|

IKLAN BANNER

IKLAN BANNER
AYO INDONESIA BANGKIT, " PULIH LEBIH CEPAT BANGKIT LEBIH KUAT"

KKP Apresiasi Pemindangan Ikan di Cicinde Tembus Pasar Ekspor

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mendorong usaha pemindangan ikan di Cicinde Utara, Kabupaten Karawang Provinsi Jawa Barat bisa mengekspor produknya ke luar negeri. di Karawang, 17/12/2022. Usaha pemindangan yang masuk kategori UMKM ini perlu kita dorong karena bagaimanapun juga ini yang perlu diperhatikan lingkungannya. @Sonny/Tajuknews.com/tjk/12/2022.


TAJUKNEWS.COM, Jakarta- Pemerintah terus mendorong dunia usaha berkembang agar dapat meningkatkan kinerjanya.


Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mendorong usaha pemindangan ikan di Cicinde Utara, Kabupaten Karawang Provinsi Jawa Barat bisa mengekspor produknya ke luar negeri.


Dirjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Adin Nurawaluddin 16/12/22 mengatakan," KKP akan mendorong peningkatan mutu sepanjang rantai pasok serta pencegahan pencemaran dan penanganan limbah".


"Usaha pemindangan yang masuk kategori UMKM ini perlu kita dorong karena bagaimanapun juga ini yang perlu diperhatikan lingkungannya, jangansampai mutu yang dihasilkan tidak bisa bersaing," ujarnya.


Sementara itu, Direktur Logistik Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) Berny A. Subki mengatakan," keberpihakan pada pemindangan ikan lokal itu sangat penting'.


Lantaran, di Cicinde terdapat 926 pemindang yang terdiri dari 42 kelompok. Total produksi pemindangan ikan di daerah Cicinde mencapai 565 ton per bulan dan dipasarkan ke Karawang dan Subang.


" Kita sangat bangga dengan pemindangan Cicinde Utara ini, karena dari ikan pindang saja serapan tenaga kerjanya 1.800-3.000 orang," kata Berny.


Berny meminta kepada para pelaku pemindangan," agar proses tetap mempertahankan mutu di sepanjang rantai pasok. Ia berharap suatu saat nanti ikan pindang dari Cicinde bisa menembus pasar ekspor".


"Mudah-mudahan (bisa ekspor), kebetulan akses di Arab Saudi kami juga sudah bagus," tuturnya.


Di samping itu, Wakil Ketua Komisi IV DPR Dedi Mulyadi mengaku telah mengidentifikasi persoalan pemindangan di Cicinde Utara.


Hal itu dimulai dengan air pembuangan pemindangan ikan. Pihaknya akan koordinasikan dengan Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup agar segera dibuatkan satu tempat pembuangan limbah menggunakan sistem pipa ke rumah-rumah.


"Jadi tidak ada lagi pembuangan air limbah ke got," ucapnya.


"Poin berikutnya terkait mobil pengangkut ikan yang sudah rusak, akan dikoordinasikan oleh Komisi IV DPR RI dengan KKP. Tujuannya agar mutu ikan tidak menurun saat didistribusikan ke sejumlah daerah," pungkasnya.


@Sonny/Tajuknews.com/tjk/12/2022.

Komentar

Berita Terkini