|

IKLAN BANNER

IKLAN BANNER
Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Shiyamana Wa Shiyamakum, Mohon Maaf Lahir dan Bathin, Selamat idul Fitri 1443H

Kasad Ajak Mahasiswa Ambil Peran Sebagai Kontrol Sosial

 

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M., Kuliah umum Kasad di Universitas Andalas dilaksanakan dalam rangkaian kunjungan Kerja Kasad di satuan Jajaran Kodam I/BB. di Padang , 09/03/2022. Kasad membahas tentang perkembangan dan kebebasan media sosial berbasis internet saat ini. Pengguna internet didominasi oleh generasi Z atau milenial sebesar 73.9% atau 145,4 juta orang dengan waktu akses lebih kurang 8 jam/hari. @Sonny/Tajuknews.com/tjk/03/2022.


TAJUKNEWS.COM, Padang.  - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M., mengatakan ada empat peran yang bisa diambil oleh para mahasiswa dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. “Pertama, sebagai agen perubahan. Kedua, sebagai penjaga nilai-nilai Pancasila. Ketiga, sebagai penerus bangsa. Keempat, sebagai komponen yang memiliki kontrol sosial dalam hidup bermasyarakat,” kata Kasad mengajak para Mahasiswa Undalas saat kuliah umum bertema "Penguatan Wawasan Kebangsaan" digelar di Convention Hall Universitas Andalas. Padang, Rabu (9/3/2022).


Kuliah umum Kasad di Universitas Andalas dilaksanakan dalam rangkaian kunjungan Kerja Kasad di satuan Jajaran Kodam I/BB. Sebagai pembuka, Kasad membahas tentang perkembangan dan kebebasan media sosial berbasis internet saat ini. Pengguna internet didominasi oleh generasi Z atau milenial sebesar 73.9% atau 145,4 juta orang dengan waktu akses lebih kurang 8 jam/hari. Kondisi ini menurut Kasad harus dikelola dengan baik dan benar sehingga meningkatkan produktivitas kaum muda.


Kasad menyampaiakn perhatian terhadap era kebebasan media saat ini "Era media sosial yang mudah dan cepat membawa efek lain yaitu berita kebohongan dapat menjadi kebenaran dengan memainkan emosi dan perasaan sedangkan fakta tidak lagi menjadi hal utama dalam menentukan sebuah kebenaran" ujar Kasad.


Kasad mengapresiasi kemampuan, cara berpikir kritis dan pengetahuan yang luas dari generasi saat ini. Hal ini tentunya menjadi potensi yang harus dipupuk, dikembangkan dan diarahkan untuk kemajuan bangsa dan negara.


Sebagai penutup, Kasad berpesan bahwa mahasiswa sebagai generasi milenial harus ikut aktif menyuarakan penggunaan media sosial secara bijak dan cerdas di masyarakat. Cita-cita harus diperjuangkan sebagai jalan untuk menyumbangkan karya  terbaik bagi bangsa dan Negara.


Sementara itu, Rektor Universitas Andalas Prof.Dr. Yuliandri, S.H.,M.H. dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Kasad atas atensinya kepada mahasiswa. Pengalaman dan pengetahuan yang disampaikan dapat menggelorakan semangat kebangsaan mahasiswa sekaligus mendasari sepak terjang kaum milenial  dalam membangun bangsa. Besar harapan dengan kehadiran Kasad dapat mengobarkan semangat seluruh civitas akademica Universitas Andalas dalam bingkai mencerdaskan kehidupan bangsa.( Dispenad ).

@Sonny/Tajuknews.com/tjk/03/2022.

Komentar

Berita Terkini