|

PPI Jakarta Pusat, " Bela Negara Lawan COVID-19 Lakukan Penyemprotan Disenfektan "

(Dari kiri ke kanan) Camat Kecamatan Gambir (Fauzi), Kasie Kepemudaan Jakarta pusat (Wisnu), Ketua PPI Jakarta Pusat Guntar, memberi arahan kepada tim petugas lapangan, saat sebelum terjun ke titik lokasi, di Jakarta, 06/04/2020. Ini adalah salah satu cara kami untuk mendukung program pemerintah dan melakukan bantuan secara langsung kepada masyarakat di wilayah Jakarta sebagai bentuk upaya memutus rantai penyebaran virus COVID-19. Sonny/Tajuknews.com/tjk@/April/2020.


TAJUKNEWS.COM, Jakarta. - Untuk mencegah dan mewabahnya Covid-19 di wilayah Jakarta Pusat, Purna Paskibraka Indonesia Jakarta Pusat (PPIJP) melakukan kegiatan penyemprotan disenfektan di wilayah Gambir dan Kemayoran pada 04 s/ 05 April 2020.

Penyemprotan disenfektan dilakukan pada 10 titik di Kemayoran dan 8 titik di Gambir. Fokus penyemprotan pada fasilitas umum seperti, taman bermain, tempat ibadah, toilet umum dan tempat-tempat lain yang sering digunakan oleh warga.

Dihadapan awak media usai kegiatan tesebut, Ketua Pengurus PPIJP, Wan M Guntar S Baros, mengatakan,
'Ini adalah salah satu cara kami untuk mendukung program pemerintah dan melakukan bantuan secara langsung kepada masyarakat di wilayah Jakarta sebagai bentuk upaya memutus rantai penyebaran virus COVID-19”, ujar Bang Guntar sapaan akrabnya dikalangan awak media di Jakarta, 06/04/2020.

“Kami melakukan penyemprotan tempat-tempat yang berpotensi banyak digunakan oleh warga. Terutama benda-benda mati yang sering dipegang oleh manusia seperti gagang pintu. Karena virus ini besar kemungkinan melekat pada benda-benda yang sering digunakan oleh manusia”, kata Bang Guntar.

Cairan disenfektan yang digunakan adalah Virkon. Disenfektan ini dipilih karena biasa digunakan untuk permukaan benda mati yang dipakai secara langsung oleh manusia. Selain itu juga aman, tidak beracun, tidak mengakibatkan efek samping seperti iritasi kulit jika disemprotkan pada manusia dengan konsentrasi khusus. "Kegiatan ini merupakan hasil dari fund raising yang dilakukan oleh anggota PPI Jakarta Pusat dan hasil partisipasi warga Jakarta lainnya. Aksi ini didukung oleh pemerintah setempat, oleh karena itu PPI Jakarta Pusat berencana melakukan kegiatan serupa di waktu yang akan datang," jelas Bang Guntar.

Selain melakukan penyemprotan anggota PPI Jakarta Pusat juga melakukan edukasi dan memberikan penjelasan yang lebih lengkapp terkait pandemi COVID-19. “Kami tidak hanya melakukan penyemprotan, tetapi kami juga melakukan edukasi dari rumah ke rumah dengan memberikan poster dan flyer kepada warga agar lebih memahami COVID-19 dan berbagai cara untuk menghentikan penyebarannya.” pungkas Bang Guntar.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Camat Gambir, Fauzi mengatakan, "Kegiatan yang di inisiasi oleh PPIJP ini patut diapresiasi, karena kegiatan ini merupakan wujud sumbangsih para pemuda yang tergabung di PPI Jakarta Pusat untuk melakukan pelayanan masyarakat secara langsung. Ini menjadi contoh yang baik bagi pemuda yang lainnya untuk melakukan kegiatan sosial lainnya dimasa pandemi seperti saat ini,” ujar Fauzi.

Warga di ke-2vwilayah yang di semprot disenfektan sangat berterima kasih seeta menyambut gembira kegiatan yang dilakukan oleh PPIJP ini.“Kami senang jika banyak pihak yang terjun langsung membantu untuk lingkungan warga sekitar, karena warga dilingkungannya sebelumnya pernah melakukan penyemprotan disenfektan secara mandiri. Namun dengan dilakukan penyemprotan ulang yang dilakukan PPIJP ini akan membuat lingkungan semakin bersih dan sehat, "ujar Agus, warga Petojo Selatan, Gambir, Jakarta Pusat.

PPI Jakarta Pusat sebagai organisasi masyarakat yang aktif melakukan pembinaan kepada pemuda, berharap agar warga Jakarta senantiasa mentaati himbauan dari pemerintah untuk melakukan physical distancing, stay at home dan work from home. Jika perlu untuk melakukan kegiatan diluar rumah diharapkan selalu menggunakan masker dan rajin mencuci tangan menggunakan sabun," Pungkasnya.

Sonny/Tajuknews.com/tjk@/April/2020.
Komentar

Berita Terkini