|

DER Siap Angkat Bangkitkan Ekonomi Balikpapan


 Pengurus dan jajaran anggota DER saat sesi foto bersama  ©Sonny/Tajuknews.com/tjk/10/2020.


TAJUKNEWS.COM, Jakarta.- Wadah  untuk rakyat yang bersifat independen, Dewan Ekonomi Rakyat (DER) Balikpapan terbentuk. Muhammad Sadat atau populer dengan sapaan Oky Boy Darwis  terpilih jadi ketua umum. Organisasi ini, diharapkan ke depan ingin berbuat mewujudkan ekonomi rakyat secara mandiri dan menjadi mitra pemerintah membangun ekonomi Balikpapan.


“DER Balikpapan harus berbuat untuk peningkatan ekonomi rakyat. Sinergi dan kolaborasi dengan seluruh elemen harus dilakukan,” kata Ketua Umum  DER Pusat  A Eddy Wahyudhi Y saat mengukuhkan pengurus DER Balikpapan periode 2019-2024 di Hotel Platinum, Jumat (9/10/2020).


DER Balikpapan harusnya dilantik pada 2019. Tetapi, karena kesibukan  dari sejumlah pihak serta adanya kendala teknis, maka baru dapat  dikukuhkan Jumat malam. 

Ada sekitar 60 pengurus dilantik dan berikrar   untuk kemajuan DER. A Eddy Wahyudhi memandu pembacaan ikrar   yang isinya pengurus diminta menjalankan bisnis dengan baik, terpuji serta profesional yang arahnya demi kesejahteraan bersama dengan rakyat.


Ikrar juga lebih menekankan pada semangat menjunjung tinggi   persatuan dan gotong-royong antaranggota. “Pengurus juga harus menjunjung tinggi nama baik dan keanggotaan DER  di dalam masyarakat dan lingkungan  sekitar,” ujar Eddy saat membacakan ikrar yang diikuti seluruh pengurus.


Dalam acara itu, hadir  Walikota Balikpapan yang diwakili Kabag Perekonomian Panti  Suhartono,  Wakil Walikota H Rahmad Mas’ud SE ME, Bupati Penajam Paser Utara (PPU) H Abdul Gafur Mas’ud (AGM), jajaran forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda), Ketua Kadin Balikpapan yang diwakili Ketua Kompartemen Hubungan Antar Lembaga dan Pemerintah H Sugito SH, Hipmi dan undangan lainnya.


DER (Dewan Ekonomi Rakyat), Ketua Umum  DER Pusat  A Eddy Wahyudhi Y  ©Sonny/Tajuknews.com/tjk/10/2020.




Dalam jajaran kepengurusan yang dibacakan Sekretaris  DER Provinsi Kaltim H Makullau,  posisi dewan pembina  diisi H Rahmad Mas’ud SE ME. Sementara mantan wakil walikota H Heru Bambang SE, dipercaya menjadi panasehat bersama  Ir Zuledy Ersada Ginting.


Dan menariknya, komposisi untuk jabatan strategis atau biasa disebut KSB (ketua, sekretaris dan bendahara) dijabat jajaran pengusa muda yakni  Andi Apriandi Billy Limpo (serkretaris) dan Novrianda (bendahara) dengan ketua Oky Boy Darwis, owner ‘Kerasukan Ceker’ yang sekarang buka di Tangerang dan akan reborn di Kota Balikpapan dalam waktu dekat.


Rahmad Mas’ud  usai acara mengatakan, DER  diharapan jadi mitra pemerintah di berbagai sektor. Baik itu  perkebunan, pertanian, UMKM dan pelaku industri bahkan ekonomi kreatif. “DER kan pengurusnya anak-anak muda. Nah sekarang era digital. Sehingga, tepat menopang kegiatan bidang  digital atau e-commerce,”  ujar  Rahmad yang dikenal sebagai pengusaha sukses dan Ketua Indonesian National Shipowners Associatioan (INSA) Balikpapan atau  asosiai pemilik pelayaran nasional Indonesia.


Rahmad percaya,  jika melihat komposisi orang-orang yang duduk di kepengurusan DER , sejumlah programnya akan tercapai. “Ya harus mendukung program pemerintah. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) itu penting. Dan sekarang bisa digerakkan anak-anak muda. Termasuk juga bagaimana ikut menstabilkan harga di pasar dengan produk-produk menarik,” pinta Rahmad Mas’ud.


BANGKITKAN EKONOMI

Sementara itu, Oky Boy Darwis punya semangat untuk membesarkan DER bersama jajaran pengurus lainnya. Sebab, Balikpapan  UMKM-nya harus didorong untuk tumbuh dan berkembang.

“Kita akan koordinasi dengan berbagai elemen bagaimana mengangkat ekonomi di Kota Balikpapan.  Syukur-syukur di 6 kecamatan bisa ada sejumlah destinasi yang  mengangkat sisi ekonomi,” kata Oky Boy Darwis.


    Ketua Umum DPN Dewan Ekonomi Rakyat, Ahmad Edi Wahyudi Y memberikan kata sambutan saat Pelantikan pengurus DER Kota Balikpapan pada tanggal 9 Oktober 2020 di Kota Balikpapan.  DER diharapkan ke depan ingin berbuat mewujudkan ekonomi rakyat secara mandiri dan menjadi mitra pemerintah membangun ekonomi Balikpapan. ©Sonny/Tajuknews.com/tjk/10/2020.



Oky Boy Darwis sadar, DER tak dapat bekerja sendiri. Jika ingin  menjadikan ‘ikon ekonomi rakyat’ ada di Balikpapan, maka harus sinergi serta kolaborasi. “Kita gotong-royong bersama pemerintah dan swasta. Sebab, DER  akan berjuang mendorong kemandirian rakyat dalam usaha berbagai sektor,” ungkapnya.

Ke depan, keanggotaan DER  basisnya menggunakan kartu dan sistem android.  Namanya KERIS (Kartu Ekonomi Rakyat Indonesia) khusus Kota Balikpapan.  Tentu, desain ke depan anggota yang memiliki kartu akan banyak benefit sesuai dengan program yang diusung DER.


"DER ingin kembangkan Ekonomi Balikpapan dan kota/desa di seluruh Indonesia di tengah Krisis Ekonomi yang melanda negeri, Sehingga bisa global nasional dan internasional tidak hanya dibalikpapan saja, " Ujarnya.


“Saya tidak terlalu muluk-muluk.  Konsentrasinya bagaimana ekonomi bangkit lagi. Apalagi di saat pandemi covid-19.  UMKM harus bangkit dan bangkit lagi sebagai garda terdepan menuju pengusaha sukses.  Tentu harus mendapat support dari berbagai elemen,” ujar Oky Boy Darwis.


Mengapa namanya Dewan Ekonomi Rakyat? Menurut Oky,  Sebab sejatinya ke depan mengusung ekonominya rakyat. Karena DER programnya mengarah pada gerakan ekonomi rakyat.  “Kuncinya koordinasi antar lembaga. Insya Allah ekonomi rakyat akan tumbuh. Apalagi di  Balikpapan sebagai kota perdagangan, industri dan MICE (Meeting, Incentive, Convention and Exhibition),” pungkas Oky.


Komentar

Berita Terkini