|

IKLAN BANNER

IKLAN BANNER
PEMILU 2024

G20 Bali Leaders’ Declaration, Hasilkan Sumbangan Pemikiran, dan Kontribusinya Bagi Presidensi G20 Indonesia.

 

Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai di Kota Denpasar, pagi ini dikunjungi para pemimpin dunia yang tengah mengikuti KTT G20. 16/22. Sebelum memasuki Tahura, kami berkumpul di Pendopo Wantilan sambil menikmati kudapan ringan. Setelah itu, saya mengajak para pemimpin untuk menanam mangrove bersama, lalu meninjau Tahura Ngurah Rai. @RAN/Tajuknews.com/tjk/11/2022.

TAJUKNEWS.COM, Bali- 17 November 2022, Dalam kegiatan acara G20 ini Indonesia sebagai tuan rumah menghasilkan beberapa hal.yang patut di banggakan.


Presidensi G20 Indonesia telah mengupayakan berbagai solusi terbaik selama satu tahun kepemimpinan di tengah berbagai tantangan baru yang muncul  dan saat ini telah sampai pada puncaknya serta menghasilkan sebuah dokumen berupa Deklarasi Para Pemimpin G20 Bali. Hal tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo.


Di kutip dari siaran pers Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Presiden Joko Widodo  memberikan pernyataan pers yang digelar di Hotel Apurva Kempinski, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Rabu (16/11)"Alhamdulillah, hari ini kita dapat mengadopsi dan mengesahkan G20 Bali Leaders’ Declaration. Ini adalah deklarasi pertama yang dapat diwujudkan sejak Februari 2022. Saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua yang hadir yang telah memberikan fleksibilitasnya sehingga deklarasi dapat disepakati dan disahkan".


Selain deklarasi, Presidensi G20 Indonesia juga telah menghasilkan concrete deliverables yang berisi daftar proyek kerja sama negara anggota G20 dan undangan. Menurut Presiden Joko Widodo, proyek kerja sama tersebut akan membantu membumikan kerja G20 lebih dekat dengan rakyat.


"Saya juga ingin menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh working groups dan engagement groups atas dedikasi, sumbangan pemikiran, dan kontribusinya bagi Presidensi G20 Indonesia," Ujar Presiden Joko Widodo.


Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai di Kota Denpasar, pagi ini dikunjungi para pemimpin dunia yang tengah mengikuti KTT G20. 16/22. Sebelum memasuki Tahura, kami berkumpul di Pendopo Wantilan sambil menikmati kudapan ringan. Setelah itu, saya mengajak para pemimpin untuk menanam mangrove bersama, lalu meninjau Tahura Ngurah Rai. @RAN/Tajuknews.com/tjk/11/2022.



Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bersama dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Keuangan Sri Mulyani. Pada kesempatan tersebut, ketiga Menteri tersebut menjawab berbagai pertanyaan dari awak media seputar G20 Bali Leaders’ Declaration.


Menko Airlangga menyampaikan," bahwa terkait dengan transisi energi, Pemerintah Amerika Serikat  juga telah meluncurkan Partnership for Global Infrastructure and Investment (PGII) yang salah satunya untuk membantu melakukan transisi energi. Lebih lanjut, PGII juga

berkomitmen akan menginvestasikan total USD 600 miliar dalam bentuk pinjaman dan hibah untuk proyek infrastruktur berkelanjutan bagi negara berkembang".


Lebih lanjut Airlangga menjelaskan,"Didalamnya ada yang diinisiasi oleh Jepang yakni Just Energy Transition Partnership (JETP), kita juga sudah diberi komitmen sebesar USD 20 miliar. Tentu, ini akan mendorong percepatan dari dekarbonisasi di Indonesia,” terang Menko Airlangga.


Menko Airlangga pada kesempatan tersebut juga menyampaikan bahwa," Indonesia mengapresiasi digitalisasi karena selaras dengan fokus yang tengah dilakukan Indonesia terkait transformasi digital. Menko Airlangga menekankan bahwa digitalisasi juga sejalan dengan dilakukan Indonesia terkait transformasi digital. Menko Airlangga menekankan bahwa digitalisasi juga sejalan dengan kepemimpinan Indonesia di ASEAN pada tahun 2023 dan ditargetkan akan disusun detail kerangka kerja ekonomi tersebut di ASEAN," ungkapnya.


" Lampiran G20 Action for Strong and Inclusive Recovery terdapat basket 1 yang merupakan basket trilateral di mana terdapat 115 proyek di sektor kesehatan, 34 di sektor transformasi digital, 33 di sektor transisi energi, dan 111 di potensi lainnya. “Carbon capture and storage juga masuk dalam basket tersebut,” pungkas Menko Airlangga.


@RAN/Tajuknews.com/tjk/11/2022.

Komentar

Berita Terkini