air bersih dan sanitasi yang buruk dapat menyebabkan stunting pada anak, faktor kesiapan ekonomi keluarga juga sangat berpengaruh pada pertumbuhan anak, dan asupan gizi bagi anak yang masih kurang.


“Dampak stunting pada anak terbagi menjadi dua yaitu dampak jangka pendek diantaranya sering sakit bahkan risiko kematian tinggi, menghambat pertumbuhan saraf anak sehingga fungsi kognitif menurun, dan perkembangan motorik lebih lambat. Sementara itu, dampak jangka panjang adalah salah satunya postur tubuh tidak optimal saat dewasa atau lebih pendek dibandingkan pada umumnya.” ucapnya.


Untuk itu, dia melanjutkan edukasi kepada orang tua sangatlah dibutuhkan khususnya para ibu sebagai pembuatan keputusan seputar nutrisi di lingkup keluarga. Dengan intervensi ini, dia berharap dapat berdampak pada kesehatan dan pertumbuhan anak yang optimal.


Karyanto Wibowo – Sustainable Development Director Danone Indonesia mengatakan, “Fokus penangan stunting menjadi isu yang relevan bagi kami di Danone san sejalan dengan misi kami yakni “One Planet One Health”, yang berkomitmen membawa kesehatan melalui makanan dan minuman yang sehat ke sebanyak mungkin orang. Oleh karena itu, kami berkomitmen bantu pemerintah dalam target menurunkan angka stunting menjadi 14% di tahun 2024, dengan memperluas kebermanfaatan program program rumah bunda sehat di wilayah Kabupaten Bogor. Kami percaya, salah satu program yang kami hadirkan yakni Rumah Bunda Sehat (RBS) yang digagas oleh Danone Indonesia sejak 2016 sebagai salah satu program berbasis komunitas, akan dapat memberikan dampak bagi masyarakat karena fokusnya yakn ipada edukasi nutrisi untuk ibu dan anak serta pemberdayaan ekonomi.”


Dalam menjalankan Program Rumah Bunda Sehat, Danone Indonesia percaya bahwa asas kemitraan dan kolaborasi sangatlah penting untuk menjalankan program secara maksimal. Untuk itu, Danone Indonesia menggandeng Human Initiative untuk Program Rumah Bunda Sehat 2022.


Andjar Radite - Vice President Human Initiative juga menyebutkan bahwa Pada tahun 2018-2019, RBS mengembangkan sayapnya dengan membentuk RBS satelit di RBS Kota Bekasi yang berlokasi di Kelurahan Pekayon Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi dan 5 titik lainnya di area RW RW 8,9,10,14, dan 26 masih di wilayah Pekayon Jaya. Program ini telah berhasil mengedukasi lebih dari 1000 bunda di Kota Bekasi dan meluas ke luar daerah Bekasi.  

”Program RBS 1 telah berhasil meluncurkan inisiatif awal yang bermanfaat bagi masyarakat, antara lain telah terbentuknya Bunda Duta Gizi (BDG) yang dipersiapkan menjadi agen perubahan di bidang gizi dan kesehatan di masyarakat membentuk 18 bunda duta gizi (BDG) yang berkapasitas menjadi penyuluh di masyarakat sehingga mampu mengedukasi bunda-bunda yang ada di lingkungan sekitar, serta menumbuhkan kelompok usaha dalam rangka pemberdayaan para Bunda, yaitu kelompok usaha makanan dan kelompok usaha kain perca”.  


Selain itu, Ibu Tarwoto - Perwakilan dari komunitas Rumah Bunda Sehat mengucapkan “Saya berterima kasih kepada Danone Indonesia yang telah menginisiasi program Rumah Bunda Sehat di wilayah Kabupaten Bogor serta kepada Human Initiative yang telah mendampingi Program Rumah Bunda Sehat di wilayah kami. Dengan diresmikannya RBS pada hari ini, kami selaku pengurus RBS siap untuk berkolaborasi dan berjuang bersama untuk kemajuan Ibu dan Anak Kabupaten Bogor, khususnya pada bidang Kesehatan dan Ekonomi”

@Sonny/Tajuknews.com/tjk/06/2022.

Komentar

Berita Terkini