|

IKLAN BANNER

IKLAN BANNER
PEMILU 2024

Panen Raya di Kebumen Jadi Sandingan Prabowo dan Ganjar

Kemesraan antara Jokowi dengan Prabowo dan Ganjar disebut-sebut pula sebagai sinyal endorse kepada keduanya untuk maju dalam Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024. Kebumen 13/03/2023.  Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyedot perhatian publik saat ketiga tokoh itu bersua dalam acara panen raya di Kebumen, Jawa Tengah, pada Kamis 9 Maret 2023. @Sonny/Tajuknews/com/tjk/03/2023.

TAJUKNEWS.COM, Jakarta. - Kemesraan Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyedot perhatian publik saat ketiga tokoh itu bersua dalam acara panen raya di Kebumen, Jawa Tengah, pada Kamis 9 Maret 2023.

Kemesraan antara Jokowi dengan Prabowo dan Ganjar disebut-sebut pula sebagai sinyal endorse kepada keduanya untuk maju dalam Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024. Lantas, apa komentar Gerindra mengenai hubungan Prabowo dan Ganjar? Bagaimana pula komentar Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang merupakan bagian dari koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR)?

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Hashim Djojohadikusumo mengatakan partainya terbuka untuk menggaet Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024. Syaratnya, kata dia,  Prabowo tetap menjadi calon presiden adalah keputusan mutlak.

“Saya kira terbuka kalau Pak Ganjar mau ikut dengan Pak Prabowo dengan catatan Pak Prabowo calon presiden,” kata Hashim dalam acara deklarasi Prabowo Mania 08 di Menteng, Jakarta Pusat, Ahad, 12 Maret 2023.

Hashim menutup opsi Prabowo menjadi calon wakil presiden. Menurut dia, Prabowo jauh lebih senior dari Ganjar. Usia mereka terpaut 15 tahun. Menurut Hashim, senioritas itu merupakan jaminan pengalaman yang lebih matang dalam berpolitik. “Saya kira kami terbuka kalau Pak Ganjar mau diduetkan dengan Pak Prabowo,” kata dia.


"Pertemuan Ganjar dengan Prabowo, masing-masing memiliki potensi untuk berkompetisi adalah pertemuan yang sangat positif," kata dia.


Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar mengaku tidak khawatir dengan kedekatan Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. "Nggak ada masalah, semua proses komunikasi politik biasa saja," kata politikus yang akrab disapa Cak Imin itu di Jakarta, Ahad, 12 Maret 2023.

Hal itu disampaikan Muhaimin menanggapi pertanyaan media terkait kemesraan Prabowo dan Ganjar, saat mendampingi Presiden Joko Widodo pada kunjungan kerja di Kebumen, Jawa Tengah, Kamis lalu. Menurut Muhaimin kedekatan tokoh-tokoh nasional sangat penting untuk konsolidasi demokrasi. Sehingga semua proses politik berjalan dengan kondusif, saling menghargai dan menghormati.


Selain itu, dalam koalisi telah dibuat komitmen bahwa keputusan siapa calon presiden dan wakil presiden yang diusung akan dibahas oleh pimpinan partai. "Kami sudah berkomitmen, keputusan akhir saya dan Bapak Prabowo," kata Muhaimin.

Menurut Muhaimin koalisi KIR yang dibangun PKB dan Gerindra tetap solid dan terus bergerak. Sehingga soal komunikasi politik dengan siapa saja, kata dia, merupakan bagian dari proses untuk mematangkan dan menguatkan koalisi.

@Sonny/Tajuknews.com/tjk/03/2023.

Komentar

Berita Terkini