|

IKLAN BANNER

IKLAN BANNER
PEMILU 2024

Hasil Survei Terbaru, Prabowo-Gibran Masih Kuat Loyalitas di Tiga Provinsi Pulau Jawa

Capres Prabowo Subiant dan Cawapres Gibran Rakabuming Raka saat mengdeklarasikan pasangan Prabowo-Gibran dalam koalisi Indonesia Maju di Istora Senayan beberapa waktu yang lalu, Dalam temuan terbaru Polling Institute periode 25 – 28 Oktober 2023, elektabilitas Prabowo-Gibran mencapai 47,3 persen. Kemudian, disusul pasangan koalisi PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo-Mahfud MD memperoleh sebanyak 27,9 persen, dan duet Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan 23,7 persen. Jakarta, 04/11/2023. Dalam survei terbaru Polling Institute, Prabowo dinilai berhasil mempertahankan loyalitas pemilih di Jawa Barat (Jabar). "Prabowo masih sangat dominan di Jabar karena sejauh ini tetap berhasil mempertahankan basis lama pendukungnya dalam dua pilpres terakhir. @Sonny/Tajuknews.com/tjk/11/2023.


TAJUKNEWS.COM/ Jakarta. - Kuatnya Prabowo di Jabar terlihat dari survei berbagai lembaga. Dalam temuan terbaru Polling Institute periode 25 – 28 Oktober 2023, elektabilitas Prabowo-Gibran mencapai 47,3 persen. Kemudian, disusul pasangan koalisi PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo-Mahfud MD memperoleh sebanyak 27,9 persen, dan duet Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan 23,7 persen. 


 Calon Presiden (capres) dan Calon Wakil Presiden (cawapres) Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka makin berpeluang menang dalam Pilpres 2024.


Dalam survei terbaru Polling Institute, Prabowo dinilai berhasil mempertahankan loyalitas pemilih di Jawa Barat (Jabar). "Prabowo masih sangat dominan di Jabar karena sejauh ini tetap berhasil mempertahankan basis lama pendukungnya dalam dua pilpres terakhir,” ujar Kennedy Muslim, peneliti Polling Institute, dalam keterangannya, Jumat (3/11).


Hasil serupa juga diperlihatkan oleh Indikator Politik Indonesia (IPI) yang menemukan elektabilitas Prabowo - Gibran mendapat elektabilitas sebesar 50,7 persen. Raihan itu mengungguli Anies – Muhaimin dengan 26,8 persen dan Ganjar - Mahfud sebesar 19,7 persen.


"Direktur ARCI Baihaki Sirajt menyebut pada hasil survei terbaru elektabilitas Prabowo-Gibran mencapai 40,1 persen. "Elektabilitas Prabowo-Gibran teratas di Jawa Timur,” ungkap Baihaki dalam keterangannya, Kamis (2/11/2023). 


Pasangan bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden di Jawa Timur Ganjar Pranowo – Mahfud MD 35,9 persen, sementara Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar 22,2 persen. Survei mengikutsertakan sebanyak 1.200 responden yang tersebar proporsional di 38 kabupaten/kota Jawa timur. 


"Survei di Jawa Barat Prabowo masih unggul, dominan," kata Kennedy dari IPI Dukungan untuk capres dan cawapres Prabowo - Gibran di Jawa Tengah (Jateng) juga turut mengalami kenaikan.

"Di Jawa Tengah, dukungan untuk Ganjar turun dari 49 persen ke 42,8 persen. Sebaliknya, ada kenaikan dukungan untuk Prabowo dari 27 persen menjadi 33 persen,” jelas Kennedy.

Sementara itu, Lembaga survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) menyatakan elektabilitas Prabowo dan Gibran unggul di Jawa Timur (Jatim) atas dua kontestan lainnya karena “Jokowi Effect”, Pungkasnya.



@Sonny/Tajuknews.com/tjk/11/2023.
#prabowo #gibran #politik #pollingsurvei #survei
Komentar

Berita Terkini