|

Satgas TMMD 112 Wiltas Kodim Malinau Bantu Tingkatkan Hasil Panen dan Ternak Warga

 

Melihat cara tanam dan pemeliharaan peternakan yang belum maksimal di desa Kuala Lapang kec.malinau barat Kodim 0910/Malinau melaksanakan program penyuluhan pertanian dan peternakan bekerja sama dengan Dinas pertanian dan peternakan Kab.Malinau, 06/10/2021. Program penyuluhan tersebut masuk dalam sasaran TMMD ke -112 Wilayah Perbatasan Kodim 0910/Malinau non fisik. @Sonny/tajuknews.com/tjk/10/2021.


 

TAJUKNEWS.COM, Malinau, Kalimantan Utara. - Untuk meningkatkan hasil pertanian dan peternakan perlu adanya proses yang harus di lalui serta ketekunan mulai dari pembibitan, perawatan dan pemeliharaan. Hal ini tentu perlu adanya ilmu yang cukup dan mumpuni agar tidak asal-asalan dalam pelaksanaannya.

Melihat cara tanam dan pemeliharaan peternakan yang belum maksimal di desa Kuala Lapang kec.malinau barat Kodim 0910/Malinau melaksanakan program penyuluhan pertanian dan peternakan bekerja sama dengan Dinas pertanian dan peternakan Kab.Malinau. Program penyuluhan tersebut masuk dalam sasaran TMMD ke -112 Wilayah Perbatasan Kodim 0910/Malinau non fisik. 


Ribut Budiono,S.ST selaku PPL pertanian sekaligus narasumber dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kab.Malinau mengatakan *Kami selaku supervisi dalam meningkatkan ketahanan pangan dan selalu berusaha untuk menyadarkan masyarakat bahwa ada cara-cara yang lebih modern efisien dan menghasilkan keuntungan yang berlipat dibanding cara lama. Memang butuh waktu dan hasil nyata untuk menyadarkan masyarakat, tapi itulah tugas kami. 


Peran aktif masyarakat memang sangat di butuhkan karena semua yang kita sampaikan pada akhirnya kembali ke masyarakat  bagaimana  mereka menerapkan ilmu yang telah kita sampaikan, apakah akan di pakai atau tidak",pungkasnya.


Di tempat yang sama, Patrisius, S.ST selaku PPL Peternakan Kec.Malinau Barat menyampaikan dalam beternak, masyarakat sini masih kurang memahami bagaimana merawat ternak-ternak mereka dengan baik karena hanya di biarkan begitu saja. Sehingga hasilnya kurang maksimal dan nilai jualnya jadi menurun. 


Dengan adanya program TMMD non fisik ini saya merasa sangat terbantu dalam menjalankan tugas saya sebagai PPL Kec.Malinau Barat. Peran aktif warga disini sangat dibutuhkan guna mencapai tujuan bersama, yakni meningkatkan produksi pangan yang ada di wilayah. Meningkatkan potensi tersebut adalah PR kita bersama yang harus kita kejar secara maksimal",ungkapnya


Sebanyak 50 warga Desa Tanjung Lapang dan Kuala Lapang  mendapatkan penyuluhan oleh tim dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Malinau, terlihat warga sangat Antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut karena selain mendapatkan pengetahuan baru tetapi juga bisa mempererat hubungan antar warga  karena adanya saling interaksi secara langsung.


Rustam salah satu warga Desa Kuala Lapang yang ikut dalam penyuluhan pertanian dan peternakan mengatakan "Saya sangat senang dengan adanya penyuluhan ini karena dengan adanya penyuluhan ini, saya jadi lebih paham dan mengerti bagaimana bercocok tanam yang baik dan menghasilkan panen yang berlimpah. Saya juga menjadi tahu bagaimana beternak sapi yang baik karena saya memelihara 2 sapi di rumah. Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak-bapak Kodim 0910/Malinau yang telah mengadakan penyuluhan ini".katanya. (Pendim 0910).

@Sonny/Tajuknews.com/tjk/10/2021.

Komentar

Berita Terkini