|

IKLAN BANNER

IKLAN BANNER
PEMILU 2024

Pertemuan AHY dan Puan, Merupakan Suasana Politik Yang Sejuk

Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono saat berbincang Calon Presiden Anies Baswedan pada acara Kebangkitan Nasional yang Ke-115 di jakarta, 20 /06/2023. Adanya rencana pertemuan AHY dan Puan Maharani menjadi ancaman serius bagi Nasdem dan PKS, menurutnya Koalisi Perubahan dibangun atas dasar kepercayaan. @Sonny/Tajuknews.com/tjk/06/2023.Foto: Dok Ist AHY


TAJUKNEWS.COM/ Jakarta. - Dihubungi terpisah, Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis Agung Baskoro menilai koalisi pendukung Anies Baswedan sangat mungkin bubar karena kebuntuan pembahasan cawapres.


Selain itu, godaan PDIP ke Demokrat juga menjadi ancaman serius. Menurutnya, Demokrat akan menerima pinangan PDIP jika dua hal terpenuhi.


"Ada memang kemungkinan untuk berkoalisi, besar bisa terealisasi, dengan catatan Demokrat enggak diganggu oleh kubu Moeldoko. Kedua, nanti misalkan reshuffle mengemuka, opsi AHY sebagai menteri itu menguat," ucap Agung saat dihubungi pada Senin (12/6/2023).

Agung mengatakan NasDem harus bergerak cepat mengamankan nasib koalisi. Dia menilai satu-satunya cara mempertahankan koalisi ini adalah segera mendeklarasikan calon wakil presiden.

"Kalau disegerakan pengumumannya, koalisi ini bisa menggairahkan lagi pencapresan Anies, bisa lebih atraktif karena akan punya paket yang sudah jelas untuk dikampanyekan," katanya


NasDem dan PKS pun telah merespons rencana pertemuan Puan dan AHY. Plt Sekjen Partai NasDem Hermawi Taslim tak masalah dengan pertemuan tersebut. Menurutnya, Koalisi Perubahan dibangun atas dasar kepercayaan.

"Kita membangun koalisi atas dasar saling percaya, jadi kita senang-senang saja dengan segala bentuk silahturahmi antar partai," kata Hermawi ketika dihubungi, Senin (12/6/2023).

PKS juga mengaku tak khawatir. Juru Bicara PKS Muhammad Kholid mengatakan tiap parpol punya kedaulatan sendiri.

"Tidak masalah. Setiap partai punya kedaulatan dalam menentukan langkah-langkah. Kami hormati keputusan dan sikap Demokrat," kata Kholid saat dihubungi, Minggu (11/6/2023).

Kholid menilai pertemuan antar parpol merupakan hal baik. Menurutnya, silaturahmi kebangsaan antartokoh dapat menghadirkan suasana politik yang sejuk. Ia pun tetap yakin dengan kesepakatan Koalisi Perubahan yang telah diteken AHY bersama Presiden PKS Ahmad Syaikhu dan Ketua Umum NasDem Surya Paloh.

"Kami berpegang dengan kesepakatan tertulis yang tertuang dalam piagam koalisi yang ditandatangani oleh Mas AHY, Bang Surya Paloh, dan Pak Ahmad Syaikhu," Tukasnya.

@Sonny/Tajuknews.com/06/2023.

#AniesBaswedan #Cawapres #Demokrat #PDIP

Komentar

Berita Terkini