|

IKLAN BANNER

IKLAN BANNER
PEMILU 2024

Kenaikan Harga Bahan Pokok Jelang Ramadhan Terus Merangkak

Harga bahan pokok  diprediksi akan mengalami kenaikan menjelang Bulan Suci Ramadhan 2023, harga kebutuhan pokok seperti ayam, harga daging sapi dan bawang putih naik, terlihat pedagang cabe sedang mendauk dagangannya cabe merah keriting di Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur, 14/03/2023. Adapun penyebabnya dipicu beberapa faktor, di antaranya karena jumlah yang tidak seimbang dengan peningkatan pembeli, hingga karena inflasi menjelang hari raya. Foto : @Sonny/Tajuknews.com/tjk/.03/2023. 


TAJUKNEWS.COM, Jakarta. - Masyarakat muslim Indonesia sangat senang dan antusias yang tinggi menyambut datangnya Ramadhan tahun ini, walaupun seperti biasa akan ada isu- isu kenaikan harga berbagai macam barang. 


Harga bahan pokok  diprediksi akan mengalami kenaikan menjelang Bulan Suci Ramadhan 2023, harga kebutuhan pokok seperti ayam, harga daging sapi dan bawang putih naik. Namun beberapa sembako lain, seperti beras, bawang merah, cabai rawit merah, minyak goreng dan telur ayam, cenderung stabil.


"Adapun penyebabnya dipicu beberapa faktor, di antaranya karena jumlah yang tidak seimbang dengan peningkatan pembeli, hingga karena inflasi menjelang hari raya.


Andi ( 40) pedagang,di pasar kramat jati, jakarta timur," mengatakan kenaikan harga bahan pokok di Pasar Kramat Jati sudah mengalami kenaikan sejak pekan lalu".


Salah satunya harga daging sapi yang ia jual. Sebelumnya Andi menjual daging sapi per kilogram dengan harga Rp120 ribu per kilogramnya, sekarang naik menjadi Rp130 ribu per kilogram.

“Dari harga Rp120 ribu per kilogram menjadi Rp130 ribu per kilogram,” ujar Andi.


Selain daging sapi, beberapa bahan pokok yang mengalami kenaikan di antaranya daging ayam, yang semulanya seharga Rp30 ribu per kilogram menjadi Rp35 ribu per kilogram. Kemudian cabai rawit merah yang dari harga Rp50 ribu sampai Rp60rb per kilogram, menjadi Rp90 ribu per kilogram.


Sedangkan untuk harga bahan pokok lain seperti sayuran mengalami kenaikan sebesar Rp1.000. Namun, menurut salah satu pedagang sayur di Pasar Kramat Jati, harga bawang merah dan telur ayam masih dipatok dengan harga Rp40 ribu per kilogram dan Rp26 ribu per kilogramnya. 


Sementara itu, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah melakukan inspeksi dadakan ke sejumlah pasar tradisional. 


Di antaranya Pasar Sawah Barat, Pasar Pondok Bambu, Ciptak, dan Pasar Klender SS untuk mengecek kesediaan stok dan keamanan bahan pangan menjelang Ramadhan 2023.


" Berdasarkan inspeksi tersebut, ada beberapa bahan pangan yang mengalami kenaikan harga. “Setiap tahun pasti ada kenaikan soalnya kan hari raya itu tergantung dari supplier-nya juga dari pemotong atau tempat penjagalannya,” sambungnya.


Namun, jumlah stok kebutuhan bahan pangan dinilai masih dalam kondisi yang normal, “Jadi lebih baik untuk saat ini segini saja yang penting kan dari pihak peternakan tidak dirugikan, kita juga tidak diberatkan, begitu pun konsumen,” tambah dia.


" Parulian Tampubolon, Kepala Suku Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan( Sudin KUKMP) Jakarta Timur  dalam keterangan tertulisnya(14/3/23) mengatakan “Kita sudah sisir dagangan pedagang dari komoditi pertanian, perikanan dan peternakan, tadi terdapat beberapa bahan pangan alami kenaikan. Namun, kebutuhan stok masih dalam kondisi normal".


Awal Ramadhan 1444 Hijriah diperkirakan akan jatuh pada tanggal 22 atau 23 Maret 2023. Harga bahan pokok diprediksi akan naik, dan kembali normal setelah Hari Raya Idul Fitri, " Pungkasnya. 


@Sonny/Tajuknews.com/tjk/03/2023.

Komentar

Berita Terkini