|

IKLAN BANNER

IKLAN BANNER
PEMILU 2024

Bekraf Gelar Pertunjukan Festival Seni Terkemuka Dari Australia



Jakarta, Trionenews.com.  Badan  Ekonomi Kreatif  (Bekraf) beserta pelaku  kreatif  subsektor  Seni  Pertunjukan  memberikan fasilitas kepada pelaku seni.

Dalam festival seni  OzAsia  Festival  2018 Bekraf menuangkan ide kepada Pelaku Seni  Pertunjukan  Lokal  di Festival  Seni  Terkemuka Australia Jakarta,  30/10/2018 kembali  memfasilitasi Di  penghujung  tahun  ini berlangsung  pada  tanggal  25  Oktober  hingga 11 November  2018.  Festival  seni  yang  telah  tersohor  di  seluruh  Asia  ini  akan  kembali diselenggarakan  di  Adelaide  Festival  Centre,  South  Australia,  Australia. adalah  partisipasi ketiga  bagi Bekraf  sejak  tahun  2016  lalu.

Tahun  ini “Kami  berharap  agar  pada  partisipasinya  tahun  ini,  seni  pertunjukan  Indonesia semakin  dikenal  dan  diakui  eksistensinya  di secara umum lingkup  Asia  secar a  khusus  dan  global ,”  ucap  Deputi  Pemasaran  Bekraf  Joshua  Puji  Mulia  Simandjuntak.

"OzAsia  Festival  adalah  sebuah  festival  seni  yang  berfokus  kepada  seni  pertunjuk kontemporer,  seperti  tari,  t an eater,  musik,  seni  visual  serta  film.  Dengan  ruang  lingkup yang  terfokus,  namun  tidak  terbatas  pada regional ini AsiaPasifik ,  OzAsia  Festival  tahun akan  dimeriahkan  oleh  sekitar  817  artis  dari  19  negara,  yang  akan  tampil  dalam 251  jadwal pertunjukan  dalam  rentang  waktu  2  minggu".

Tidak  hanya itu,  pada  perhelatannya  tahun  ini,  OzAsia  Festival  juga  memasukkan sebuah  program  konferensi  serta  pasar  seni  per tunjukan  yang  telah  terkenal seluruh  Asia,  Borak  Arts  Series,  sebagai  salah  satu  bagian  acara. di Pada  gelarannya tahun  ini,  Borak  Arts  Series  akan  menghadirkan  sesi  Pitchpad  yang  memberikan kesempatan  bagi  para  seniman  terpilih  untuk  bisa  melakukan  presentasi  di  depan para  pelaku  industri  seni  pertunjukan,  seperti  seniman,  direktur  pertunjukan,  direktur festival serta  investor lainnya.                 Menurut data statistik ekonomi kreatif (bekraf) Indonesia yang dirilis oleh Bekraf dan Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2016 silam, subsektor Seni Pertunjukan menyumbangkan sekitar 0,27% dari keseluruhan PDB ekraf Indonesia pada tahun 2016, peringkat 11 dari 16 subsektor ekraf nasional. Angka ini memang masih terbilang minim dibanding dengan subsektor bekraf lainnya. Namun, Seni Pertunjukan juga menunjukkan tren yang menggembirakan dengan mencatat angka 9,54% sebagai subsektor ekraf dengan pertumbuhan tertinggi ketiga sepanjang tahun 2016. Pada partisipasinya di tahun ini, Bekraf sendiri akan membawa 5 pelaku kreatif subsektor Seni Pertunjukan, dengan rincian 2 pelaku akan tampil di dalam OzAsia Festival serta 3 pelaku akan mempresentasikan karyanya di sesi Pitchpad Borak Arts Series. 2 pelaku kreatif yang akan naik pentas pada OzAsia Festival tahun ini adalah seniman tari kondang Eko Supriyanto yang akan membawakan karya terbarunya yang bertajuk SALT pada tanggal 30 – 31 Oktober 2018, serta kolektif pertunjukan boneka dan seni visual, Papermoon Puppet Theatre, yang akan berkolaborasi dengan Polyglot Theatre asal Australia untuk menampilkan pertunjukan Cerita Anak (Child’s Story), sebuah penampilan yang menceritakan petualangan membelah lautan dengan mengkombinasikan seni wayang boneka, musik serta teater. Selain itu, penyelenggaraan Borak Arts Series di OzAsia Festival tahun ini juga diharapkan dapat menjadi platform bagi para pelaku kreatif seni pertunjukan lokal untuk memaksimalkan keberadaan karya mereka dari sisi bisnis,” kata Joshua.                               Pertunjukan ini sendiri direncanakan untuk pentas di tanggal 2 – 4 November 2018. Selain itu, 3 pelaku kreatif seni pertunjukan asal Indonesia juga direncanakan untuk unjuk gigi dalam sesi presentasi Pitchpad Borak Arts Series yang akan dilangsungkan pada tanggal 1 – 3 November 2018. Ketiganya antara lain adalah Drupadi ID yang akan mempresentasikan karyanya yang berjudul Sounds of Three Lake,"pungkas Joshua".

(Sonny/trionenews.com/4/11).
Komentar

Berita Terkini