|

IKLAN BANNER

IKLAN BANNER
PEMILU 2024

Presiden Jokowi Ingatkan Zulhas Sebagai Kemendag kaitannya Pembagian Migor

 Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan pekerjaan rumah dalam mengatasi permasalahan kebutuhan masyarakat. Zulhas sudah diperingatkan Jokowi buntut video bagi-bagi Minyakita gratis, yang sudah dibayarkan anaknya, kepada ibu-ibu., Dalam kunjungannya Jokoi di Sukamandi, Jawa Barat, 12/07/2022.  Zulhas pun berbicara soal cara mengatasi kelangkaan minyak goreng maupun harga yang mahal. @Ran/Tajuknews.com/tjk/07/2022.


TAJUKNEWS.COM, Jakarta. - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan atau Mendag Zulhas belum genap sebulan membantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kabinet Indonesia Maju. Zulhas sudah diperingatkan Jokowi buntut video bagi-bagi Minyakita gratis, yang sudah dibayarkan anaknya, kepada ibu-ibu.

Zulhas dilantik Jokowi sebagai Menteri Perdagangan di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (15/6/2022). Pekerjaan rumah pertama yang diberikan Jokowi kepada Zulhas adalah mengatasi permasalahan kebutuhan pokok masyarakat. Zulhas pun berbicara soal cara mengatasi kelangkaan minyak goreng maupun harga yang mahal.

"Dan sekali lagi saya kira background pengalaman saya yang panjang tentu akan banyak membantu nanti segera menyelesaikan ketersediaan minyak goreng di mana pun dan harga terjangkau. Itu yang paling penting," kata Zulhas seusai pelantikan.

Di era Zulhas, Kementerian Perdagangan mengeluarkan Minyakita. Ini adalah minyak goreng murah dengan harga Rp 14 ribu.

Minyakita yang menjadi terobosan tersebut nyatanya menjadi penyebab kontroversi bagi Zulhas. Video Zulhas membagikan Minyakita gratis dan meminta agar anaknya, Futri Zulya Savitri, dipilih menjadi perdebatan. PAN, partai yang dipimpin Zulhas, meluruskan bahwa ketua umum mereka menghadiri acara partai saat membagikan Minyakita yang, katanya, sudah dibayar penuh oleh Futri.

Zulhas berinteraksi dengan ibu-ibu dan menanyakan program minyak goreng murah di eranya sebagai Mendag, Minyakita. Ibu-ibu yang ditanya Zulhas menyebut mereka boleh membeli 2 liter Minyakita dengan harga Rp 10 ribu. Zulhas kemudian meminta ibu-ibu menyimpan saja uang Rp 10 ribu itu karena 2 liter Minyakita bakal dibayar Futri.

Selanjutnya, Zulhas meminta ibu-ibu yang diberi 2 liter Minyakita gratis memilih Futri. Ibu-ibu yang hadir terdengar mengiyakan Zulhas. "Tapi nanti milih Futri ya, oke? Kalau milih Futri, ntar 2 bulan ada deh ginian," ujar Zulhas dijawab 'oke' oleh ibu-ibu yang hadir.

Juru bicara PAN Viva Yoga Mauladi menyebut acara yang dihadiri Zulhas dan Futri merupakan acara partai. Itu adalah acara PANsar Murah di Lampung pada Sabtu (9/7/2022).


"Sepuluh ribudapatnya? Dua liter. Uang 10 ribu sudah bawa? Uangnya dikantongin. Rp 10 ribu yang nanggung Futri. Tuh, Futri. Kasih uangnya, kasih, kasih tuh sama tuan rumah," ujar Zulhas.


Viva menyebut Zulhas saat itu hadir bukan sebagai Mendag. Futri, katanya, hadir dalam kapasitas sebagai calon legislator PAN Daerah Pemilihan (Dapil) Lampung I.

"Bang Zulkifli Hasan hadir selaku Ketua Umum PAN meninjau acara PAN, yaitu PANsar Murah. Di acara itu, Futri, putrinya hadir selaku pengurus DPP PAN dan calon legislatif PAN Dapil Lampung 1," kata Viva.

Jokowi ditanya terkait video Zulkifli Hasan tersebut oleh wartawan seusai kunjungan ke Pasar Sukamandi, Kabupaten Subang, Selasa (12/7/2022). Apa komentar lengkapnya?


Jokowi mengatakan dia sendiri turun ke pasar-pasar untuk memastikan harga minyak goreng curah. Dia meminta harga minyak goreng curah di Pulau Jawa dipastikan ada di harga Rp 14 ribu atau di bawahnya, " Pungkasnya.

"Saya minta semua menteri fokus bekerja. Kalau Menteri Perdagangan ya urus yang paling penting seperti saya tugaskan kemarin, bagaimana menurunkan harga minyak goreng berada di Rp 14 ribu atau di bawah Rp 14 ribu. Paling penting itu. Tugas dari saya itu," kata Jokowi seperti dilihat dalam video yang diunggah Sekretariat Presiden.

@Ran/Tajuknews.com/tjk/07/2022.
Komentar

Berita Terkini