|

IKLAN BANNER

IKLAN BANNER
PEMILU 2024

Kemenpora Gelar Kepelatihan Kepemimpinan Pemuda Dalam Rumah Tangga

Kemenpora kembali menggelar pelatihan Kepemimpinan Pemuda dalam Rumah Tangga (PKPRT) Edisi ke 9 dengan Tema Membentuk Generasi Emas Indonesia Tahun 2045 , Malang, 3-4 Agustus 2023. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Subroto, Ak, MM, CA, CRGP, QIA, selaku asdep kepemimpinan pemuda mewakili Deputi Bidang Pengembangan Pemuda, Kemenpora, Asrorun Ni’am Soleh. ©Sonny/Tajuknews.com/tjk/08/2023.


TAJUKNEWS.COM/ MALANG. – Kemenpora kembali menggelar pelatihan Kepemimpinan Pemuda dalam Rumah Tangga (PKPRT) Edisi ke 9 dengan Tema Membentuk Generasi Emas Indonesia Tahun 2045 sebagai berkah bonus demografi pemuda Indonesia.


Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Subroto, Ak, MM, CA, CRGP, QIA, selaku asdep kepemimpinan pemuda mewakili Deputi Bidang Pengembangan Pemuda, Kemenpora, Asrorun Ni’am Soleh. Pelatihan tersebut digelar di Hotel Aliante, Malang, Jawa Timur 3-4 Agustus 2023.


"Seperti diketahui Kota Malang adalah kota yang pertumbuhan ekonomi kreatifnya cukup tinggi. Akan tetapi pertumbuhan ini juga dibarengi dengan masalah sosial destruktif pemuda seperti kasus tawuran, kasus perceraian, kasus hubungan sex pranikah dan perilaku sex menyimpang.


Melihat kasus tersebut, Subroto menilai ada yang salah dalam peran orang tua dalam mendidik anak. Salah satunya dengan memberikan materi sebagai bentuk kasih sayang.


“Hal ini terjadi karena orangtua sebagai pilar rumah tangga telah salah mengartikan pemberian materi ke anak sebagai cermin kasih sayang. 

"Kemakmuran Masyarakat ternyata tidak menjamin kualitas keluarga semakin membaik, kemajuan teknologi dan informasi dengan adanya gadget terkini sebagai alat komunikasi dibarengi dengan munculnya medsos justru terjadi banyak perilaku menyimpang khususnya bagi kalangan remaja dan pemuda,” kata Subroto.


“Bahwa solusinya adalah perlunya role model dalam keluarga maupun masyarakat sebagai pendekatan dalam menciptakan keluarga dan masyarakat atau kampung yang baik yang akhirnya dapat tercipta negara yang baik pula,”


Oleh karena itu, Subroto menegaskan konsen Kemenpora untuk fokus pada youth development/pengembangan pemuda dengan diberi dorongan aktualisasi dan stimulasi melalui

program PKPRT dengan lima modul pelatihan: a) Perencanaan/Pengelolaan Keuangan Keluarga, b) Hukum Perkawinan, c) Psikologi Keluarga, d) Pola Pengasuhan Anak, dan e).    Kesehatan Reproduksi.


Program Berkelanjutan Kemenpora


Program PKPRT merupakan program prioritas nasional, selain tercantum dalam Renstra Kemenpora 2020-2024 dan RPJMN 2020-2024 pada PN-3 yakni peningkatan kualitas SDM dan daya saing, Program dan Kegiatan Prioritas (PP-5) yakni kualitas anak, perempuan dan pemuda.


Para peserta kegiatan berjumlah 100 orang, terdiri dari unsur Pemuda Kota Malang yaitu Pemuda Muhamadiyah, Karang Taruna, Posyandu, dan IKIP Budi Utomo.


Di kegiatan PKPRT ini mengundang para narasumber dengan materi Psikologi Keluarga oleh (Zainul Anwar, S.Psi, M.Psi. dosen UMM); Hukum Perkawinan (Sarmuji, SE. M.Si) ; Manajemen Pengelolaan Keuangan dalam Keluarga oleh (Aditya Permana, motivator, financial Relationship Bank Mandiri Cabang Malang) ; serta Pengasuhan Anak Berkualitas oleh Dr. Lutfi Chumaidi, M.Sc

©Sonny/Tajuknews.com/tjk/08/2023.

#Kemenpora #GenerasiEmasIndonesia

Komentar

Berita Terkini