|

IKLAN BANNER

IKLAN BANNER
PEMILU 2024

Zulhas Kunjungi Pasar, Harga Cabai Turun Dapat Merugikan Petani

Dalam kunjungan kerja  Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mendatangi sejumlah pasar Malangjiwan, Karanganyar, Jawa Tengah, 12/07/2023. Dalam kunjungannya di Pasar Malangjiwan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Zulhas melihat cabai rawit dijual Rp23 ribu per kg. Foto @Sonny/Tajuknews.com/tjk/07/2023.

TAJUKNEWS.COM/ Karanganyar. - Dalam kunjungan kerja  Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mendatangi sejumlah pasar di Jawa Tengah.

Zulhas menyebut harga cabai di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah terlalu murah sehingga bisa merugikan petani.


"Kita gembira (harga-harga) dari tinggi sekarang sudah turun. Tapi ada yang terlalu murah seperti cabai," katanya di Pasar Malangjiwan, Rabu (12/7).

Dalam kunjungannya di Pasar Malangjiwan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Zulhas melihat cabai rawit dijual Rp23 ribu per kg.

"Kalau 23 ribu kan berarti belinya Rp10 (ribu) atau 13 ribu di petani. Petaninya rugi. Biaya menanamnya enggak cukup," imbuhnya.

Tak hanya cabai, Zulhas juga melihat harga komoditas pangan lainnya juga menurun. Seperti telur dan daging ayam.

"Ayam sudah mulai turun. Tadi kita lihat dari Rp40 ribu per kg, di sini sudah Rp38 ribu per kg. Telur masih tinggi tapi enggak naik lagi. Kemarin Rp32 ribu sekarang sudah Rp31 ribu per kg," katanya.

Ia mengakui penurunan harga produk unggas tidak secepat yang diharapkan.

Pasalnya, kenaikan daging ayam dan telur di tanah air dipicu oleh lonjakan harga pakan dan bibit ayam. Akibatnya jumlah pasokan yang tidak dapat memenuhi permintaan.

"Memang perlu waktu. Ayam kan nggak bisa bertelur sehari dua ya. Saya kira minggu depan, dua minggu lagi turun lagi ya," katanya.


"Secara umum (harga kebutuhan pokok) turun. Inflasi kita kan year on year 3,5 persen. Bulan ini malah lebih rendah lagi," katanya.

Lebih lanjut, Zulhas mengklaim secara umum harga kebutuhan pokok di tingkat nasional relatif terkendali. Terbukti dengan inflasi rata-rata yang di angka 3,5 persen.



Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Karanganyar, Martadi menjamin pasokan kebutuhan pokok di daerahnya. Sehingga, diharapkan harga bahan pangan di Karanganyar dapat terkendali.

"Untuk daging ini kan menjadi perhatian kita jangan sampai ada harga-harga yang melonjak. Termasuk minyak, bawang, dan cabai," Pungkasnya.

@Sonny/Tajuknews.com/tjk/07/2023.

#ZulkiliHasan #Cabai #PasarMalangjiwan

Komentar

Berita Terkini