|

Kopdar Komunitas Ayam Kate , "Tingkan Kualitas Ayam Kontes Kedepan"

Komunitas Ayam Kate Indonesia terus berkolaborasi bersama Komunitas lainnya seperti PAKDE (Pencinta Ayam Kate Depok) untuk acara Shareing, edukasi tentang Ayam di Situ pengasinan, Depok, 04/04/2021. tujuan satu untuk Silaturahmi dan yang kedua mau untuk meningkatkan Hobby Ayam Kate Kate kita bareng bareng  merangkul bekerja sama , bergerak bersama dalam upaya kedepan nya nanti dalam kemajuan Ayam Kate. @Sonny/Tajuknews.com/tjk/April/2021.


TAJUKNEWS.COM, Jakarta. - Ayam Kate memiliki keunikan tersendiri dari keseluruhan tubuhnya hal inilah banyak para Komunitas yang mengemarinya untuk di pelihara dan diternakan, Komunitas yang kreatif terus melakukan edukasi dan shareing ilmu bagi para angggota-anggotanya yang baru mengikuti kegiatan Hobby yang mengasyikan ini.

Komunitas Ayam Kate Indonesia  atau KAKI, Hadir bersama para anggota dan simpatisan dan Pencinta Ayam Kate Depok, PAKDE menyatu bersama dalam Kopi darat selama pandemi ini yang berlangsung di Situ Pengasinan atau Danau yang terletak di wilayah Bojongsari, Depok , Jawa Barat.


"Jadi hari ini KAKI (Komunitas Ayam Kate Indonesia) mengadakan Kopdar (Kopi Darat) gabungan bersama PAKDE (Pencinta Ayam Kate Depok) yang tujuan satu untuk Silaturahmi dan yang kedua mau untuk meningkatkan Hobby Ayam Kate Kate kita bareng bareng  merangkul bekerja sama , bergerak bersama dalam upaya kedepan nya nanti dalam kemajuan Ayam Kate, " Ujar Odenk Vexia di Depok, 04/04/2021.


Ketua Umum Komunitas Ayam Kate Indonesia , Odenk Vexia dan Bendahara Edy Pujiyatmiko, terus berkolaborasi bersama Komunitas lainnya seperti PAKDE (Pencinta Ayam Kate Depok) untuk acara Shareing, edukasi tentang Ayam di Situ pengasinan, Depok, 04/04/2021. tujuan satu untuk Silaturahmi dan yang kedua mau untuk meningkatkan Hobby Ayam Kate Kate kita bareng bareng  merangkul bekerja sama , bergerak bersama dalam upaya kedepan nya nanti dalam kemajuan Ayam Kate. @Sonny/Tajuknews.com/tjk/April/2021.


"Sebenarnya Kopdar ini kan kita temanya juga edukasi, bazzar, nah di edukasi itu kita mencoba mencernakan lebih luas tentang Ayam Kate kepada anggota KAKI dan PAKDE yang baru masuk.

Dari segi nilai Bisnis kita ada Bazzar pajang Ayam mungkin masyarakat umum yang tadinya tadi tidak tahu Ayam Kate pas kita Kopdar disini tahu dan kepengin punya Ayam Kate bisa ke KAKI atau ke Anggota PAKDE yang sedang Kopdar ini., " Imbuh Odenk.

Untuk saat ini kita lebih ke edukasi nya soalnya banyak juga mungkin yang anggota baru PAKDE  atau KAKI sendiri belum tahu  apa sih kriteria Ayam Kontes seperti apa, Kriteria nya bagaimana dan cara perawatan-perawatan di Ayam Kate itu seperti apa kita sampaikan disini di Kopdar kali ini.

Untuk saya katakan kita ini menghobby Ayam Kate satu-satunya yang masih bergerak selama Pandemi jadi kita lebih kreatif main di online maupun offline tetapi bisa mendatangkan orang banyak  kita bisa ngopi bareng dan event onlinenya pun tiap bulan tiap Komunitas diIndonesia pasti menggelar itu foto, kontes event online dan Video seperti itu, jadi yang dimaksud selama Pandemi ini kita tidak dikatakan hilang kreatifitas, "Alhamdulillah di untuk memperkenalkan Ayam kate ini tetap berjalan, " Cetus Odenk yang juga Ketua Umum KAKI.


Komunitas Ayam Kate Indonesia terus berkolaborasi bersama Komunitas lainnya seperti PAKDE (Pencinta Ayam Kate Depok) untuk acara Shareing, edukasi tentang Ayam di Situ pengasinan, Depok, 04/04/2021. tujuan satu untuk Silaturahmi dan yang kedua mau untuk meningkatkan Hobby Ayam Kate Kate kita bareng bareng  merangkul bekerja sama , bergerak bersama dalam upaya kedepan nya nanti dalam kemajuan Ayam Kate. @Sonny/Tajuknews.com/tjk/April/2021.

Anggota yang ada di Facebook saat ini sudah ada 13ribuan anggota KAKI yang tersebar di seluruh Indonesia ,  kalau kewajiban atau iuran ada di tiap Komunitas Kotanya kebijakan dan kewajiban lainya pun ada peraturan-peraturan tertentu yang harus dijalani semisal kita menipu, mencemarkan nama baik KAKI terutama Ayam Kate itu sendiri yaitu Kode Etik, "Tutur Odenk.


"Untuk saat ini Kantor Sekretariat KAKI sekarang ada di Bintara 9, Kampung Setu, Bekasi Barat


Untuk harga Ayam Kontes sanagt bervariasi,  mungkin kalau kita lihat angka itu menang Kontes bisa seharga 2 juta samapai denagn 15 juta juga ada tergantung  dia menang di level apa dulu, yang levelnya menang di tingkat regional dan nasional itu harganya pasti kan mahal, tetapi yang jelas kita bisa cermati akhir-akhir selama banyak Komunitas nya dari yang lainya nilai jual Ayam Kate jadi tinggi, " Kata Edi Pujiyatmiko Bendahara dari KAKI Pusat.

"Dan saya lihat dari sisi para breeder para peternak semakin serius  untuk mendidik Ayam nya sehingga menghasilkan Ayam-ayam yang bagus, jadi kita tuh secara materi Ayam itu berkompetisi dengan dari Ayam dari luar seperti Thailand tetapi kita punya ciri khas sendiri.

Kalau di Komunitas KAKI kita sebenarnya kita tidak ada iuran, cuma kita punya satu divisi Wirausaha yang sangat kreatif yang baru ini kita Launching yang namanya Smart Ring Kandang Juara, kita juga habis seminat di Poultry dan dapat respon yang positif dari akademisi dan peneliti bahwa Aplikasi yang kita bikin di KAKI ini yang menurut mereka itu mampu membuat atau memurnikan genetik Ayam, " Tukas Edy.

"Untuk pembina kita juga ada Bang Uzhe dan Ranggam yang mengayomi Komunitas ini, dari Dinas peternakan ini kita  masuk dalam jajaran Ayam Hias".

Intinya kalau kita ingin membuat dari Ras Baru dari Ras yang berbeda kedua Ayam ini anakan dimasukan kedalam aplikasi dan anakan kita lihat keturunan keberapa dan generasi keberapa ini stabil dan kita kita persentasikan juga di seminar itu.

hal-hal seperti yang membantu income Komunitas kita dari unit usaha yang lain juga ada seperti Kandang, T-shirt, seperti kandang Kontes itu yang kita dapat dari sumber dana yang kita dapat, hasil penjualn dari produk-produk KAKI ,"jadi di KAKI kita ini tidak iuran-iuran seperti di Komunitas lain yang wajib setiap anggota harus bayar, jadi dana itu bendahar itu hasil dari wirausaha kita sendiri, " Pungkas Edy.

@Sonny/Tajuknews.com/tjk/April/2021.


Komentar

Berita Terkini