|

IKLAN BANNER

IKLAN BANNER
PEMILU 2024

Menhub Budi Karya Sumadi, Minta Maskapai Harga Tiket Pesawat Jangan Terlalu Tinggi

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam siaran persnya, Jakarta, 23/12/22 mengatakan," Pihaknya telah berkomunikasi dengan maskapai untuk tidak menerapkan harga tiket pesawat terlalu tinggi jelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru)". Menhub meminta," sejumlah bandara untuk mengoptimalkan jam operasional, sehingga bisa memaksimalkan frekuensi take off (keberangkatan) maupun landing (pendaratan) pesawat". @Sonny/Tajuknews.com/tjk/12/2022.


TAJUKNEWS.COM, Jakarta.-  Menjelang libur Nataru banyak yang di pekerjaan rumah Pemerintah, khususnya kementerian perhubungan dalam mengatasi lonjakan arus kendaraan, Arus kendaraan otomatis akan melonjak naik baik itu angkutan darat, laut maupun udara. 


Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam siaran persnya, Jakarta, 23/12/22 mengatakan," Pihaknya telah berkomunikasi dengan maskapai untuk tidak menerapkan harga tiket pesawat terlalu tinggi jelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru)".


"Menhub mengimbau masyarakat untuk memilih jam penerbangan pada malam atau dini hari untuk mendapatkan tiket yang lebih kompetitif".


"Saya juga meminta maskapai untuk mengupayakan dapat mengoperasionalkan maskapainya secara optimal agar saudara kita yang di Papua, Ambon, NTT dapat terlayani dengan baik," ujarnya.


Lebih lanjut Menhub menjelaskan," terjadi tren peningkatan jumlah penumpang di masa jelang libur Nataru, khususnya untuk transportasi udara".


"Dari report (laporan) yang saya terima, jumlah penerbangan pada hari kemarin sudah melampaui 1.000 flight, yaitu mencapai 1.040 flight per hari. Hari ini mungkin lebih. Ini suatu tanda kebangkitan penerbangan Indonesia," kata dia.


Di tengah mulai meningkatnya frekuensi penerbangan, dirinya meminta operator sarana dan prasarana penerbangan melakukan sejumlah persiapan untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan dan antrean di bandara.


Menhub meminta," sejumlah bandara untuk mengoptimalkan jam operasional, sehingga bisa memaksimalkan frekuensi take off (keberangkatan) maupun landing (pendaratan) pesawat".


"Beberapa titik yang saya inspeksi hari ini adalah ground handling. Saya minta kepada AP II (Angkasa Pura) dan stakeholder terkait untuk meningkatkan jumlah peralatan dan pekerja yang di sana, karena keterlambatan pengambilan barang biasanya terjadi di lokasi tersebut," terang Menhub.


Dalam tinjauannya, Menhub juga mengecek lounge umrah yang berada di Terminal 3 Bandara Seokarno-Hatta untuk mengecek pelayanannya.


"Beberapa waktu lalu kami menerima komplain bahwa Terminal 3 tidak menampung dengan baik jamaah umrah," ungkapnya.


Mengantisipasi agar tidak terjadi kembali kejadian tersebut, dirinya menyiapkan beberapa langkah yakni memindahkan sebagian penerbangan internasional ke Terminal 2F dan memberikan area lounge untuk para jamaah umrah agar bisa lebih merasa nyaman selagi menunggu penerbangan.


"Tadi saya lihat saudara-saudara kita yang umrah sudah diberikan fasilitas lounge. Para jamaah bisa duduk dengan baik, ada Air Conditioner (AC), makanannya juga cukup terjangkau. Saya imbau, gunakan fasilitas ini dengan maksimal. Dengan fasilitas yang baik, kita lebih percaya diri untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat," pungkas Menhub.


@Sonny/Tajuknews.com/tjk/12/2022.

Komentar

Berita Terkini