|

IKLAN BANNER

IKLAN BANNER
PEMILU 2024

LPSR Berikan Edukasi Pelatihan Komunikasi Bagi Desa Yang Berbasis Digital

LPSR kembangkan pelatihan komunikasi melalui daerah pedesaan untuk menginisiasi program LPSR, di Muara Gembong, Bekasi, 29/07/2021. Kegiatan yang dilakukan secara daring ini juga diikuti oleh para mahasiswa , alumni dan dosen IKB LPSR. ©Sonny/Tajuknews.com/tjk/Juli/2021.


TAJUKNEWS.COM, Bekasi - Pandemik Covid 19 mengubah begitu banyak aspek kehidupan kita karena kita dipaksa untuk bekerja, belajar, dan memaksimalkan aktivitas dari rumah. 

Di sisi lain, kehidupan terus berjalan, termasuk pelayanan pemerintah kepada masyarakat, baik yang letaknya di kota maupun di desa. Mau tidak mau, semua orang harus mampu beradaptasi dan bertransformasi menjadi semakin melek teknologi. 

Institut Komunikasi dan Bisnis (IKB) LSPR untuk menginisiasi Program LSPR Literasi Desa sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat yang merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.


mengimplementasikan program ini, salah satu kegiatan bertajuk “Pelatihan Komunikasi Organisasi Desa Berbasis Digital” diselenggarakan pada 29 Juli 2021, pukul 09.00–12.00 WIB untuk perangkat desa di lingkup Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat. Para peserta merupakan perwakilan dari Kelurahan/Desa Jaya Sakti, Pantai Harapan Jaya, Pantai Sederhana, Pantai Bahagia, Pantai Bakti, dan Pantai Mekar. Kegiatan yang dilakukan secara daring ini juga diikuti oleh para mahasiswa, alumni, dan dosen  IKB LSPR.

 

Dr. Rudi Sukandar, Direktur Lembaga Penelitian, Publikasi, dan Pengabdian Masyarakat (LPPPM) LSPR sekaligus penanggung jawab kegiatan Program Literasi Desa. Dalam pembukaan acara mengatakan "agar kegiatan ini dapat memberi dampak positif bagi para perangkat desa di Kecamatan Muara Gembong,diakui beliau bahwa proses transformasi menjadi desa digital tidak mudah karena banyaknya kendala yang harus dihadapi dan dicari solusinya. Beliau menutup sambutannya dengan menyampaikan harapan agar kegiatan ini menjadi program yang berkelanjutan agar desa-desa di Kecamatan Muara Gembong dapat segera menjadi desa digital".

Nurul Hadi IKH, S.Ag, Koordinator Bidang Pembangunan Desa dan Percepatan SDGs Desa, sebagai salah satu Keynote Speaker menyatakan," pentingnya bagi desa untuk melakukan upaya digitalisasi agar pelayanan terhadap masyarakat semakin efektif dan efisien. Dengan demikian, masyarakat tidak perlu datang ke balai desa, kantor kelurahan, atau kantor kecamatan jika memerlukan surat pengantar atau dokumen lainnya karena dapat diurus melalui email atau layanan pesan teks seperti Whatsapp".

LPSR kembangkan pelatihan komunikasi melalui daerah pedesaan untuk menginisiasi program LPSR, di Muara Gembong, Bekasi, 29/07/2021. Kegiatan yang dilakukan secara daring ini juga diikuti oleh para mahasiswa , alumni dan dosen IKB LPSR. ©Sonny/Tajuknews.com/tjk/Juli/2021.


Wahyudi Anggoro Hadi S.Farm, Apt, Kepala Desa Panggungharjo, Bantul Yogyakarta, menjadi  narasumber pertama, Dalam pemaparannya beliau menyampaikan  ,"langkah-langkah Desa Paggungharjo menangani pandemik Covid 19, mengelola lingkungan, dan mensejahterakan rakyat, termasuk melibatkan penyandang disabilitas sebagai tenaga kerja. Beliau juga menjelaskan capaian dari pelayanan kesehatan bagi kaum lanjut usia dan penyandang difabel, hingga perlindungan sosial melalui lembaga Bapel JPS bagi ibu dan anak dari keluarga tidak mampu". 

Narasumber kedua adalah Dra. Gracia Rachmi Adiarsi, M.M yang merupakan seorang dosen senior IKB LSPR. menjelaskan mengenai," pentingnya pelaksanaan komunikasi organisasi desa di era digital. Beliau juga mengajak perangkat desa Muara Gembong untuk berdiskusi mengenai kendala komunikasi apa saja yang dihadapi para perangkat desa dengan masyarakat".

Setelah presentasi dari kedua narasumber, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi dengan para peserta kegiatan pengabdian masyarakat ini. Kegiatan ini ditutup dengan penyampaian harapan dari seluruh pihak terkait agar terbangun kerja sama di masa mendatang untuk membangun desa berbasis digital

©Sonny/ Tajuknews.com/tjk/ Juli/2021.


Komentar

Berita Terkini