|

IKLAN BANNER

IKLAN BANNER
PEMILU 2024

Menko Muhajir Effendy Cek Langsung Ke Makkah Ibadah Haji Indonesia

Setelah meninjau persiapan pelaksanaan haji di Kota Makkah,  Deputi Warsito mendampingi Bapak Menko PMK melanjutkan peninjauan kesiapan pelaksanaan di Kota Madinah, Arab Saudi, Minggu (4/6/2023). Setibanya di Madinah, rombongan melakukan peninjauan di Klinik Kesehatan Haji (KKHI) Indonesia di Madinah, untuk melihat proses pelayanan kesehatan oleh para petugas, dan berinteraksi dengan beberapa orang jamaah haji Lansia yang tengah diperiksa kesehatannya. @Ran/Rubrikasi.id/rksi/06/2023.

TAJUKNEWS.COMJakarta. – Saat musim Haji telah tiba, para calon jemaah haji yang terpanggil untuk menunaikan ibadah haji menuju Makkah menyambut dengan gembira dan sukacita.

Pemerintah sebagai penyelenggara ibadah haji Indonesia, berusaha semaksimal mungkin untuk persiapan segala hal agar ibadah haji warga masyarakat terakomodir dengan maksimal.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meninjau lokasi tenda yang akan digunakan untuk beristirahat para jemaah haji Indonesia.

Muhadjir menyampaikan, semua tenda yang diperlukan untuk menampung jemaah haji Indonesia sudah dibangun oleh Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi dan siap digunakan sebagai tempat beristirahat para jemaah pada pelaksanaan Wukuf mendatang.

“Ini salah satu contoh tenda yang disiapkan, tenda ini tertutup dan ada fasilitas AC. Nanti ini (tanah) akan ditutup dengan plastik, setelah itu di atasnya akan dipasang karpet, setelah karpet nanti diberi kasur,” ujarnya. 

Menko PMK Muhadjir usai meninjau sejumlah tenda yang berada di Arafah, Jumat (2/6/2023)menyebut, tenda-tenda tersebut nantinya akan dilengkapi fasilitas tempat tidur dan beralas karpet yang nyaman. PPIH juga telah melapisi lantai tenda dengan pasir sehingga diharapkan permukaan tanah menjadi lebih rata.

Selain itu, setiap jemaah nantinya mendapatkan hak sebanyak 1,2 meter bidang tanah beserta perlengkapan tidur dan istirahat lainnya. Menurutnya fasilitas yang disiapkan oleh panitia sudah bagus dan relatif jauh lebih baik jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Setiap jemaah mendapatkan hak 1,2 meter, nyaman karena ada AC. Mereka yang datang malam hari nanti bisa tidur dulu, menginap disini dengan fasilitas yang menurut saya sangat bagus. Relatif jauh lebih baik dibanding beberapa tahun yang lalu dan jika masih ada kekurangan nanti akan kita adakan perbaikan,” ucapnya.


Beberapa fasilitas penunjang juga telah disiapkan oleh PPIH, seperti lampu penerangan dan saklar listrik. Selain itu, pihak PPIH juga telah melakukan renovasi toilet serta meminta Syarikah Saudi untuk melakukan penambahan toilet di setiap maktab untuk mengurangi antrean yang panjang.

"Menko Berbincang dengan Pelaksana Renovasi Tenda Haji Saat meninjau lokasi di area tenda, Muhadjir sempat berbincang secara langsung dengan pelaksana renovasi. Mereka menyampaikan kesiapan dan kegembiraanya menyambut jemaah haji Indonesia.

Tampak di lokasi, meskipun Jumat adalah hari libur, namun terlihat ada beberapa petugas yang masuk kerja.

Sebagaimana diketahui total jemaah haji Indonesia yang akan datang ke Arafah berjumlah 221.000 pada tahun ini, di mana nantinya Padang Arafah juga akan dipadati oleh seluruh jemaah tersebut, termasuk dengan ribuan jemaah dari negara lain.

Oleh sebab itu, segala fasilitas untuk menampung jemaah harus disiapkan sebaik mungkin. Para jemaah haji Indonesia mulai masuk ke Kota Makkah pada 2 Juni.


@Sonny/Tajuknews.com/tjk/06/2023.

#Makkah #IbadahHajiIndonesia #PPIH #MuhajirEffendy
Komentar

Berita Terkini