|

IKLAN BANNER

IKLAN BANNER
PEMILU 2024

Komjen Pol Syafruddin Melantik Pengurus Prima DMI Sumut

(Foto Istimewa) 
Trionenews.com, Medan - Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) yang juga menjabat sebagai Wakapolri Komisaris Jendral (Komjen) Pol Syafruddin, melantik pengurus Perhimpunan Remaja Masjid (Prima) DMI Sumatera Utara, Minggu (3/6/2018) petang.

Selain melantik Prima DMI, Komjen Pol Syafruddin juga melakukan peresmian pemakaian Masjid Al Muslimin di Kelurahan Asam Kumbang, Kecamatan Medan Selayang, Medan.

Dalam sambutannya Komjen Pol Syafruddin, mengatakan pemuda punya peran penting dalam perkembangan Masjid. Ia juga menceritakan pengalamannya saat berada di Kazakhstan dan mengunjungi salah satu Masjid besar di negara itu. 

Dimana disana, ada sebuah Masjid yang berkapasitas 10.000 orang. Namun, saat masih dibawah naungan Uni Soviet, Masjid itu sepi, dan setelah lepas dari Soviet, para pemuda disana menggagas untuk pergi ke Masjid.

"Saya tanya sama Mufti nya, kalau dulu waktu dibawah Uni Soviet, berapa banyak jemaah yang datang. Lalu Mufti itu bilang kalau Salat Jumat paling dua, tiga baris. Namun, setelah lepas dari Uni Soviet, kapasitas Masjid sampai tidak muat menampung jemaah. Dan jemaahnya sebagian besar adalah kaum muda," ungkapnya.

Untuk itu Syafruddin berharap, kepada para pemuda Indonesia agar terus meningkatkan kesadaran membesarkan Masjid. Khususnya Masjid yang berada dilingkungan masing-masing.

"Prima DMI ini sudah menjamur keberadaannya di Indonesia, Semoga para remaja dan pemuda bisa menjadi Islam yang rahmatan lil alamin. Yang digariskan Allah SWT dan Rasulnya," tandasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Prima DMI Sumut yang baru dilantik Irwansyah Putra Nasution, dikesempatan tersebut mengajak semua generasi muda untuk tidak melupakan Masjid. Apalagi di zaman modern ini, peran pemuda begitu dibutuhkan untuk mempertahankan Islam.

"Masjid bisa dijadikan tempat berkreatifitas. Masjid juga bisa dijadikan tempat kaum muda Islam untuk berdiskusi tentang kondisi agama saat ini," kata mantan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) itu.

Lebih jauh lagi, Irwansyah ingin remaja masjid yang ada di seluruh Sumut ikut menangkal paham radikal yang berkembang secara gerilya. Jangan sampai para pemuda dimasuki paham radikal yang menjadi cikal bakal terorisme di Indonesia.

"Pemikiran radikal bisa merusak generasi muda. Remaja masjid harus bisa menjadi penangkalnya. Kita harus tetap memberikan pemahaman Islam yang Rahmatan Lil Alamin," pungkasnya.

Pelantikan Prima DMI Sumut juga dihadiri Kapolda Sumut Irjen Paulus Waterpauw, Wakapolda Sumut Brigjen Agus Andrianto, Ketua DPP BKPRMI, Mantan Gubernur Syamsul Arifin dan Wali Kota Medan T Zulmi Eldin MSi.

Diketahui, Irwansyah Putra Nasution dilantik sebagai Ketua Umum Prima DMI Sumut bersama puluhan pengurus lainnya yang berasal dari berbagai latar belakang organisasi dan profesi. (rel/dyan)
Komentar

Berita Terkini